10 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicicipi

Makanan Khas Jawa Barat
image by: id.tastemade.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Jawa Barat menjadi salah satu kuliner yang tidak kalah nikmat dengan daerah lain di Indonesia.

Racikan bumbu dan beberapa makanan uniknya yang khas dengan sayuran dan lalapan. Jawa Barat sendiri terkenal dengan surganya kuliner sunda yang selalu berinovasi.

10 Rekomendasi Makanan khas Jawa Barat

Apabila Anda tengah berkunjung di salah satu kawasan di Jawa Barat, deretan makanan khas berikut ini bisa menjadi referensi Anda untuk berwisata kuliner.

Banyak makanan lezat dan unik yang hanya bisa Anda coba di daerah di Jawa Barat ini, yuk simak deretan rekomendasinya.

1. Rujak Kangkung

rujak kangkung
image by: masakapahariini.com

Olahan sayur kangkung yang dibumbui rujak ini salah satu makanan khas Jawa Barat yang cukup nikmat.

Rujak kangkung ini memiliki sifat kering dan tak berair, membuat rasa pedas bumbu rujak lebih terasa pedas. Bumbu pedas dan sedikit asam ini akan membuat rujak kangkung ini segar.

Kuliner unik, rujak kangkung ini berasal dari daerah Kuningan dan mudah ditemukan. Meski rasanya pedas, kuliner satu ini sangat segar yang didapatkan dari asam jawa yang dicampur dengan bumbu pedasnya. Cocok banget dipasangkan dengan makanan berminyak seperti ayam goreng.

2. Mie Kocok

Kuliner mie kocok satu ini merupakan makanan khas Jawa Barat yang paling populer. Makanan ini menjadi favorit masyarakat Bandung dan wisatawan yang bertandang ke sini.

Mie Kocok ini terdiri dari olahan mie yang dicampur sayuran tauge yang direbus dengan air hangat agar tak layu.

Biasanya dalam satu porsinya juga terdapat bakso dan daging sapi dalam olahan mie berkuah ini.

Cukup menyehatkan kuliner satu ini juga kaya akan sayuran yang bergizi. Anda bisa mendapatkan kuliner satu ini di pinggiran jalan dan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau 1 porsinya.

3. Dodol Garut

Dodol garut merupakan makanan bertekstur lembut dan kenyal dan biasanya banyak diburu para wisatawan untuk oleh-oleh.

Cemilan tradisional yang berbahan dasar tepung ketan, kelapa dan gula jawa. Makanan jadul ini sudah ada sejak 1920 dan hingga kini masih ada dan cukup populer.

Kekinian makanan khas Jawa Barat ini terus diinovasikan oleh anak muda jaman sekarang. Kini dodol garut tak hanya dikenal dengan rasa manis original yang khas dengan gula jawa, namun kini banyak rasa yang bisa dicoba, seperti rasa coklat, stroberi, sirsak, durian, dan masih banyak lagi.

4. Chocodot

Selain terkenal dengan dodolnya, Garut, Jawa Barat juga populer dengan makanan Chocodot.

Kuliner ini pada dasarnya adalah dodol dan coklat yang ditemukan tak sengaja dalam adonan dodol. Namun, rasanya yang unik dan lezat menjadikan camilan satu ini digemari banyak orang.

Makanan khas Jawa Barat satu ini berbentuk bulat layaknya bakpao namun versi kecilnya. Sama dengan dodol, Chocodot ini memiliki berbagai varian rasa coklat pahit, coklat putih dan coklat susu. Untuk teksturnya sendiri, Chocodot ini salah satu camilan yang memiliki tekstur lembut.

5. Tahu Gejrot

Makanan sederhana yang berbahan dasar dari tahu goreng yang dipotong disiram dengan kuah asam pedas dengan bawang dan cabai.

Rasanya yang lezat tak heran membuat makanan satu ini menjadi favorit banyak orang. Makanan satu ini cocok banget menjadi camilan di siang hari lho.

Tahu goreng yang sudah dipotong kecil-kecil ini akan diolah bersama dengan bumbu kuah di sebuah pisin yang terbuat dari tanah liat.

Kuah asam pedas yang segar ini akan meresap ke tahu yang dipotong tersebut. Makanan khas Jawa Barat cukup lezat jika dimakan bersama-sama teman.

6. Peuyeum

Peuyeum merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang merupakan sejenis tape yang dibuat dengan cara fermentasi, namun pembuatannya berbahan dasar singkong yang sudah dikukus dan diberi ragi agar muncul jamur pada singkong tersebut dan jadilah peuyeum.

Biasanya peuyeum ini dicampur bersama minuman hangat dan bisa dijadikan wedang layaknya tape.

Minuman ini bisa menghangatkan tubuh saat berada di hawa dingin. Makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh ini banyak dijual di pinggir jalan dengan cara unik, yaitu dengan digantung.

7. Tahu Sumedang

Sumedang merupakan salah satu wilayah yang masih masuk Jawa Barat, sehingga kuliner Tahu Sumedang ini tak boleh dilewatkan.

Olahan tahu khusus yang berasal dari kedelai ini kaya akan kandungan protein dan cukup lezat dijadikan lauk makan atau sekedar camilan sehari-hari.

Berbeda dengan tahu dari daerah lainnya, makanan khas Jawa Barat satu ini memiliki tekstur yang lembut dan di dalamnya kopong saat digoreng.

Rasa gurih yang sangat khas membuat tahu Sumedang ini cocok dimakan dengan apa saja, seperti rawit, sambal, atau saus sambal.

8. Cireng

Camilan cireng ini sangat populer bahkan di luar Jawa Barat sendiri. Jajanan yang berbahan dasar dari aci atau tepung kanji.

Adonan tepung kanji yang dicampur dengan daun bawang, bawang putih, terigu, garam dan dan air ini lalu diolah menjadi gorengan yang rasanya nggak kalah lezat.

Makanan khas Jawa Barat ini cocok banget dinikmati dengan beberapa saus, seperti saus kacang hingga saus sambal.

Kekinian camilan tersebut sudah banyak berinovasi, karena cireng saat ini diisi dengan berbagai macam varian, seperti sosis, keju, ayam, bakso, hingga olahan daging.

9. Batagor

Siapa yang tak mengenal jajanan batagor yang cukup terkenal satu ini? Camilan yang khas dengan tahu goreng dan bumbu kacangnya ini sangat populer bahkan di luar Jawa Barat ini.

Batagor sendiri merupakan kepanjang dari bakso tahu goreng yang adonan baksonya dibuat darii ikan tengiri.

Adonan tepung tapioka dan ikan tenggiri ini dibungkus dengan kulit pangsit lalu digoreng. Gorengan ini lantas dipotong kecil-kecil dan disiram dengan kuah kacang dan tambahan mentimun.

Makin lengkap, camilan batagor ini akan lebih lezat jika ditambahkan dengan perasa jeruk nipis.

10. Empal Gentong

Rekomendasi makanan khas Jawa Barat yang terakhir adalah empal gentong. Sesuai dengan namanya, olahan makanan ini berbahan dasar aneka daging yang dimasukkan ke dalam gentong dan dimasak dengan api yang dihasilkan kayu bakar khusus yang diambil dari pohon mangga.

Daging dan beberapa jeroan yang sudah dimasak dengan baik ini akan terasa empuk ditambah lagi dengan kuah yang sudah dibumbui dengan segar akan menambah cita rasa masakan satu ini. Tambahan sambal yang membuat olahan makanan berkuah ini makin lezat dan sangat khas.

Beragam olahan kuliner Jawa Barat di atas dijamin akan membuat Anda tergiur. Tak hanya rasanya saja yang lezat, namun makanan khas Jawa Barat ini memiliki cara memasak yang unik, pastinya akan menambah cita rasa masakannya.

Tidak hanya makanan berat, namun ada beberapa makanan yang cocok dijadikan cemilan dan sudah populer sedari dulu.

Jawa Barat yang merupakan salah satu surganya kuliner juga memiliki beberapa makanan yang bisa Anda bawa untuk oleh-oleh jika berkunjung ke sana.

Berita sebelumya10 Makanan Khas Jawa Timur Dijamin Ketagihan
Berita berikutnya8 Tempat Wisata di Manado yang Sangat Indah