10 Makanan Khas Jawa Tengah Terpopuler

Makanan Khas Jawa Tengah
image by: whiteboardjournal.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Jawa Tengah yang beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan yang singgah.

Banyak makanan tradisional yang khas di setiap daerahnya dan bisa menjadi referensi Anda untuk wisata kuliner. Untuk rasa jangan ditanya lagi, sajian makanannya dijamin menggoyang lidah.

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Populer

Mulai dari makanan berat hingga jajanan yang khas, tentunya akan membuat Anda ngiler dengan tampilan dan rasanya.

Deretan makanan dengan cita rasa ini bisa menjadi surga kuliner para wisatawan yang tengah berlibur atau mampir di beberapa daerah di Jawa Tengah.

1. Nasi Gandul

nasi gandul
image by: kompas.com

Makanan khas Jawa Tengah yang disajikan dengan daun pisang ini sangat menggugah selera.

Rasanya yang gurih dan berkuah cocok banget dimakan saat sarapan dan makan malam. Aroma dari daging sapi dan aroma nasi yang menggoda berasal dari daun pandan.

Pembuatannya yang penuh dengan rempah-rempah dan daun pandan, akan membuat kuliner khas ini menjadi begitu lezat.

Ditambah lagi saat makan nasi gandul ini akan disajikan di piring yang sudah dialasi dengan daun pisang, menambah aroma dan rasa nikmat dari nasi gandul.

2. Garang Asem

Garang asem adalah olahan daging ayam atau sapi yang dimasak berkuah dengan santan. Sajian penuh rempah-rempah yang meresap ke dalam daging ini akan membuat siapa saja yang menikmatinya akan ketagihan. Pasalnya, rasanya segar, pedas, dan gurih.

Makanan khas Jawa Tengah ini memiliki cara memasak yang cukup unik. Daging ayam atau sapi akan dimasak dengan santan lalu dimasak kembali menggunakan daun pisang setelah masak, sehingga bumbu-bumbunya akan semakin meresap ke dalam masakan. Makanan khas nikmat ini cocok dibarengi dengan nasi hangat.

3. Mangut Beong

Sajian kuliner mangut beong adalah makanan khas Jawa Tengah yang berbahan dasar ikan yang sudah dibumbui.

Ikan yang biasanya digunakan dalam sajian ini merupakan ikan yang hampir mirip dengan ikan lele, namun namanya adalah ikan beong yang ada di Sungai Progo.

Dipilihnya ikan beong ini karena jenis ikan beong memiliki daging yang cukup padat dan juga tekstur yang lembut.

Sedangkan mangut sendiri merupakan sajian berkuah yang disiram ke ikan yang sudah digoreng. Bagi yang mampir ke Jawa Tengah, jangan sampai ketinggalan untuk mencobanya, ya.

4. Mie Ongklok

Olahan mie yang berasal dari Wonosobo ini sangat terkenal dan sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke sana.

Paling populer di kalangan wisatawan, makanan khas Jawa Tengah ini merupakan mie rebus yang diberikan tambahan berbagai macam sayuran seperti kol dan daun kucai.

Mie ongklok sendiri nantinya akan disiram kuah yang terbuat dari kanji dan cocok banget dinikmati selagi panas.

Kuliner lezat sekaligus menghangatkan tubuh ini cocok banget dimakan dengan tambahan sate sapi, keripik tahu, hingga tempe kemul yang dicampur di atas mie ongklok.

5. Mie Lethek

Kuliner satu ini berbeda dengan mie ongklok, mie lethek ini merupakan makanan khas Jawa Tengah yang ada di Yogyakarta dan menjadi menu wajib yang harus dicoba.

Mie ini disebut lethek karena mienya memiliki tampilan yang kurang menarik dan kusam, dalam bahasa Jawa ‘’Lethek’’.

Sajian tradisional ini terbuat dari tepung tapioka yang diolah tanpa pengawet. Bahkan cara memasak mie lethek sendiri menggunakan anglo yang berbahan bakar arang.

Rasanya yang khas membuat siapa saja ketagihan dan ingin terus menikmatinya. Jadi, jangan sampai melewatkan makanan ini ketika berkunjung ke Jawa Tengah, ya!

6. Gudeg

Berikutnya ada gudeg sebagai salah satu makanan khas Jawa Tengah. Sajian ini cocok banget disantap saat sarapan di pagi hari dengan berbagai lauk seperti tempe bacem, tahu bacem, hingga telur bacem. Kuliner ini bahkan memiliki sentranya sendiri di Jawa Tengah, lho.

Kuliner tradisional ini terbuat dari nangka muda, kemudian diolah dengan santan, gula, dan rempah lainnya sehingga warnanya bisa menjadi coklat.

Cara memasaknya juga cukup ribet karena harus dilakukan berjam-jam agar bumbunya meresap hingga ke lauk. Biasanya gudeg disajikan dengan sayur krecek.

7. Sate Klathak

Kuliner sate klathak cukup populer dan diburu para wisatawan jika ke Jawa Tengah, pasalnya cara penyajian dan rasanya yang unik akan membuat Anda tergoda mencicipinya.

Sate yang terbuat dari kambing ini ditusuk dengan ruji sepeda, sehingga membuat sensasi makan sate jadi berbeda.

Ruji besi tersebut yang nantinya menghasilkan suara klathak, sehingga sate ini disebut klathak.

Bumbu sate klathak ini juga berbeda, yaitu dengan menggunakan bumbu garam saja dan disajikan menggunakan kuah tengkleng, Rasanya yang cukup unik membuat banyak wisatawan ingin mencobanya.

8. Tahu Gimbal

Selanjutnya ada tahu gimbal yang populer di daerah Semarang dengan rasa yang nikmat dan unik.

Kuliner yang terdiri dari irisan tahu goreng, sayur kol mentah, tauge, lontong, telur, dan gimbal yang merupakan udang yang digoreng tepung dan memiliki rasa gurih. Intinya semua itu merupakan perpaduan yang pas.

Makanan khas Jawa Tengah ini lantas disajikan dengan siraman bumbu khas yang terbuat dari petis udang.

Jika Anda berkunjung ke Semarang, sempatkanlah untuk mencicipi kuliner satu ini, dijamin bakal ketagihan. Anda bisa menyantap tahu gimbal saat sarapan atau sekedar cemilan.

9. Soto Kudus

Dari namanya sajian ini sudah terlihat kalau memang berasal dari daerah Kudus, Jawa Tengah. Kuliner soto memang terdapat di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk di Jawa Tengah, Soto Kudus ini cukup populer dan sangat diburu wisatawan untuk menjadi kuliner wajib yang dicicipi.

Makanan khas Jawa Tengah ini memiliki penyajian yang sangat unik, yaitu di dalam mangkok kecil yang biasanya diisi dengan daging kerbau, mie, tauge, seledri, dan bawang goreng serta nasi dicampur ke dalamnya. Umumnya, soto Kudus ini dinikmati bersama dengan sate telur puyuh.

10. Tempe Mendoan

Hampir sama dengan tempe goreng lainnya, tempe mendoan ini merupakan olahan tempe yang dicampur dengan tepung yang sudah dibumbui dan ditambahkan dengan daun bawang lalu digoreng. Tempe mendoan ini dikenal juga dengan irisannya yang sangat tipis dan lebar.

Makanan khas Jawa Tengah ini digemari hampir semua kalangan karena rasanya yang gurih dan lezat akan memanjakan lidah Anda.

Biasanya tempe mendoan ini disajikan dengan sambal kecap yang sudah dicampur dengan irisan cabe. Cocok banget dinikmati saat sore hari saat baru saja digoreng.

Deretan makanan khas Jawa Tengah di atas cukup menggoda untuk dicicipi. Bagi Anda yang tengah mampir atau bertandang di salah satu wilayah Jawa Tengah, jangan lupa untuk mencoba deretan rekomendasi makanan di atas, ya.

Memiliki rasa yang khas dan unik, lidah Anda akan dimanjakan dengan adanya rasa kuliner Jawa Tengah mulai dari Kudus, Semarang, hingga kota-kota lainnya. Anda juga bisa membawa makanan khas tersebut untuk oleh-oleh keluarga dan teman.

Berita sebelumya8 Tempat Wisata di Samarinda Hits & Kekinian
Berita berikutnya10 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicicipi