10 Makanan Khas Jawa Timur Dijamin Ketagihan

Makanan Khas Jawa Timur
image by: femina.co.id
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Jawa Timur menjadi salah satu surganya kuliner Nusantara yang menawarkan kuliner unik dan berbagai rasa, sehingga tak heran membuat banyak wisatawan jatuh cinta.

Tak hanya kuliner, Anda juga bisa menikmati wisatanya sambil mencicipi hidangan terbaik khas Jawa Timur.

10 Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba

Beragam sajian masakan Jawa Timur ini didominasi dengan rasa gurih dan pedas. Bahkan banyak makanan yang berbahan dasar petis yang merupakan pasta udang.

Petis ini banyak digunakan di beberapa makanan khas Jawa Timur, termasuk Surabaya untuk olahan rujak cingur dan lain-lain.

1. Gado-Gado

gado gado
image by: royco

Sering dijuluki saladnya Indonesia, kuliner gado-gado ini menjadi makanan khas Jawa Timur yang cukup populer karena kelezatannya.

Bagi pecinta sayur, kuliner satu ini wajib dicoba saat mampir ke salah satu daerah di Jawa Timur. Pasalnya, Anda akan dibuat jatuh cinta dengan campurannya.

Isi gado-gado ini sendiri cukup menyehatkan, karena berisi tahu, tempe, sayuran rebus, kentang, telur, dan disiram dengan saus kacang.

Selain sehat, makanan satu ini juga cukup mengenyangkan, ya. Cocok banget dinikmati untuk sarapan di pagi hari karena makanan ini tak begitu berat.

2. Rawon

Siapa sih yang tidak mengenal rawon? Makanan khas Jawa Timur satu ini populer karena rasanya yang lezat dan tampilannya yang cukup unik.

Warnanya yang hitam pekat membuat rawon kerap kali membuat wisatawan penasaran bagaimana rasanya, jika sudah dicoba dijamin ketagihan.

Warna hitam dari Rawon sendiri berasal dari bumbu dapur bernama kluwek. Setelah dagingnya dimasak hingga empuk, bumbu kluwek tersebut akan meresap dan menciptakan cita rasa yang lezat. Cukup nikmat jika disantap dengan kerupuk, bawang goreng, telur asin, serta nasi hangat.

3. Lodho Ayam

Selanjutnya ada masakan khas Tulungagung, Jawa Timur yang bernama lodho ayam. Sajian makanan khas Jawa Timur satu ini memiliki cita rasa rempah-rempah yang cukup kuat. Bahan utama masakan satu ini adalah ayam yang dimasak dengan resep yang sudah turun-temurun.

Ayam yang telah dibumbui dengan rempah-rempah ini akan dimasak hingga empuk dan disajikan, dengan kuah kaldu yang dihasilkan dari perpaduan bumbu dan lemak yang ada di ayam. Bagi Anda yang mampir ke daerah Tulungagung, jangan segan untuk mencoba kuliner populer satu ini, ya.

4. Nasi Krawu

Kuliner selanjutnya datang dari Kota Gresik yang dikenal dengan kota semen. Tak kalah lezat, kuliner khas kota ini cukup lezat lho, yaitu nasi krawu.

Masakan yang siap memanjakan lidah pecinta sambal dan gurih ini merupakan menu terbaik jika Anda berada di Kota Gresik.

Makanan khas Jawa Timur satu ini berisi nasi yang disandingkan dengan daging sapi atau empal, ditambah dengan sambal terasi yang pedas dan serundeng.

Cukup menarik, bukan? Biasanya sajian nasi krawu ini dibungkus dengan daun pisang yang akan menambah aroma kelezatannya.

5. Bebek Sinjay

Pecinta kuliner wajib mencoba makanan populer satu ini yaitu, bebek sinjay. Makanan khas Jawa Timur satu ini pada awalnya berasal dari Bangkalan, Madura.

Jika kebetulan singgah di Pulau Madura, wajib mencoba sajian unik yang bahan utamanya merupakan bebek dan sambal yang sangat khas.

Tak hanya bebeknya saja yang berbeda, makanan ini disajikan dengan kremesan dan nasi hangat yang makin menambah nafsu makan Anda.

Makin lezat lagi jika Anda memesan paket komplit sambal mangga muda yang sangat menggiurkan dan cocok dimakan bersama kuliner satu ini.

6. Bakso Malang

Siapa yang tak mengenal kuliner bakso Malang satu ini? Menu yang sangat populer di Indonesia ini memiliki rasa yang sangat lezat dan diakui oleh para penggemar bakso.

Bakso Malang ini memiliki isian menu yang sedikit berbeda dan lebih beragam macamnya dari bakso biasanya yang ditemui.

Makanan khas Jawa Timur ini memiliki berbagai jenis, mulai dari bakso urat, bakso isian telur, bakso udang, bakso goreng, hingga bakso biasa.

Tidak hanya itu, bakso Malang juga diramaikan dengan isian seperti pangsit basah, pangsit kering, siomay, tahu, dan ampela.

7. Soto Lamongan

Kuliner soto Lamongan ini salah satu makanan khas Jawa Timur yang sudah populer dan kini gampang ditemui di daerah lainnya.

Meskipun di berbagai daerah memiliki jenis sotonya sendiri, namun soto Lamongan ini menjadi kuliner yang populer karena rasa yang lezat dan nikmat.

Cita rasanya yang unik dan gurih, soto Lamongan dikenal dengan tambahan koya yang diberi di atas kuah soto.

Koya sendiri merupakan sejenis bubuk gurih yang berasal dari kerupuk udang dan bawang putih yang dihancurkan hingga lembut. Koya ini akan membuat tekstur soto menjadi kental.

8. Rujak Cingur

Penggemar rujak, wajib banget mencicipi kuliner rujak cingur yang memiliki rasa yang cukup unik.

Berbeda dari rujak pada umumnya, rujak cingur ini terbuat dari irisan mulut sapi yang sudah direbus. Teksturnya yang kenyal dan cukup unik, akan membuat banyak orang aneh.

Namun makanan khas Jawa Timur khususnya Surabaya ini cukup menggiurkan, selain cingur sapi, juga berisi dengan tempe dan tahu goreng serta beberapa sayuran yang sudah direbus. Bahan-bahan tersebut lantas disiram dengan bumbu petis yang terbuat dari udang dan campuran kacang.

9. Pecel

Selanjutnya ada pecel yang merupakan salah satu kuliner yang lezat dan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Pecel sendiri merupakan sajian makanan yang diisi dengan sayuran yang sudah direbus seperti tauge, kacang panjang, dan disiram dengan kuah kacang yang sudah dihaluskan dan diolah.

Makanan khas Jawa Timur ini cukup mudah ditemukan di jalanan dan cocok banget dinikmati saat sarapan.

Makin komplit, Anda bisa menambahkan sambal, lauk mendoan peyek yang merupakan kerupuk. Umumnya, peyek hampir ada di setiap menu pecel. Dijamin lezat dan bikin ketagihan.

10. Sate Madura

Hampir sama dengan soto Lamongan, kuliner sate Madura juga nggak kalah populernya. Bahkan hampir semua wilayah di Indonesia pasti ada kuliner yang menggugah selera satu ini.

Olahan sate dan bumbu yang khas dengan irisan bawang merah di bumbunya ini cukup berbeda dari lainnya.

Pilihan daging satenya juga beragam, mulai dari ayam, kambing dan juga sapi. Bumbu kacang dan kecapnya yang meresap saat dibakar ini menambah kelezatan kuliner sate Madura sendiri.

Makanan ini cocok banget dinikmati bersama irisan lontong dan nasi hangat dan sambal tentunya.

Cukup beragam, tak khayal Jawa Timur juga salah satu surga kuliner Nusantara. Para pecinta masakan Nusantara, deretan makanan khas Jawa Timur di atas adalah daftar rekomendasi yang wajib untuk dicicipi. Rasanya yang dominan gurih dan pedas, dijamin akan membuat ketagihan.

Tidak hanya itu, makanan khas di setiap daerah di Jawa Timur pun juga memiliki cita rasa tersendiri yang cukup unik, seperti kuliner rujak cingur yang berasal dari mulut sapi atau rawon yang wana kuahnya cukup membuat penasaran. Jika berkesempatan singgah, jangan lupa mencicipinya, ya.

Berita sebelumya8 Tempat Wisata di Jambi yang Harus Dikunjungi
Berita berikutnya10 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicicipi