10 Makanan Khas Jogja Terkenal Nikmat

Makanan Khas Jogja
image by: kompas.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan Khas Jogja ada berbagai macam jenisnya, nggak kalah dengan wisatanya yang menarik hati, kuliner kota pelajar ini juga sangat lezat.

Jutaan wisatawan bahkan sudah pernah mampir ke kota yang tak pernah sepi karena turis ini, tapi apakah Anda pernah wisata kuliner di kota Jogja?

Menggoda Selera Wisatawan, Ini Deretan Makanan Khas Jogja Paling Terkenal

Jika Anda saat bertandang ke Jogja sebelumnya belum pernah wisata kuliner, maka Anda perlu membaca deretan rekomendasi makanan lezat berikut ini.

Nggak perlu ragu dijamin cita rasa dari kuliner di Jogja ini cocok di lidah semua orang dan harganya pun cukup terjangkau.

1. Gudeg

gudeg
image by: inews.id

Siapa yang tak mengenal kuliner Gudeg satu ini? Makanan khas Jogja ini sangat populer bahkan menjadi ikon kota Yogyakarta ini.

Gudeg sendiri terbuat dari nangka muda yang dipotong dadu lalu dimasak bersama dengan santan hingga berubah warna menjadi kecokelatan gelap.

Warna cokelat yang ada di Gudeg sendiri dihasilkan dari daun jati yang dimasak bersamaan dengan nangka muda dan santan.

Sajian Gudeg biasanya disajikan dengan nasi hangat, serta kuah santan kental, ayam bacem, telur kampung serta tahu yang dimasak bacem juga dan sayur krecek.

2. Bakpia

Selain Gudeg, para wisatawan jika berkunjung ke Jogja tak lengkap rasanya jika tak membawa pulang oleh-oleh Bakpia ini.

Makanan khas Jogja satu ini merupakan camilan manis yang dibentuk bulat pipih dan memiliki isian berbagai macam varian lalu dioven hingga menjadi kue.

Jajanan ini memiliki varian rasa original yang berisi kacang hijau yang sudah dihancurkan, varian rasa ini paling banyak diburu oleh wisatawan.

Kekinian, banyak bakpia yang memiliki varian rasa yang semakin beragam, seperti, isian keju, durian, kacang merah, tiramisu, oreo, hingga selai nanas.

3. Sate Klathak

Makanan khas Jogja lainnya yang cukup unik adalah Sate Klathak. Para pecinta sate kambing, kuliner satu ini wajib untuk dicoba.

Pasalnya rasanya yang unik dan enak akan membuat ketagihan. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate ini tak dibakar dengan bumbu kacang namun kuah gulai.

Tak hanya penyajian dan rasanya yang cukup unik, namun nama dari Sate Klathak itu sendiri juga memiliki alasan di baliknya.

Kalau biasanya sate ditusuk dengan tusukan bambu, Sate Klathak menggunakan jeruji sepeda yang membuat sate ini berbunyi’’klathak’’ saat dibakar di bara api.

4. Bakmi Jogja

Tak lengkap rasanya bertandang ke kota wisata satu ini tak mencoba Bakmi Jogja. Makanan khas Jogja satu ini merupakan olahan bakmi rebus yang dimasak bersama racikan bumbu khas Jogja. Banyak varian bakmi yang bisa diciba, seperti Bakmi Nyemek, Bakmi Goreng dan lainnya.

Uniknya kuliner Bakmi Jogja satu ini dimasak dengan anglo atau menggunakan kompor tradisional dari arang.

Keunikan ini yang membuat Bakmi Jogja ini memiliki rasa yang khas dan sangat sedap. Umumnya sajian ini makin enak dinikmati dengan beragam sate, seperti sate usus hingga kulit.

5. Oseng-oseng Mercon

Bagi pecinta kuliner pedas, makanan khas Jogja Oseng-oseng Mercon ini tak boleh dilewatkan.

Pasalnya sajian ini berbahan dasar daging sapi, ayam hingga menthok yang dimasak dengan bumbu tumis yang menggugah selera dan cabai yang melimpah dan menghasilkan rasa pedas.

Oseng-oseng mercon ini biasanya hadir saat malam hari di sekitaran jalan Malioboro, Anda bisa menantang diri untuk mencoba kuliner super pedas satu ini.

Cocok banget disajikan dengan nasi putih hangat dan es teh yang menyegarkan. Bagi yang penasaran, langsung cobain yuk.

6. Krecek

Makanan khas Jogja berikutnya adalah Krecek, masakan yang terbuat dari kerupuk kulit yang dimasak pedas ini biasanya menjadi teman saat makan Gudeg.

Masakan Krecek ini dimasak dengan irisan cabe yang menggugah selera para penyuka pedas yang unik.

Selain pedas, Anda juga akan mendapatkan rasa manis yang pedas di masakan Krecek satu ini.

Perpaduan Krecek dan Gudeg ini menjadi salah satu hal yang pas, rasa Gudeg yang manis dan gurih, sedangkan cita rasa Krecek akan menyeimbangkan rasanya seperti pedas manis.

7. Belalang Goreng

Salah satu makanan khas Jogja lainnya yang nggak kalah unik adalah Belalang Goreng. Makanan yang memiliki tekstur dan rasa yang unik wajib Anda cobain.

Makanan ini cocok banget untuk Anda yang hobi mencicipi makanan ekstrim. Pasalnya Belalang Goreng ini memiliki cita rasa tak biasa.

Makanan yang bisa Anda dapatkan di daerah pantai Wonosari, Gunungkidul ini bisa juga dibawa untuk oleh-oleh keluarga atau teman di rumah.

Umumnya, cemilan unik ini dimasak dengan rasa pedas manis. Meski agak unik, namun Belalang Goreng ini memiliki banyak kandungan gizi.

8. Mie Lethek

Hampir mirip dengan Bakmi Jawa, makanan Mie Lethek ini merupakan mie dengan berbahan dasar bihun yang memiliki warna kecokelatan sehingga terlihat kotor.

Hal tersebut yang membuat hidangan satu ini disebut Lethek, karena ‘’Lethek’’ sendiri berarti kotor berwarna cokelat.

Makanan khas Jogja ini bisa berwarna kecokelatan ini berasal dari dari tepung ketela, sehingga Mie Lethek ini kandungan yang lebih lezat dibanding dengan Bakmi Jogja.

Sajian kuliner satu ini biasanya dimasak dengan berbagai macam sayuran, seperti wortel, sawi hingga campuran ayam.

9. Ayam Geprek

Selanjutnya ada Ayam Geprek yang menjadi salah satu makanan khas Jogja yang paling digemari banyak orang, termasuk di luar Jogja.

Sajian yang berbahan dasar ayam yang digoreng krispi ini akan dihancurkan dengan sambal bawang yang sudah diulek terlebih dahulu di cobek.

Kini makanan Ayam Geprek ini sudah merambat di luar Jogja dan memiliki banyak varian bahkan level pedasnya bisa disesuaikan dengan selera.

Varian ayam geprek ini kini divariasikan dengan berbagai macam, seperti keju, keju mozarella dan indomie dengan berbagai tingkat kepedasan.

10. Sayur Lombok Ijo

Salah satu makanan yang cocok disajikan bersama makanan asli Jogja lainnya adalah Sayur Lombok Ijo.

Sayur ini biasanya disajikan dengan nasi merah atau makanan lauk lainnya. Cita rasa sayur satu ini sangat gurih karena dimasak dengan campuran kuah santan yang begitu kental.

Bagi penikmat makanan pedas, sayur lombok ijo ini menjadi salah satu kuliner yang wajib harus dicoba, karena memiliki cita rasa yang pedas dan gurih dari santan.

Penikmat kuliner nusantara, masakan unik ini jangan lupa dicoba saat sarapan dengan lauk lainnya yang khas yang di Jogja.

Bagi Anda yang berwisata ke Jogja, jangan lupa untuk wisata kuliner. Tak kalah lezat, sajian makanan khas Jogja di atas bisa jadi referensi Anda saat berwisata ke kota gudeg satu ini.

Beragam rasa baru dan unik bisa Anda temukan, bahkan beberapa makanan bisa dibawa untuk oleh-oleh.

Pecinta kuliner pedas, Anda bisa mencoba beberapa makanan olahan pedas di kota Jogja ini.

Pasalnya banyak makanan yang memiliki cita rasa pedas, seperti Oseng-oseng Mercon, Sayur Lombok Ijo, Ayam Geprek dan Krecek. Bagaimana, apakah Anda tak sabar untuk mencobanya?

Berita sebelumya8 Tempat Wisata di Manado yang Sangat Indah
Berita berikutnya10 Tempat Wisata di Batam Terindah Wajib Dikunjungi