11 Makanan Khas Kudus yang Terkenal Enaknya

Makanan Khas Kudus
Images by: lemonilo.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Kudus identik dengan masakan Jawa yang memiliki cita rasa manis dan lembut. Kota Kretek ini memiliki banyak sekali variasi masakan yang mudah didapatkan, mulai dari lauk pauk, cemilan hingga kue.

Anda bisa mencicipi semua sajian menarik tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Umumnya, sajian kuliner di wilayah ini dibandrol dengan harga yang murah. Meskipun beberapa sajian terlihat sangat sederhana, namun kebanyakan makanan tradisional Kudus sangat mengenyangkan perut.

Referensi Wisata Kuliner Makanan Khas Kudus

Sajian kuliner yang terdapat di setiap daerah tentu akan memiliki pesona yang berbeda. Daya tarik tersebutlah yang membuat para wisatawan berbondong-bondong untuk mencobanya.

Menyantap sajian kuliner daerah, bukan hanya mampu memberikan warna pada cita rasa lidah.

Namun, juga bisa menjadi referensi agar resep masakan tersebut bisa terus dilestarikan agar tidak hilang. Berikut beberapa sajian tradisional Kudus yang lezat:

1. Opor Bakar Sunggingan

Sajian ini tampak berbeda dengan jenis opor lainnya karena diolah dengan metode dibakar. Makanan khas Kudus ini diketahui telah diciptakan sejak tahun 1920 an dan sudah menjadi masakan legendaris yang populer.

Bahan dasar pembuatannya adalah ayam kampung yang dimasak utuh tanpa dipotong. Bumbu rempah akan dimasukkan ke dalam rongga perut yang sudah dikeluarkan jeroannya.

Proses tersebut dilakukan untuk membuat bumbu bisa lebih mudah meresap ke bagian dalam daging ayam. Bahan utama ayam akan dimasak hingga empuk dan matang kemudian dibakar.

Setelah matang dengan sempurna, daging akan akan dicincang dan diberikan tambahan kuah opor kental yang dibuat dari air rebusan ayam dicampur dengan santan.

2. Keciput

Satu lagi inspirasi cemilan khas yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Keciput memiliki tampilan yang mirip dengan kue onde-onde namun bentuknya yang lebih kecil. Rasanya pun terasa lebih renyah.

Dalam satu lahapan saja, Anda bisa menghabiskan beberapa Keciput sekaligus. Cemilan ini terbuat dari tepung beras yang sudah dibentuk menjadi adonan.

Sebelum digoreng, adonan tersebut akan dilumuri dengan biji wijen agar terasa lebih gurih. Setelah itu, sajian akan digoreng hingga kering.

3. Garang Asem

Seperti namanya, sajian ini memiliki rasa yang didominasi dengan asam. Rasa asam dihasilkan dari irisan tomat hijau yang digunakan. Garang asem merupakan lauk pauk yang umumnya dimakan bersama nasi.

Sajian ini terbuat dari beberapa bahan seperti jeroan, ikan, jamur, ayam atau tahu. Bahan dasar akan dibungkus dengan daun pisang untuk dikukus hingga matang. Meskipun cukup asam, namun cita rasa masakan ini tetap menyegarkan untuk disantap.

4. Sate Kerbau

Salah satu makanan khas Kudus yang tidak boleh terlewatkan adalah sate kerbau. Sajian ini sudah menjadi ikonik dari wilayah Kudus sehingga jika berkunjung Anda harus mencicipinya. Olahan daging kerbau memiliki tekstur yang hampir mirip dengan dendeng sapi.

Daging kerbau dipotong menjadi bagian kecil kemudian dimemarkan. Bahan utama akan diberikan bumbu dan didiamkan selama 1 jam agar dagingnya empuk dan bumbu meresap ke dalamnya.

Potongan tersebut ditusuk ke lidi kemudian dibakar dengan menggunakan arang. Keistimewaan sajian ini adalah penambahan bawang putih, bawang merah, serundeng, kentang dan kacang tanah yang telah dihaluskan.

Perpaduan bumbu dan daging akan berpadu dengan sempurna dan terasa menakjubkan.

5. Lentog Tanjung

Makanan khas Kudus ini terbuat dari campuran sayur lodeh dan lontong. Untuk pendamping, biasanya makanan ini disajikan bersama dengan sate telur puyuh yang sudah dibumbui secara khusus serta gorengan seperti bakwan.

Sajian ini sangat mudah ditemukan karena banyak dijajakan oleh para pedagang kaki lima. Harga satu porsi lentog dibanderol dengan harga yang terjangkau. Meski demikian, namun sajian ini sangat mengenyangkan.

6. Jenang Kudus

Sajian makanan ringan ini memiliki penampilan yang hampir mirip dengan dodol. Teksturnya yang kenyal dan manis membuat orang tidak puas jika hanya makan satu.

Makanan ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif oleh-oleh asal Kudus karena memiliki ketahanan yang bagus.

Jenang dibuat dari pencampuran gula merah, santan dan beras ketan. Adonan kenyal akan dipotong kecil kemudian dibungkus dengan menggunakan alumunium foil. Cemilan akan ditata ke dalam kardus kecil agar mudah untuk dibawa-bawa.

7. Tape Ketan

Makanan khas Kudus yang dibungkus dengan daun pisang ini dibuat dari singkong dan beras ketan.

Ini bukanlah jenis makanan baru, karena sudah ada sejak dahulu dan telah menjadi legendaris di wilayah ini.

Tape Ketan biasanya hadir melengkapi berbagai sajian makanan yang ada pada acara tertentu.

Dalam pesta hajatan, makanan ini wajib disajikan kepada para tamu. Agar terlihat menarik, biasanya sajian ini diberikan tambahan berupa pewarna.

8. Pecel Pakis Colo

Tanaman pakis merupakan jenis tumbuhan tersembunyi yang biasanya ditemukan pada area lereng gunung. Dalam proses pengolahannya, tanaman ini akan dicampurkan dengan bahan pendukung lainnya seperti tauge dan kacang Panjang.

Beberapa jenis sayuran tersebut akan disiram dengan menggunakan bumbu kacang. Dahulu sajian istimewa ini hanya disajikan untuk keluarga kerajaan saja. Tak heran jika sajian ini sangat melegenda dan membuat banyak wisatawan ingin mencobanya.

9. Lepet

Makanan tradisional yang satu ini sebenarnya memiliki warna dasar putih dengan rasa yang gurih. Bahan utama pembuatannya adalah beras ketan yang diaduk bersama dengan parutan kelapa.

Adonan tersebut yang bungkus dengan menggunakan daun kemudian direbus seperti lontong. Ada juga lepet yang dicampur dengan isian berupa pisang, nangka dan kacang tolo sehingga rasanya lebih terasa nikmat. Makanan ini memiliki filosofi yang unik.

Biasanya orang yang berusia lebih muda akan membawa sajian lepet ke rumah orang yang lebih tua sebagai permintaan maaf atas semua kesalahan yang dilakukannya. Ini merupakan salah satu budaya Kudus yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala.

10. Ayam Gongso

Ayam Gongso menjadi makanan khas Kudus yang paling populer, karena dimasak dengan menggunakan bumbu khas yang membuat rasa gurih dan manis berpadu dengan sempurna.

Makanan ini diolah dengan kecap dan juga cabai sehingga meskipun cenderung manis, namun akan terasa cita rasa pedas di dalamnya. Keunikan sajian ini bukan disajikan bersama dengan nasi putih, namun nasi goreng.

11. Jangklong

Sajian ini merupakan makanan yang bisa Anda temukan di wilayah Lereng Gunung Muria. Jangklong merupakan umbi yang umumnya ditanam di gunung. Sayuran ini mengandung vitamin B yang bermanfaat untuk menurunkan risiko store, kanker hingga jantung.

Bahan utama ini bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan, misalnya dihaluskan dan dicampur dengan tepung untuk digoreng agar terlihat seperti steak.

Setelah matang, makanan ini bisa disajikan dengan beberapa bahan pendamping seperti kentang dan sayuran lain.

Makanan khas Kudus sudah sangat fenomenal bagi masyarakat lokal maupun pendatang. Selain mengenal budaya tradisional daerah setempat, Anda juga perlu menikmati sajian kulinernya untuk mencicipi keanekaragaman cita rasa Nusantara.

Berita sebelumya9 Tempat Wisata di Medan yang Terkenal
Berita berikutnya9 Makanan Khas Solo Yang Melegenda dan Populer