9 Makanan Khas Makassar Paling Terkenal

Makanan Khas Makassar
Images by: Kompas.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Makassar memiliki nama yang cukup asing dan kurang familiar. Meskipun begitu, namun sajian kuliner daerah ini mampu memberikan variasi cita rasa yang kaya akan rempah.

Kuliner Makassar umumnya menggunakan bumbu yang kental sehingga rasanya sangat menonjol dan tidak terlupakan.

Aneka Ragam Makanan Khas Makassar yang Paling Digemari

Meskipun sangat terkenal dengan objek wisatanya yang menarik, namun Anda tidak boleh melewatkan sajian kuliner dari daerah ini. Menu masakan Makassar dibuat dengan proses yang panjang dengan bumbu khas yang unik.

Bahkan sajian kuliner di Makassar telah menjadi ikonik yang membuat penasaran ingin mencobanya. Hal tersebut bisa Anda nikmati mulai dari penampilan, aroma hingga rasanya.

Sajian masakan tersebut dijamin akan membuat Anda gagal diet. Berikut beberapa ragam sajian Makassar yang terpopuler:

1. Barongko

Bukan hanya populer dengan menu utamanya saja, makanan khas Makassar juga terdiri dari kue basah yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasar tradisional. Kue ini memiliki cita rasa yang menarik dan mantap ketika disantap.

Barongko dibuat dari bahan dasar pisang yang dihaluskan kemudian dicampur dengan telur, gula pasir, santan dan garam.

Adonan yang memiliki tekstur lembut ini akan dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus hingga matang.

Setelah matang, umumnya kue tersebut akan disimpan ke dalam kulkas terlebih dahulu agar lebih padat. Barongko biasanya disajikan sebagai makanan penutup.

2. Pallubasa

Sajian yang terbuat dari jeroan kerbau atau sapi ini memiliki keistimewaan dari kuahnya. Hidangan ini memiliki kuah yang agak kental dengan warna identik hitam.

Proses pembuatan Pallubasa cukup panjang karena bahan utama harus dimasak dalam waktu yang lama.

Umumnya makanan ini dilengkapi dengan nasi sebagai hidangan pendamping. Uniknya, sajian ini ditambahkan telur ayam kampung dan serundeng sehingga kuahnya terlihat lebih kental.

Daging akan dimasak bersama bumbu halus yang terdiri dari jahe, pala, cabai, jinten bubuk, ketumbar, bawang merah dan bawang putih.

Proses memasak membutuhkan waktu yang lama agar bumbu meresap ke bagian daging dan memiliki tekstur yang empuk.

3. Konro

Konro merupakan makanan khas Makassar yang sudah sangat terkenal hingga ke seluruh nusantara.

Sajian daging ini memiliki tekstur yang empuk dengan cita rasa bumbu yang kental. Menu makanan ini sangat cocok bagi Anda yang suka makan daging.

Bahan dasar makanan ini adalah daging sapi dan iga yang direbus terlebih dahulu dengan rempah seperti asam jawa, kayu manis dan kluwak. Sajian ini terdiri dari dua jenis, yaitu bakar dan rebus.

Jika memilih varian bakar, daging utama akan di panggang dengan menggunakan arang sehingga aroma dagingnya terasa lebih lezat dan wangi. Untuk pelengkapnya, menu masakan ini tetap disajikan bersama dengan kuah rebusannya.

4. Pisang Epe

Makanan ini sudah menjadi ikonik dari kota Makassar. Terbuat dari pisang kepok yang dibakar setengah matang sehingga mampu menonjolkan cita rasa yang manis dan empuk.

Pisang harus dibakar dengan menggunakan arang agar aromanya terasa khas. Pisang akan dibelah menjadi dua kemudian diberikan tambahan toping seperti durian, coklat, keju dan lain sebagainya.

Namun yang paling khas adalah pisang epe original yang menggunakan toping gula merah serta air daun pandan. Cemilan ini sangat pas dinikmati pada sore hari yang cerah sambil menikmati keindahan pantai.

5. Kapurung

Makanan khas Makassar yang terbuat dari daging ayam atau ikan ini akan dicampur bersama dengan sayuran dan juga tepung sagu. Kuliner tradisional Makassar ini memang sangat menarik dan berbeda.

Didominasi dengan rasa manis yang sedikit asam, mampu memberikan kesegaran saat dinikmati. Tepung sagu akan dibuat menjadi adonan dan dibentuk bulat hingga menyerupai bakso kecil. Kemudian dicampurkan dengan bahan sayur serta daging ikan atau ayam.

Bahan-bahan tersebut disiram dengan kuah rempah yang khas sehingga terasa unik dan segar. Kuliner ini bisa Anda nikmati di beberapa rumah makan yang ada di Makassar. Tekstur kenyal, asam dan segar bercampur menjadi satu.

6. Bebek Palekko

Sajian ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai makanan pedas. Makanan ini terbuat dari daging bebek yang sudah dicincang sehingga lebih mudah untuk dimakan.

Makanan ini menggunakan bumbu rempah seperti bawang putih, merica, bawang merah, sereh, cabe rawit dan asam jawa.

Bebek atau entok yang digunakan akan direbus terlebih dahulu agar lebih empuk. Kemudian dagingnya dicincang. Tumis bumbu halus yang digunakan hingga agak wangi kemudian masukkan daging dan tumis hingga matang dan siap disantap.

7. Mie Titi

Makanan khas Makassar ini dikombinasikan dengan kuliner ala Tionghoa sehingga terasa unik. Kombinasi bahan yang digunakan dalam sajian ini sangat melimpah, mulai dari seafood, daging hingga sayuran sehingga menjadi salah satu sajian yang lezat dan menyehatkan.

Keunikan sajian ini adalah porsinya yang cukup besar. Terbuat dari bahan mie kuning yang digoreng membuat sajian ini terasa renyah.

Disiram dengan kuah kental yang terdiri dari sayuran dan bahan lainnya membuat makanan ini cocok disantap kapan saja. Bumbu olahan makanan ini cukup sederhana, yaitu bawang putih, lada dan garam.

Semua bahan sayuran dan seafood akan ditumis bersama dengan bumbu kemudian diberikan air sedikit. Tambahan maizena digunakan untuk membuatnya agak kental. Kuah tersebut langsung disiram di atas mie kuning kering yang sudah digoreng.

8. Songkolo Bagadang

Sajian istimewa ini umumnya selalu disajikan dalam berbagai acara kumpul-kumpul keluarga. Makanan yang terbuat dari beras ketan hitam ini semakin terasa istimewa karena dicampur dengan kelapa sangrai sebagai topping.

Meskipun memiliki penampilan yang kurang bagus, namun makanan ini terasa sangat gurih dan enak. Umumnya sajian ini dijual pada malam hari. Ketan akan dikukus dengan santan hingga agak memadat.

Kemudian bagian atasnya diberikan serundeng dan disajikan bersama lauk seperti telur asin, ikan goreng, sambal dan lain sebagainya. Meskipun terlihat sederhana, namun sajian ini sangat mengenyangkan sehingga bisa jadi andalan.

9. Pallumara

Ini merupakan makanan khas Makassar berjenis seafood yang terbuat dari bahan utama ikan. Sajian ini dilengkapi dengan sup berwarna kuning yang terbuat dari kunyit. Bahan utama olahan masakan ini adalah kepala kakap merah.

Jika tidak ada biasanya diganti dengan menggunakan bandeng atau tongkol. Bumbu olahan yang digunakan adalah daun jeruk, kunyit, bawang merah, cabai bawang putih, jahe, lada, ketumbar dan lengkuas.

Ikan yang digunakan dicuci bersih kemudian dibaluri dengan garam dan jeruk nipis kemudian dibilas kembali. Bumbu yang telah dihaluskan akan ditumis hingga harum kemudian tambahkan air hingga terlihat berkuah.

Masukkan ikan, masak hingga matang. Untuk mempercantik tampilannya, sup tersebut ditaburi cabe iris dan daun kemangi.

Daftar makanan khas Makassar menambah pengetahuan tentang cita rasa dan keanekaragaman menu nusantara. Sajian kuliner memiliki daya tarik yang unik sehingga mampu memikat para pendatang maupun penduduk lokal.

Berita sebelumyaJasa Ekspedisi Jakarta Bandung Murah
Berita berikutnya11 Makanan Khas Melayu Paling Terkenal