10 Makanan Khas Maluku Terpopuler Bikin Ngiler

makanan khas maluku
image by: kompas.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens –  Makanan khas Maluku tak hanya dikenal dengan papeda dan ikan kuahnya saja, namun ada beberapa kuliner lainnya yang cukup bikin ngiler para pecinta kuliner.

Salah satu santapan khas timur ini kaya akan rempah-rempah dan olahan ikan yang segar langsung dari laut yang menggoda.

Jika berwisata di Maluku, Anda harus mencoba olahan laut yang segar seperti lobster, udang, ikan hingga rumput laut.

Deretan Makanan Khas Maluku Terpopuler

Selain itu, Anda bisa menikmati itu semua dengan pemandangan yang cantik. Deretan rekomendasi kuliner Maluku ini wajib banget dicoba jika berkunjung ke Indonesia timur ini.

1. Ikan Kuah Pala Banda

Kuliner yang pertama adalah ikan kuah pala banda yang memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah dan sangat lezat dimakan beramai-ramai di pinggir pantai. Hidangan berkuah satu ini cukup memberikan kesegaran para pecinta kuliner ditambah lagi makan dengan papeda atau nasi hangat.

Olahan kuliner ini merupakan kombinasi asam dan pedas yang berasal dari buah pala. Umumnya, ikan kuah pala banda ini disantap bersama dengan urap yang terbuat dari daun pepaya dan ikan kakap merah yang dibakar. Menambah kenikmatan bisa ditambah dengan sambal ikan cakalang.

2. Papeda

Siapa yang tak mengenal kuliner papeda yang terbuat dari bubur sagu, yang biasanya disajikan dengan olahan ikan seperti tongkol atau ikan mubara yang sudah dibumbui dengan kunyit. Makanan khas Maluku satu ini bahkan bisa dinikmati dengan ikan lainnya ikan gabus, atau ikan kue.

Olahan papeda ini memiliki tekstur yang lengket dan memiliki rasa yang hambar. Sangat disarankan menikmati papeda dalam keadaan panas dan hangat. Tentunya sebelum menyantap makanan ini, Anda harus belajar cara makannya yang cukup unik dengan langsung menyedot dari piring.

3. Sagu Woku Komo-Komo

Selanjutnya ada makanan lainnya juga yang memakai bahan dasar sagu lalu ditambahkan dengan bawang putih, jeroan ikan, jahe serta serai. Cukup kaya rasa makanan khas satu ini dijamin bikin ngiler para pecinta olahan ikan dan apalagi ikan di Maluku dijamin dimasak saat masih segar.

Nah, yang membuat makanan ini sangat populer adalah makanan ini menggunakan daun woku sebagai bungkus makanannya. Tak hanya rasanya, cara bungkus dan penyajiannya nggak kalah unik. Olahan sagu woku komo-komo ini cocok banget dijadikan lauk nasi atau dimakan dengan papeda.

4. Talam Sagu Bakar

Makanan khas Maluku lainnya yang nggak kalah populer adalah talam sagu bakar. Tetap menggunakan bahan dasar sagu, makanan satu ini merupakan makanan cemilan atau jajanan. Dibuat dari sagu yang direndam lalu dihaluskan dan dicampur bersama gula merah cair.

Bahan dasar keduanya lalu diaduk bersamaan dengan gula pasir hingga teksturnya mengental. Adonan cemilan tersebut ditambahkan dengan beberapa bahan seperti kacang merah, kenari yang sudah dibakar, dan mentega. Cemilan unik ini memiliki rasa yang manis dan gurih dari kenari, lho.

5. Sambal Colo-colo

Tak hanya sambal cakalang yang jadi andalan di Maluku, namun sambal colo-colo ini juga tak boleh ketinggalan saat menyantap makanan khas di sana. Makanan khas dari daerah Ambon ini dikenal memiliki rasa yang pedas dan memberikan nafsu makan jika disantap dengan nasi hangat.

Bahan dasar sambal ini hampir sama dengan sambal lainya, seperti tomat, bawang merah, cabe rawit yang diiris tipis, dan diberi tambahan jeruk nipis ulek serta garam. Makanan khas Maluku satu ini cocok banget dihidangkan dengan lalapan daun kemangi, kenari mentah, hingga kacang.

6. Ikan Komu Asar

Selanjutnya ada olahan ikan komu asar yang nggak kalah populer di deretan makanan khas Maluku lainnya. Menggunakan bahan dasar ikan cakalang, tentu saja olahan khas ini sangat lezat. Proses memasak ikan komu asar ini cukup unik, yaitu dengan ditusuk bambu lalu diasap 1 jam.

Namun selain cakalang, beberapa ikan lainnya juga bisa digunakan sebagai bahan utama makanan ini, seperti ikan tuna dan tongkol. Jika Anda berkunjung dan berwisata ke Maluku, jangan lupa cobain kuliner khas Maluku satu ini dengan sambal colo-colo dan nasi hangat, dijamin bikin ngiler.

7. Nasi Lapola

Tak hanya dikenal dengan olahan sagu saja, namun tak semua makanan khas Maluku juga mengonsumsi nasi. Seperti makanan khas salah satunya adalah nasi Lapola satu ini. Hidangan ini menggunakan bahan berbahan dasar kacang tolo yang direbus dan kelapa parut serta garam.

Cara memasak berasnya cukup unik yaitu dengan api kecil hingga setengah matang. Setelah dimasak hingga setengah matang dan dicampur dengan kacang tolo rebus serta garam dan diaduk bersama dengan kelapa parut. Setelah tercampur, adonan tersebut dikukus hingga matang.

8. Kohu Kohu dengan Kasbi Rebus

Memiliki tampilan seperti sayur urap apabila di masakan Jawa, olahan makanan kohu-kohu dan kasbi rebus ini berbahan dasar ikan teri basah. Diolah dengan cara dicampurkan dengan bahan lain seperti taoge, kacang panjang yang sudah direbus, dan bahan lainnya seperti taoge dan kelapa.

Bahan tersebut semua akan dicampur rata dan diberi bumbu yang diberi jeruk nipis, bawang merah, serta bawang putih dan cabai untuk campuran rebusan sayur serta kacang-kacangan yang tadi sudah direbus. Nantinya makanan khas Maluku ini akan disajikan dengan singkong rebus atau kasbi.

9. Bubur Sagu Ubi

Menjadi makanan yang populer dan jadi favorit orang Maluku ini adalah bubur sagu ubi yang memiliki bahan utama sagu dan ubi merah yang direbus. Bahan lainnya yang dicampur adalah gula merah, gula pasir serta daun pandan yang dimasak serta diaduk hingga larut.

Untuk penyajiannya sangat mudah, Anda perlu mencampurkannya sagu yang sudah lunak dan dicampur dengan ubi merah rebus. Setelah dicampur, Anda bisa menambahkan santan kental dan taburan kenari di atasnya. Makanan khas Maluku ini bisa jadi menu sarapan Anda saat di sana, lho.

10. Acar Kuning

Bila berlibur ke Maluku, jangan lupa mencicipi makanan khas Maluku satu ini yaitu acar kuning. Olahanan makanan acar yang terbuat dari berbagai macam sayuran seperti wortel, bawang, hingga timun ini direndam di dalam kuah asam. Cocok sekali menjadi pelengkap saat berkuliner.

Bahan makanan khas Maluku satu ini ditambah dengan rebung, nanas, daun salam, mentimun hingga cabai merah, dan kecipir muda. Bahan tersebut dihaluskan dan ditumis hingga matang lalu makanan pendamping ini disajikan sebagai pelengkap makanan lainnya.

Kuliner Indonesia tak ada habisnya jika terus dikupas, sama halnya dengan makanan khas Maluku yang memiliki berbagai macam rasa dan rempah pilihan. Beragam olahan ikan hingga sayuran, bahkan papeda sangat populer di kalangan wisatawan hingga penduduknya sendiri.

Jika Anda bertandang ke timur Indonesia ini, deretan rekomendasi makanan di atas bisa menjadi referensi untuk dicicipi. Dijamin bikin ngiler dan menggugah selera siapa saja yang mencicipinya.

Berita berikutnya10 Tempat Wisata di Lombok Terpopuler