14 Makanan Khas Manado Paling Enak!

makanan khas manado
images by: reseppedia.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Manado adalah menu wajib yang harus Anda cicipi saat berwisata di kota ini.

Jika berbicara tentang makanan khasnya, Anda pasti tidak asing dengan menu ayam rica rica serta bubur Manado yang sudah sangat populer kelezatannya.

Tentunya ada banyak kuliner khas lain di Kota Manado yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Agar tidak penasaran, berikut ini adalah beberapa kuliner khas Manado yang wajib masuk dalam agenda kulineran Anda bersama keluarga:

Makanan Khas Manado yang Wajib Dicoba

Makanan khas Manado menyajikan cita rasa yang benar-benar mantap dan menggugah selera. Ada banyak pilihan menu makanan yang pastinya akan membuat selera makan Anda semakin meningkat, seperti berikut ini:

1. Ayam Rica Rica

Ayam Rica Rica
Images by: Kompas.com

Ayam rica rica merupakan salah satu ikon kuliner Kota Manado yang terkenal dengan cita rasa pedasnya yang benar-benar mantap.

Rica sendiri diartikan sebagai cabe atau pedas. Bahan utama yang digunakan adalah ayam dan dibumbui dengan cabe yang pedasnya menggigit.

Makanan khas Manado ini biasanya dihidangkan bersama nasi hangat dan perasan jeruk nipis untuk menambah cita rasa asam.

Dengan tekstur daging yang empuk dan bumbu pedas yang meresap sempurna, Anda tidak akan rela untuk berhenti menikmati kelezatannya.

2. Ayam Isi Buluh

Ayam Isi Buluh
Images by: blog.property145.com

Kuliner khas Manado ini juga terkenal dengan cita rasanya yang menggugah selera. Terbuat dari daging ayam sebagai bahan utamanya, ayam isi buluh diolah dengan teknik memasak yang unik di dalam buluh atau bambu.

Pada sajian ini ayam ditumis terlebih dahulu dengan rempah-rempat, kemudian dibungkus daun pisang.

Selanjutnya dimasukkan ke dalam bambu atau buluh dan dipanggang di atas bara api hingga matang berwarna kecoklatan. Dari aromanya saja, Anda akan tergoda untuk mencicipinya.

3. Ayam Woku Belanga

Ayam Woku Belanga
Images by: resepyummy.com

Makanan khas Manado ini masih menggunakan ayam sebagai bahan utamanya, namun untuk bumbu dan cita rasanya agak berbeda.

Bumbu woku sendiri memiliki komposisi yang cukup banyak seperti bawang merah, bawang putih, cabe hijau dan merah, jahe, serta sereh.

Selain itu, juga dilengkapi dengan kunyit, daun jeruk, daun pandan, daun bawang, air perasan jeruk nipis, tomat dan daun kemangi.

Meskipun bumbunya cukup melimpah, namun untuk proses memasaknya tidak terlalu lama.

Pada menu ayam woku belanga ini Anda bisa mencicipi versi ayam woku yang berkuah encer atau ayam woku yang berkuah kental sesuai selera.

Meskipun versinya ada yang kental dan encer, namun untuk urusan rasa sama-sama menggugah selera.

4. Ayam Tuturaga

Ayam Tuturaga
Images by: cookpad.com

Makanan khas Manado ini merupakan olahan daging ayam yang disajikan dengan kuah santan sehingga cita rasanya semakin menggoda.

Sekilas memang mirip opor ayam, namun ada tambahan perasan jeruk nipis dan cabe yang menghasilkan sensasi rasa asam pedas.

5. Tinutuan

Tinutuan
Images by: resepmami.info

Manado terkenal dengan sebutan Kota Tinutuan, hal ini rupanya berkaitan erat dengan makanan khasnya yang bernama tinutuan.

Sajian tradisional ini merupakan olahan bubur yang dimasak dengan bumbu dan teknik memasak khas Manado.

Berbeda dari bubur ayam, bubur Manado ini justru tidak menggunakan daging ayam di dalamnya. Bubur ini hanya berisi sayuran dan banyak dijadikan sebagai menu sarapan pagi yang pastinya menyehatkan.

Tinutuan sendiri sering disajikan bersama lauk pelengkap lainnya seperti perkedel, ikan asin, perkedel jagung dan juga sambal roa. Cita rasa bubur yang lembut dan komposisi rasa yang begitu unik membuat siapapun tergoda untuk mencicipinya.

6. Cakalang Fufu

Menu khas Manado lainnya yang tidak kalah unik adalah cakalang fufu yang terbuat dari ikan cakalang.

Ikan cakalang sendiri banyak ditemukan di wilayah perairan Manado, sehingga masyarakat Manado mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan, termasuk cakalang fufu.

Makanan khas Manado ini banyak dicari oleh wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Proses pengasapan pada ikan cakalang yang sudah dibumbui ini membuat cakalang fufu awet dan mampu bertahan selama kurang lebih 1 bulan dalam suhu ruangan.

7. Ikan Kuah Asam

Jika Anda ingin menikmati olahan ikan yang segar dan nikmat, maka ikan kuah asam bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Sajian khas Manado ini menyajikan cita rasa kuah yang segar dan asam dengan daging ikan yang gurih di dalamnya.

Selain menyajikan sensasi asam yang begitu segar, ikan kuah asam juga memiliki cita rasa pedas yang menggoda. Dengan begitu, maka tetap identik dengan kuliner khas Manado yang memang terkenal pedasnya.

8. Pampis

Makanan khas Manado ini terbuat dari suwiran daging ikan cakalang yang dibumbui dengan aneka rempah di dalamnya.

Berbeda dari cakalang fufu yang diasap, pampis dimasak hingga kering. Olahan ini biasanya digunakan sebagai isian untuk menu makanan lain seperti panada.

9. Ikan Bakar Sambal Dabu-Dabu Lilang

Menikmati ikan bakar dengan sambal memang memberikan kenikmatan tersendiri. Demikian juga dengan sajian ikan bakar sambal dabu-dabu lilang khas Kota Manado ini. Dabu-dabu lilang sendiri bisa diartikan sebagai sambal yang dipotong-potong.

Perpaduan antara ikan bakar yang memiliki aroma khas dan rasa gurih serta pedasnya sambal dabu-dabu lilang akan sangat menggugah selera. Tidak heran jika sajian pedas ini banyak dicari oleh wisatawan yang gemar dengan makanan ekstra pedas.

10. Mie Cakalang

Jika Anda adalah penggemar mie, maka sajian mie cakalang khas Manado ini wajib mampir di lidah Anda. Sesuai dengan namanya, mie cakalang memadukan olahan mie dengan daging ikan cakalang, sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan menggugah selera.

Mie cakalang dihidangkan bersama kuah bening yang gurih pedas, ditambah taburan bawang goreng di bagian atasnya. Sementara untuk menambahkan rasa pedas, Anda bisa melengkapinya dengan sambal merah atau sambal ijo.

11. Sayur Ganemo

Makanan khas Manado yang dikenal dengan sebutan sayur ganemo ini terbuat dari campuran bunga pepaya, daun melinjo dan labu kuning. Hidangan tradisional ini bisa Anda temukan di rumah makan khas Manado.

12. Panada

Jajanan khas Manado ini sekilas mirip dengan kue pastel dengan bagian pinggirnya yang bergerigi. Namun kedua jenis makanan ini tidaklah sama, karena panada dibuat dari adonan yang mirip roti sehingga teksturnya cenderung halus.

Sementara untuk isiannya pun berbeda, karena panada diisi dengan ikan cakalang atau jenis ikan lainnya. Dengan sensasi rasa yang unik dan enak, panada akan sangat cocok jika dinikmati bersama secangkir teh atau kopi di pagi sore hari.

13. Nasi Jaha

Makanan khas Manado ini terbuat dari campuran beras dan beras ketan yang dimasak bersama santan sehingga membuat cita rasa yang gurih. Proses memasak nasi jaha menggunakan tungku kayu bakar dan biasanya dihidangkan bersama pampis.

14. Gohu

Gohu adalah sejenis asinan khas Manado yang mungkin tidak Anda temukan di manapun. Menu asinan ini terbuat dari buah pepaya mengkal dan dicampur dengan kuah asam yang terdiri dari air, cabe, cuka, gula aren, jahe dan bakasang (telur/perut ikan yang difermentasi).

Makanan khas Manado sangatlah beragam, tentunya tidak cukup satu hari bagi Anda untuk mencicipi keunikan rasanya satu per satu. Nah, dari 14 menu yang telah diulas di atas, manakah yang menjadi favorit Anda?

Berita sebelumya14 Tempat Wisata di Tangerang Anti Mainstream
Berita berikutnya12 Tempat Wisata di Solo, Wajib didatengin!