10 Makanan khas Medan Enak dan Lezat

Makanan khas Medan
image by: id.tastemade.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Medan selalu memberikan keistimewaan tersendiri terutama untuk kuliner yang dijamin lezat.

Setiap makanan di Medan ini memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri masing-masing. Ada rasa manis, pedas dan juga legit yang bisa Anda rasakan di masakannya.

10 Rekomendasi Makanan Khas Medan

Pecinta kuliner Nusantara deretan makanan yang berasal dari Medan ini bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda yang hobi wisata kuliner di kota yang dijuluki Paris Van Sumatera.

Penasaran apa saja masakan Medan yang cukup lezat yang wajib Anda cicipi, yuk simak deretannya berikut.

1. Soto Medan

Soto Medan
image by: sahabatnestle.co.id

Beberapa daerah di Indonesia memiliki sajian Soto, tak mau kalah Medan juga memiliki Soto khas daerahnya.

Soto Medan ini memiliki ciri khas yang berbeda, karena dikenal dengan kuah santannya yang berwarna kuning dan kehijauan dengan tambahan bumbu jintan dan rempah lainnya.

Makana khas Medan ini memiliki isian yang sangat variatif seperti daging sapi hingga udang yang ada di dalamnya.

Cita rasa gurih dari santan ini cocok banget disajikan dengan taburan bawang goreng di atasnya. Sebagai pelengkap, Soto Medan ini biasanya disajikan dengan perkedel.

2. Bakso Lembu

bakso lembu
image by: kompas.com

Bakso merupakan salah satu makanan yang paling disukai orang Indonesia satu ini juga ada di Medan.

Bedanya jika bakso di Jawa berasal dari daging sapi, namun di Medan bakso terbuat dari daging lembu yang diolah bersama dengan tepung dan rempah-rempah yang bikin lezat.

Untuk rasanya, tentu saja sangat unik karena terbuat dari daging lembu. Makanan khas Medan satu ini memiliki rasa yang kuat dan kuah yang menggoyang lidah.

Umumnya di Medan, Bakso Lembu ini disajikan bersama dengan berbagai macam sate kerang dan bakso gorengnya yang renyah.

3. Kwetiau Ateng

Kuliner asal China dan diadaptasi di Indonesia, termasuk Medan menjadi salah satu makanan favorit.

Kwetiau Ateng menjadi salah satu makanan paling favorit di kota Medan dan sangat terkenal. Tekstur mienya yang lembut dan kenyal menambah cita rasa makanan satu ini.

Makanan khas Medan satu ini dimasak bersama dengan beberapa sayuran, seperti sawi, wortel dan kol.

Biasanya Kwetiau ini juga dimasak bersama dengan olahan seafood lainnya, seperti udang, bakso dan lainnya. Jika mampir ke Medan, jangan lupa untuk mencicipi kuliner satu ini ya.

4. Lontong Medan

Selanjutnya, makanan khas Medan yang nggak kalah lezat dan sangat populer adalah Lontong Medan.

Sajian yang gurih dan biasanya disajikan saat sarapan ini mudah sekali dijumpai saat Anda pergi ke Medan dijual di pinggiran kota di sekitar jalanan yang ada di sana.

Tak begitu sulit mencari makanan yang dijual dengan harga yang relatif murah ini. Anda bisa menikmati sarapan bergizi di Lontong Medan dengan isian lontong sambal teri kacang, mie, bumbu kacang serta kuah sayur. Lebih nikmat lagi jika dinikmati dengan telur, perkedel dan kerupuk.

5. Mie Gomak

Mie Gomak ini merupakan salah satu Spaghetti ala tanah Batak yang berasal dari Balige yang berada di kawasan tepian Danau Toba.

Makanan khas Medan ini menjadi salah satu sajian khas dan favorit masyarakat medan. Bagi wisatawan yang ke Danau Toba, kuliner ini wajib dicicipi.

Istimewanya lagi, makanan ini memiliki bentuk yang lebih besar daripada mie lainnya. Namun bagi warga Meda, mie yang biasanya diproduksi sendiri disebutnya mie lidi.

Sajian ini bisa dimakan dengan apapun. Makin lezat, Anda bisa menyantapnya dengan kuah lontong dan bumbu kacang.

6. Mie Aceh medan

Meski tempat asalnya ada di Aceh, namun Medan juga memiliki menu yang sama dan nggak kalah ikoniknya.

Mie Aceh Medan namanya, sajian ini menjadi makanan khas Medan yang memiliki rasa unik dan sangat istimewa. Bahkan Anda bisa mendapatkan kuliner lezat ini dengan mudah.

Kuliner ini juga biasanya diolah dengan bumbu rempah yang dicampur dengan sayuran seperti wortel, kol serta seafood di dalamnya.

Lebih lezatnya lagi, Mie Aceh Medan lebih enak jika dimakan dengan kerupuk. Untuk harganya, Mie Aceh Medan ini dibanderol sangat terjangkau.

7. Bihun Bebek

Menjadi salah satu makanan khas Medan yang cukup unik, sajian berbahan dasar bihun ini bisa menjadi pilihan untuk Anda pecinta kuliner bebek.

Olahan bihun dan menggunakan bebek sebagai lauknya ini memiliki cita rasa yang sangat unik dan tidak pernah Anda temukan di mana pun.

Kuliner yang cukup menarik banyak wisatawan ini menawarkan berbagai pilihan kuah kaldu yang bisa disiram ke bihun bebek ini.

Anda bisa mencoba kuah kaldu bebek untuk disiram ke Bihun atau kuah herbal. Bagi Anda yang penasaran, langsung saja cari kuliner satu ini saat berada di Medan.

8. Kari Bihun Tabona

Selanjutnya ada kuliner yang kaya akan rempah-rempah dan menjadi makanan khas Medan yaitu kari Bihun Tabona.

Kari sendiri dikenal kuahnya yang kental dan rasa yang lezat dan memiliki aroma yang khas dan bumbu yang penuh dengan cita rasa yang gurih dari santannya.

Kari Bihun Tabona sendiri berisi bumbu kari dan irisan daging serta bihun serta irisan lontong di dalamnya.

Namun jika tak ingin menyantapnya dengan lontong, Anda bisa menyantapnya dengan nasi hangat. Makin lezat, Anda bisa menambahkan kari bihun ini dengan bawang goreng.

9. Saksang

Kuliner Saksang ini diperuntukkan untuk penikmat kuliner non-halal saja, karena makanan satu ini berbahan dasar babi, anjing hingga kerbau.

Olahan daging tersebut lalu dicincang kasar dan dibumbui dengan rempah-rempah serta santan yang membuat daging tersebut kaya akan rasa.

Saksan sendiri biasanya disajikan dengan menggunakan darah hewan yang sudah dimasak atau campuran rempah biasa.

Umumnya Kuliner Saksang ini digunakan suku Batak dan merupakan hidangan wajib di sana. Makanan ini banyak ditemui wisatawan di warung makan Batak Karo.

10. Rujak Kolam

Hampir di wilayah Indonesia memiliki jenis salad buah masing-masing di setiap daerahnya, termasuk di Medan.

Salad buah di medan ini diberi nama Rujak Kolam, nama kolam sendiri merupakan awal mula salad buah ini dijual, yaitu di dekat Kolam Deli. Hal ini yang mempengaruhi nama kolam itu.

Rujak Kolam sendiri merupakan salah satu makanan khas Medan yang terkenal dan memiliki cita rasa yang pedas.

Bagi pecinta rujak, pasti tak boleh melewatkan makanan pedas namun menyegarkan satu ini. Buah-buahannya sendiri terdiri dari jambu air, mangga hingga pepaya.

Cukup beragam, deretan makanan khas Medan di atas bisa menjadi referensi Anda saat bertandang ke kota ini.

Beberapa makanan di Medan memiliki cita rasa yang sangat unik dan menarik, tentunya tak bisa Anda temukan di wilayah lain.

Olahannya yang penuh dengan rempah-rempah dan rasa yang gurih karena kebanyakan makanan di Medan menggunakan santan ini sangat cocok dengan lidah para wisatawan yang berasal dari mana saja. Bagi Anda yang pecinta kuliner, jangan lupa cicipi sajian khas Medan di atas ya

Berita sebelumya10 Tempat Wisata di Batam Terindah Wajib Dikunjungi
Berita berikutnya8 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Memanjakan Mata