11 Makanan Khas Melayu Paling Terkenal

Makanan Khas Melayu
Images by: Detik.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Melayu menjadi salah satu hal yang menarik untuk digali. Bukan hanya variasi tempat wisatanya saja, setiap daerah memiliki keanekaragaman sajian serta budaya.

Olahan bumbu yang digunakan juga berbeda sehingga masakan terasa semakin menawan.

Kebudayaan Melayu sangat kental dilestarikan di beberapa wilayah seperti Riau dan Pekanbaru.

Jika berkunjung ke salah satu kota tersebut, Anda harus menyempatkan waktu untuk menyantap sajian tersebut. Kuliner Melayu memiliki cita rasa yang gurih, asam dan pedas dengan kuah yang kental.

Deretan Makanan Khas Melayu yang Unik

Beberapa sajian sudah terlihat menarik dari namanya. Keunikan tersebut membuat semakin ingin mencobanya. Setiap sajian memiliki sensasi yang berbeda, mulai dari pemilihan bahan yang digunakan, bumbu rempahnya hingga cara penyajiannya.

Beberapa komponen tersebut akan membuat sajian terasa lebih menarik untuk disantap. Berwisata kuliner bisa menjadi pengalaman yang seru dan tidak terlupakan. Berikut beberapa referensi sajian unik Melayu yang patut dicicipi:

1. Kue Asidah

Jenis kue yang sangat ini sangat mampu menonjolkan cita rasa yang menawan. Perpaduan kayu manis, daun pandan dan cengkeh membuat sajian ini bukan hanya wangi, namun juga lezat. Adonan kue akan dikukus selama 20 menit agar hasilnya lebih lembut dan terasa manis.

Sajian ini umumnya dihidangkan untuk menjadi makanan pembuka. Untuk membuat rasanya terasa gurih, ditambahkan bawang goreng saat disajikan.

2. Cencalok

Makanan khas Melayu Cencalok memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bagus untuk tubuh. Bahan yang digunakan untuk pembuatan masakan ini adalah udang kecil yang sudah melalui proses fermentasi.

Durasi pembuatan masakan ini membutuhkan waktu yang lama karena harus melewati beberapa proses. Sebelum diolah, udang harus dibersihkan terlebih dahulu kemudian ditaburi dengan garam kasar.

Olahan tersebut dimasukkan ke dalam wadah yang sudah ditutupi oleh kasa tebal dan harus disimpan selama kurang lebih 30 hari. Setelah proses fermentasi, bahan utama akan dicampur bersama dengan sambal matah atau bawang untuk kemudian dihidangkan dengan nasi.

3. Mie Sagu

Makanan ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung bahan-bahan yang menyehatkan.

Hal yang membuat sajian ini terasa unik adalah penggunaan komponen tambahan seperti daun kucai, tauge dan ikan teri.

Selain disantap langsung, sajian ini bisa Anda jadikan sebagai bahan oleh-oleh. Cita rasa masakan ini didominasi dengan rasa manis gurih yang menyehatkan. Mie sagu akan ditumis bersama komponen lainnya kemudian diberikan bumbu khas.

4. Sup Tunjang

Makanan khas Melayu yang satu ini sangat cocok disajikan saat musim dingin. Hal tersebut karena kuah sup lebih enak jika dimakan saat panas. Aroma dari sajian ini akan langsung keluar dan membuat lidah tak sabar untuk mencicipinya.

Jika dilihat dari penampilannya, sup ini terlihat mirip dengan sup buntut. Hanya saja rempah yang digunakan sebagai olahan berbeda.

Sup tunjang dibuat dari beragam jenis rempah diantaranya jahe, kayu manis, bawang putih, cengkeh dan bawang merah.

Cita rasa sajian ini sangat segar dan bernutrisi sehingga bisa langsung mengembalikan stamina Anda yang sempat menurun.

5. Mieso

Makanan dengan nama unik ini telah menjadi ikon kuliner budaya Melayu yang melegenda. Sajian ini mudah ditemukan dan banyak dijual di wilayah Pekanbaru. Ini merupakan jenis sajian sup yang paling terkenal dengan isiannya yang lengkap.

Satu porsi Mieso berisi suwiran ayam, mie putih, kulit ayam, mie kuning dan beberapa potong bagian ayam. Harga yang ditawarkan juga sangat murah.

Satu porsi Mieso dijual dengan harga 15 ribu rupiah. Menu makanan yang terasa gurih ini sangat ringan dan nyaman di lidah.

6. Ikan Asap Selais

Umumnya jenis ikan ini lebih sering diolah dengan cara digoreng atau dijemur kemudian dijadikan sebagai ikan asin. Namun, berbeda dengan budaya Melayu yang mengolah ikan ini menjadi makanan yang luar biasa nikmat.

Ikan akan diolah dengan cara diasapi kemudian diberikan bumbu pindang dan gulai. Bumbu akan meresap ke bagian ikan sehingga terasa nikmat.

Proses pengasapan membuat aroma sajian ini lebih menawan. Makanan ini paling pas dimakan dengan sambal. Makanan ini bisa Anda makan secara langsung atau dijadikan sebagai lauk pauk pendamping nasi.

7. Konde Cik Puan

Meskipun namanya terdengar aneh, namun makanan khas Melayu ini memiliki cita rasa khas yang tidak ada duanya. Makanan ini terbuat dari bahan utama berupa talas yang sudah dikukus kemudian dihancurkan.

Adonan talas kemudian dicampur dengan menggunakan bumbu seperti garam, tepung kanji dan penyedap rasa. Adonan tersebut dicampur hingga merata dan menjadi kalis.

Sebelum dikukus, adonan tersebut akan ditambahkan kacang hijau sebagai isian. Cita rasa otentik yang gurih dan manis menyatu di dalam mulut ketika Anda menyantapnya.

8. Asam Pedas Patin

Bahan utama pembuatan sajian ini adalah ikan patin yang dibumbui dengan rempah pilihan seperti jahe, serai, jeruk nipis, tomat, daun jeruk, air, lengkuas, kunyit dan garam. Semua bumbu rempah akan dihaluskan kemudian ditumis dan diberikan sedikit air.

Setelah bumbu terasa wangi, masukkan ikan patin yang sudah dibersihkan kemudian masak hingga matang.

Proses memasak membutuhkan waktu yang cukup lama agar bumbu bisa meresap ke daging ikan. Perpaduan cita rasa asam, gurih pedas akan membuat siapa saja ketagihan.

9. Nasi Dagang

Makanan khas Melayu yang satu ini pasti akan membuat ketagihan. Banyak pendatang yang tidak puas hanya dengan menyantap satu porsi saja. Nasi ini tampak istimewa karena dimasak dengan menggunakan santan sehingga rasanya lebih gurih.

Olahan nasi ini biasanya disajikan bersama dengan lauk pauk seperti ikan tongkol dengan kuah kari dan acar. Sensasi rasa gurih, pedas dan asam akan berpadu sehingga menciptakan rasa yang meledak di mulut.

10. Mie Lendir

Meskipun Namanya agak sedikit membuat kurang nyaman, namun sajian ini memiliki rasa yang menarik untuk dicoba.

Berbeda dengan jenis mie pada umumnya. Sajian ini menggunakan campuran sagu dan juga bumbu rempah sehingga membuat rasanya semakin otentik.

Penambahan tepung sagu membuat kuah mie terlihat semakin kental dan terlihat seperti berlendir. Tekstur mie dari sajian ini sangat kenyal dan terasa nikmat.

11. Keropok Lekor

Dalam bahasa Indonesia, keropok lekor diartikan sebagai kerupuk ikan. Meskipun umumnya hanya dijadikan sebagai makanan pelengkap, namun jenis cemilan ini sangat renyah dan enak. Rasanya kurang lengkap jika makan tanpa adanya keropok lekor.

Makanan khas Melayu ini diolah dengan menggunakan bahan dasar ikan laut yang dicampur dengan tepung sagu kemudian digoreng hingga matang. Cemilan ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa ikan yang terasa nikmat.

Makanan khas Melayu bukan hanya bisa disantap secara langsung, namun juga bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Perhatikan pembuatan bahan makanan dengan baik sehingga bisa memastikan ketahanannya, agar masih tetap enak disantap dalam beberapa hari.

Berita sebelumya9 Makanan Khas Makassar Paling Terkenal
Berita berikutnya8 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal Enak