10 Variasi Makanan Khas Minangkabau Unik

Makanan Khas Minangkabau
Images by: Pegipegi.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Minangkabau terkenal dengan rasanya yang pedas. Hal tersebut bahkan telah menjadi sebuah karakteristik dari wisata kuliner di wilayah tersebut.

Meskipun didominasi dengan rasa pedas, namun ada juga sajian masakan yang terasa gurih.

Karakteristik bumbu pedas yang terdapat pada setiap masakan berasal dari aneka rempah khas yang digunakan sebagai bahan baku utama pembuatannya.

Variasi Makanan Khas Minangkabau yang Pedas Nagih

Sajian Minangkabau mungkin lebih dikenal dengan sebutan masakan Padang. Porsinya yang cukup besar dan beraneka ragam membuat Anda bisa langsung kenyang ketika menyantapnya.

Ciri khas masakan daerah ini adalah menggunakan bahan utama santan dan daging. Berikut beberapa jenis sajiannya:

1. Sala Lauak Minangkabau

Makanan khas Minangkabau ini tampak sangat istimewa. Sala lauak dibuat dari bahan dasar ikan yang dihaluskan kemudian dibentuk seperti bakso. Jika umumnya bakso diolah dengan cara direbus, sajian ini dimasak dengan cara digoreng.

Cita rasa menu masakan ini terpancar dari bentuknya luarnya yang garing namun empuk bagian dalamnya.

Aromanya ketika digoreng membuat Anda berselera untuk memakannya. Ikan yang digunakan merupakan bahan pilihan yang tentunya masih segar, sehingga membuat sajian ini cocok untuk lauk maupun cemilan.

2. Dendeng Balado

Menu makanan yang satu ini tentu sudah sangat dikenal bahkan telah menjadi primadona. Olahan daging sapi yang diiris tipis dan lebar ini biasanya dijadikan sebagai lauk.

Dibalut dengan bumbu balado yang terbuat dari bahan dasar bawang, jeruk nipis, cabai dan rempah pilihan membuat daging terasa empuk dan garing. Pertama daging sapi akan dipotong lebar dan tipis, kemudian digoreng setengah matang hingga agak kering.

Setelah itu, daging ditumis bersama dengan bumbu balado hingga benar-benar kering. Sajian ini cukup awet sehingga bisa disimpan di dalam kulkas.

3. Sate Padang

Sate Padang merupakan makanan khas Minangkabau yang paling terkenal hingga ke mancanegara. Sajian ini terbuat dari bahan utama seperti lidah sapi, daging sapi hingga jeroan.

Saat disajikan, makanan ini akan disiram dengan bumbu kacang bertekstur kental berwarna kuning kecoklatan. Bahan utama diolah dengan cara dibakar sehingga terasa kenyal dan empuk.

Bumbu kental dibuat dari campuran rempah dan kacang sehingga perpaduannya menjadi sempurna. Di bagian atasnya akan ditaburi bawang goreng agar terasa gurih. Biasanya menu makanan ini disajikan bersama kerupuk kulit atau keripik pedas.

4. Lompong Sagu Minangkabau

Menu makanan ini sangat unik dan wajib dicoba. Terbuat dari sagu membuat rasa sajian ini terasa gurih. Dalam proses pengolahannya, sagu akan ditambahkan dengan parutan kelapa, pisang kapok, dan gula merah.

Adonan sagu akan dibungkus bersama dengan bahan pelengkap menggunakan daun pisang kemudian dipanggang. Tekstur sajian ini sangat kenyal dan gurih namun memiliki rasa yang manis ketika digigit.

Aroma yang keluar dari daun pisang membuat cita rasanya semakin keluar. Anda harus mengonsumsi sajian ini ketika masih dalam keadaan hangat, karena jika telah dingin kemungkinan agak keras. Hal tersebut terjadi karena teksturnya yang kenyal seperti karet.

5. Gulai Banak

Dalam bahasa Minangkabau, banak artinya adalah otak sapi. Makanan khas Minangkabau yang terbuat dari otak sapi ini sangat digemari oleh banyak penduduk lokal maupun pendatang.

Otak sapi dipotong menjadi beberapa bagian kecil dicampur dengan bumbu gulai yang terdiri dari rempah pilihan yang kaya rasa.

Untuk memberikan rasa khas yang unik, sajian ini ditambahkan dengan irisan daun mangkok. Dengan tekstur kuahnya yang kental dan rasanya pedas manis membuat makanan ini enak dijadikan menu utama.

6. Palai Rinuak Minangkabau

Bentuk makanan khas Minangkabau ini mirip dengan pepes yang terbuat dari bahan utama ikan rinuak. Jenis ikan yang banyak ditemukan di wilayah Sumatera Barat ini memiliki bentuk fisik yang kecil dan tipis seperti teri.

Bahan utama berupa ikan akan dibumbui dengan rempah pilihan yang dicampurkan dengan parutan kelapa, kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Kukus sajian tersebut beberapa saat hingga bumbu meresap ke bagian ikan dan membuatnya empuk. Sajian ini menghadirkan rasa rempah yang kental dengan cita rasa pedas, gurih, dan lezat.

7. Rendang

Sajian asal Minangkabau ini sudah tidak asing bagi kebanyakan orang, bahkan rendang sudah sangat populer di luar negeri. Banyak wisatawan asing yang ingin mencoba kelezatan dari makanan ini.

Menggunakan bahan dasar daging sapi membuat makanan ini cocok untuk lidah semua orang. Keunikan dari menu makanan ini adalah bumbu yang digunakan untuk mengolah dagingnya.

Bumbu rempah dihaluskan kemudian dicampur dengan santan, dimasak sebentar hingga wangi kemudian dimasukkan daging. Masak daging hingga matang dan menjadi empuk, kuah bumbu juga akan surut lama kelamaan karena meresap ke bagian daging.

Rendang perlu dimasak sekitar 30 menit lebih agar daging dapat dipastikan empuk. Selama proses memasak, bumbu akan terus diaduk hingga habis dan meresap.

Rendang merupakan makanan yang awet dan bisa dihangatkan kembali sehingga bisa dikonsumsi dalam beberapa hari.

8. Gulai Masin Ikan

Bahan dasar pembuatan makanan khas Minangkabau yang satu ini adalah ikan jenis air tawar atau laut. Di Minangkabau sendiri sebenarnya banyak sekali sajian gulai yang terbuat dari berbagai bahan, misalnya ikan, ayam, hingga daging.

Namun, yang paling populer adalah jenis ikan. Umumnya, ikan yang digunakan sebagai bahan pembuatan gulai adalah tongkol, ikan mas, kakap, dan tenggiri.

Sajian ini terlihat sangat menonjol karena memiliki kuah kuning kental yang terbuat dari campuran santan dan beberapa rempah pilihan.

Bahkan terasa sangat lezat jika Anda makan nasi dengan menggunakan kuah tersebut. Sajian masakan ini memiliki nilai cita rasa yang cukup kompleks terdiri dari rasa gurih, asin, manis, dan pedas.

9. Lamang Tapai Minangkabau

Jajanan dari Minangkabau ini terasa sangat khas karena memiliki tekstur yang legit. Bahan utama masakan ini adalah ketan yang sudah diolah serta dimasak bersama dengan santan kelapa murni.

Adonan tersebut akan dimasukkan ke dalam bambu yang sudah dibersihkan untuk kemudian dibakar hingga matang. Jajanan ini memiliki rasa yang manis dan asam sehingga terasa unik.

Ini merupakan jenis makanan sampingan yang cukup mengenyangkan. Makanan ini bisa dikonsumsi bersama tape atau dimakan begitu saja secara langsung.

10. Nasi Kapau

Nasi kapau dikenal juga dengan nasi ramesan yang terdiri dari berbagai lauk misalnya nasi, lauk pauk seperti gulai, ikan dan lain sebagainya. Ciri khas utama dari sajian ini adalah gulai nangka yang ditambahkan dalam porsi.

Lauk pauk yang dihidangkan bersama nasi ini bisa disesuaikan dengan selera pembeli. Lauk pauk dan nasi akan diletakkan pada wadah yang sama agar bisa dimakan bersamaan.

Informasi tentang makanan khas Minangkabau menambah pengetahuan Anda tentang kekayaan sajian nusantara yang sangat beragam dan memiliki cita rasa tersendiri.

Setiap daerah memiliki karakteristik dan cara tersendiri untuk mengolah makanan sehingga terasa berbeda.

Berita sebelumya14 Tempat Wisata Di Bogor yang Kece dan Murah
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Jakarta Medan Murah Cepat Mulai Rp 2.500/kg