14 Makanan Khas Padang dengan Cita Rasa Rempah yang Otentik

makanan khas padang
Images by: primarasa.co.id
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Padang adalah salah satu kekayaan kuliner Nusantara yang menjadi kebanggaan bangsa. Salah satunya adalah rendang yang menjadi menu populer dan keberadaannya sudah sangat terkenal hingga ke seluruh penjuru tanah air.

Masakan Padang sendiri identik dengan kekayaan rempah yang menjadi bumbu utama dalam setiap masakannya. Tidak heran kalau kemudian rendang dikenal sebagai salah satu makanan paling enak di dunia. Selain rendang tentu masih ada menu lainnya yang bisa dicicipi saat berada di Padang.

Makanan Khas Padang dengan Cita Rasa Rempah yang Otentik

Menu masakan khas Padang memang terkenal dengan bumbu rempahnya yang kuat sehingga dari aromanya saja sudah menggugah selera. Selain rendang, berikut ini adalah beberapa menu khas Padang dengan cita rasa rempah yang begitu kaya:

1. Kalio Daging

Olahan daging sapi ini sebenarnya merupakan masakan rendang setengah jadi dengan kuah yang belum mengering. Jika dibandingkan dengan rendang, kalio daging cenderung memiliki kuah yang kental dengan tekstur daging yang cukup empuk.

Makanan khas Padang ini diracik dengan aneka bumbu rempah yang sangat lengkap sehingga menghasilkan aroma dan cita rasa yang benar-benar otentik. Untuk cita rasanya sendiri sedikit berbeda dari rendang karena tidak terlalu pedas.

2. Gulai Gajeboh

Seperti masakan khas Padang pada umumnya, gulai gajeboh juga menyajikan cita rasa yang kaya rempah dengan bahan utama daging sapi. Bumbu yang kaya rempah dan proses memasak yang tepat membuat bumbu mampu meresap sempurna ke dalam daging.

Makanan khas Padang ini merupakan salah satu menu yang difavoritkan oleh banyak orang termasuk wisatawan. Adapun bagian daging sapi yang digunakan untuk memasak menu ini adalah pada punuknya sehingga kandungan lemaknya cukup tinggi.

3. Gulai Tunjang

Seperti namanya, gulai tunjang menggunakan kaki sapi sebagai bahan utamanya sehingga menghasilkan cita rasa yang cukup unik. Sementara untuk bumbu rempahnya hampir sama seperti menu gulai pada umumnya.

Bumbu rempah yang digunakan untuk memasak menu ini terdiri dari kunyit, sereh, lengkuas, bawang merah, bawang putih, merica, jahe, dan aneka bumbu rempah lainnya. Bumbu rempah kemudian dipadukan dengan kuah santan kental dan kaki sapi.

Proses pemasakan yang cukup lama pada menu ini membuat daging yang menempel pada kaki sapi matang sempurna dan empuk sehingga bumbunya pun meresap. Selain itu, kuahnya juga sangat gurih karena terdiri dari kuah santan dan kaldu tulang kaki sapi.

4. Gulai Anyang

Makanan khas Padang ini masih seputar per-gulaian dengan cita rasa yang tidak kalah menggoda. Meskipun menggunakan jeroan sebagai bahan utamanya, namun bumbu rempah yang begitu kaya pada gulai ini menawarkan sensasi kelezatan yang tiada duanya.

5. Gulai Itiak

Selanjutnya ada gulai itiak yang bisa Anda jadikan alternatif pilihan jika bosan dengan menu daging sapi. Sesuai dengan namanya, gulai ini menggunakan daging itik sebagai bahan utamanya. Gulai ini memiliki cita rasa gurih dan pedas yang begitu menggugah selera.

Makanan khas Padang ini menggunakan bumbu rempah seperti jahe, lengkuas, kunyit, cabe keriting hijau, daun salam, daun jeruk hingga daun kunyit dengan aromanya yang sangat khas. Sementara untuk daging itiknya menggunakan itik muda sehingga teksturnya cukup empuk.

6. Soto Padang

Jika sebelumnya Anda dimanjakan dengan menu berkuah santan khas Padang yang gurihnya menggoda, kali ini Anda harus mencicipi kelezatan soto Padang yang tidak kalah istimewa. Menu soto ini disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan irisan daging sapi yang digoreng.

Untuk daging sapinya sendiri digoreng garing dan diolah menjadi dendeng sehingga cita rasanya cenderung manis gurih. Sementara dalam penyajiannya, soto Padang juga dilengkapi dengan perkedel kentang serta mie bihun.

7. Sate Padang

Seperti olahan sate pada umumnya, sate Padang juga diolah dengan cara dibakar. Tapi, yang menjadi pembeda sate Padang dengan sate pada biasanya terletak pada bumbunya. Sebab, sate Padang menggunakan bumbu kuning kaya rempah dan bukan kuah kacang.

Makanan khas Padang ini memang sangat menggugah selera, tidak heran jika banyak wisatawan yang mencari menu ini saat berwisata di Kota Padang. Sensasi rasa yang kaya rempah pada hidangan sate ini membuat siapapun tergoda untuk mencicipinya.

8. Sate Lokan

Makanan khas Padang yang dikenal dengan sebutan sate lokan ini cukup unik dan mungkin tidak Anda temukan di tempat Anda. Lokan sendiri merupakan sejenis kerang laut yang bisa ditemukan di daerah Padang.

Pada menu sate ini, daging kerang dibakar menggunakan api pada tungku kayu bakar. Kemudian dibumbui dengan bumbu gulai yang kental dan kaya rempah sehingga menghasilkan aroma yang benar-benar bikin lapar.

Setelah matang, sate lokan dihidangkan bersama taburan bawang goreng dan selanjutnya bisa disantap bersama lontong atau nasi hangat.

9. Asam Padeh Daging

Berbeda dari menu berkuah santan pada masakan Padang lainnya, menu makanan ini justru tidak menggunakan santan. Sesuai dengan namanya, asap padeh daging memiliki cita rasa asam pedas yang tidak kalah menggoda.

Makanan khas Padang ini biasanya dibuat dari daging sapi, ikan tongkol ataupun sarden sebagai bahan utamanya. Sementara untuk menghasilkan rasa asam pada masakan menggunakan asam kandis kering.

10. Kalio Jariang

Berbeda dari kalio daging, kalio jariang terbuat dari jengkol yang dalam bahasa Minang dikenal dengan sebutan jariang. Menu ini menyajikan cita rasa jengkol yang khas berpadu dengan bumbu rempah yang kaya di dalamnya. Kalio Jariang sangat cocok bagi Anda yang suka jengkol.

11. Ketupek Pical

Bagi Anda yang suka dengan jajanan yang mengenyangkan, maka bisa mencoba ketupek pical yang menyajikan cita rasa unik khas Padang. Kuliner ini merupakan sajian ketupat, sayuran dan bihun yang kemudian disiram kuah gulai dan bumbu kacang.

Makanan khas Padang ini sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan atau sekedar pengganjal perut di saat lapar. Selain enak, menu ini juga cukup menyehatkan karena menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya.

12. Dendeng Balado

Sajian khas Padang ini terbuat dari daging sapi yang sudah diiris tipis kemudian dikeringkan sebelum digoreng. Dendeng balado sendiri dihidangkan dengan kuah sambal berwarna merah yang dari cabainya sendiri. Menu ini sangat cocok untuk Anda para pecinta masakan pedas.

13. Cancang

Makanan khas Padang ini dibuat dari sapi yang dicincang kecil kemudian dimasak menjadi gulai. Daging yang biasa digunakan untuk membuat masakan ini adalah yang berlemak. Selain daging sapi, cancang juga bisa dibuat menggunakan daging kambing.

14. Palai Rinuak

Kuliner khas Padang ini dibuat dari ikan rinuak yang merupakan ikan air tawar yang banyak ditemukan di Danau Maninjau. Dalam penyajiannya, ikan rinuak digoreng atau diolah menjadi pepes dengan baluran bumbu rempah dan parutan kelapa.

Makanan khas Padang memang sangat identik dengan bumbu rempah yang kaya di dalamnya. Jika Anda penggemar nasi Padang, maka mencicipi olahan khas langsung dari daerah asalnya bisa menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Rasanya dijamin otentik!

Berita sebelumya11 Tempat Wisata di Lampung Paling Populer
Berita berikutnya10 Tempat Wisata di Garut Anti Mainstream