14 Makanan Khas Palembang yang Paling Populer

makanan khas palembang
Image by: Travel.kompas.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Palembang menjadi salah satu kekayaan kuliner Nusantara yang menghadirkan cita rasa otentik nan menggugah selera.

Berbicara tentang kuliner khas Palembang, tentu Anda akan langsung teringat dengan pempek Palembang yang sangat melegenda.Selain pempek Palembang yang sudah sangat terkenal, tentu masih banyak kuliner khas lainnya dari Palembang yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Sebagai referensi, berikut ini adalah daftar rekomendasi makanan khas dari Palembang yang perlu Anda ketahui:

14 Daftar Rekomendasi Makanan Khas Palembang

Bagi Anda sedang berlibur atau berkunjung ke Palembang, berikut ini adalah 14 makanan khas dari Palembang yang paling populer dan wajib untuk Anda cicipi:

1. Pempek

Makanan khas Palembang yang paling populer adalah pempek Palembang dengan cita rasa kuah cukonya yang sangat khas. Makanan berbahan tepung sagu dan ikan ini menjadi salah satu ikon kuliner Kota Palembang yang terkenal hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

Menu satu ini memang menjadi favorit semua kalangan. Wisatawan pun sering berburu kuliner ini saat berkunjung ke Palembang, demi merasakan cita rasa asli pempek Palembang langsung di daerah asalnya.

Rasa pempek yang gurih dengan aroma dan rasa ikan yang khas memang sangat cocok disajikan bersama kuah cuko yang manis, asam, dan juga pedas. Untuk menambah rasa segar, pempek juga disajikan bersama irisan mentimun.

2. Lenggang

Menu selanjutnya yang tidak kalah melegenda dari pempek adalah lenggang yang juga terbuat dari adonan tepung sagu dan daging ikan. Kuliner khas Palembang ini memiliki tekstur yang lebih padat dan pengolahannya menggunakan daun pisang sehingga aromanya lebih sedap.

3. Tekwan

Makanan khas Palembang ini merupakan olahan bakso ikan yang lebih dikenal dengan sebutan tekwan. Sajian bakso ikan yang berkuah ini dihidangkan bersama dengan mie putih, jamur kuping, serta taburan daun bawang dan bawang goreng.

4. Celimpungan

Sama seperti pempek dan lenggang, celimpungan juga dibuat dengan bahan dasar ikan dan tepung sagu. Berbeda dari penyajian pempek yang menggunakan kuah cuko, celimpungan disajikan dengan kuah santan yang cukup kental

Makanan khas Palembang ini memiliki bentuk yang bulat pipih dengan cita rasa yang gurih dan tidak pedas. Biasanya celimpungan disajikan bersama irisan lontong dan juga kerupuk udang sehingga cita rasanya pun semakin nikmat.

5. Laksan

Masih dengan olahan ikan dan tepung sagu, laksan bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin menikmati kuliner khas Palembang. Meskipun mirip dengan pempek, namun penyajiannya seperti celimpungan yaitu dengan kuah santan.

Berbeda dari kuah celimpungan yang lebih kental dan berwarna kuning, laksan disajikan dengan kuah santan yang lebih ringan dengan warna kemerahan. Selain itu, bentuk laksan juga tidak bulat pipih seperti celimpungan melainkan oval.

6. Lakso

Makanan khas Palembang ini mempunyai bentuk yang unik meskipun terbuat dari adonan tepung beras dan tapioka. Bentuk lakso menyerupai mie dan disajikan bersama kuah santan yang tidak terlalu kental serta ikan tenggiri atau ikan gabus yang sudah direbus dan dihaluskan.

Dalam penyajiannya lakso dihidangkan bersama taburan bawang goreng dan kerupuk udang. Cita rasa yang gurih dari kuah santan dan daging ikan pada masakan ini membuat siapapun akan tergoda untuk mencicipinya.

7. Mie Celor

Makan khas Palembang ini terbuat dari bahan mie telor dengan sensasi rasa yang begitu enak. Berbeda dari mie pada umumnya, mie celor disajikan bersama kuah santan dan kaldu ebi yang sangat gurih.

Mie celor sendiri merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Palembang dan sering disantap sebagai menu untuk sarapan pagi. Untuk satu porsi mie celor lengkap biasanya disajikan bersama telur, tauge, kucai, dan juga udang.

8. Brengkes Tempoyak

Selain di Lampung, tempoyak juga ada di daerah Palembang dan biasa digunakan untuk memasak makanan tradisional brengkes tempoyak. Kuliner khas Palembang ini memakai ikan patin sebagai bahan dasarnya.

Brengkes sendiri bisa diartikan sebagai pepesan, namun dalam pengolahannya menggunakan bumbu tempoyak yang merupakan daging durian yang sudah difermentasi. Sementara untuk bumbu rempah lainnya juga cukup lengkap sehingga menghasilkan cita rasa yang istimewa.

9. Pindang Tulang

Berbeda dari masakan pindang pada umumnya yang menggunakan ikan, pindang tulang di Palembang justru menggunakan tulang sapi sebagai bahan utamanya. Sementara untuk bumbunya terdiri dari aneka rempah yang membuat aroma pindang semakin sedap.

Makanan khas Palembang ini memiliki kuah yang bening dengan cita rasa yang begitu gurih, sangat cocok disantap selagi hangat. Untuk menambah kelezatannya, pindang tulang disajikan bersama irisan tomat dan taburan bawang goreng.

10. Godo-Godo

Kuliner khas Palembang ini mirip dengan pempek, hanya saja bahan yang digunakan dalam adonan bukanlah ikan melainkan udang. Sekarang, bsa terbayang bagaimana cita rasa gurih dari makanan ini kan? Rasa gurihnya pun akan semakin nikmat saat disantap bersama kuah cuko.

11. Gulo Puan

Makanan khas Palembang yang satu ini konon merupakan hidangan untuk kaum bangsawan dan yang sudah berhaji saja. Saat ini pun keberadaan penjual gulo puan di Palembang sudah semakin jarang, sehingga cita rasanya benar-benar bikin penasaran wisatawan.

Makanan ini terbuat dari susu kerbau yang dicampur dengan gula. Meskipun bisa dikonsumsi secara langsung, namun gulo puan juga sering dijadikan bahan pelengkap untuk menu makanan lainnya.

12. Lempok

Sekilas makanan ini mirip dengan dodol, hanya saja dalam pembuatannya tidak menggunakan tepung beras melainkan daging durian yang legit. Namun, untuk proses pembuatannya seperti dodol yaitu dengan cara memasak adonan durian sekitar 4 jam hingga adonan kenyal.

Adonan durian yang sudah matang menjadi lempok kemudian dipotong kecil-kecil dan siap untuk dihidangkan. Karena menggunakan bahan durian, maka tidak heran jika jajanan manis khas Palembang ini dijual dengan harga yang cukup mahal.

13. Kue 8 Jam

Sesuai dengan namanya, kue khas Palembang ini membutuhkan proses pembuatan yang cukup lama yaitu sekitar 8 jam. Selain menyajikan cita rasa yang manis dan legit aroma kue yang begitu harum juga sangat menggugah selera.

Selain proses pembuatannya yang lama, bahan yang digunakan untuk membuat adonan kue juga sedikit berbeda karena menggunakan telur bebek dan bukan telur ayam. Kue yang dimasak dengan cara dikukus lama ini biasanya dijual dengan harga yang relatif mahal.

14. Kue Gandus

Berbeda dari kue basah sebelumnya, kua gandus memiliki cita rasa yang cenderung gurih karena menggunakan santan dalam pembuatannya.

Kue ini biasanya disajikan bersama toping yang cukup lengkap seperti ebi, cabe merah, daun seledri, dan bawang goreng.

Makanan khas Palembang yang begitu beragam memberikan banyak pilihan bagi Anda yang ingin menikmati kuliner khas Palembang, mulai dari pempek hingga hidangan berkuah dan kue manis.

Nah, dari beberapa makanan yang telah direkomendasikan di atas, manakah yang menjadi favorit Anda?

Berita sebelumya8 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Anda Kunjungi
Berita berikutnya8 Tempat Wisata di Makassar Terbaik bagi Travelers!