11 Daftar Makanan Khas Pontianak Paling Populer

Makanan Khas Pontianak
Images by: borneo24.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Pontianak didominasi dengan rasa rempah tradisional yang membuat lidah terasa dimanjakan oleh cita rasa yang menawan dan berbeda.

Perpaduan budaya lokal dan Tionghoa mampu melahirkan keunikan pada budaya di wilayah Pontianak. Tak heran jika kota yang dilewati langsung oleh garis khatulistiwa ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan jatuh hati.

Rekomendasi Makanan Khas Pontianak Paling Enak

Sektor pariwisata di Pontianak memang sudah terkenal mampu bersaing dengan wilayah lainnya, karena bukan hanya mampu menyajikan nuansa wisata yang seru saja. Sajian kuliner khas daerah ini juga siap memanjakan lidah Anda. Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Chai Kwe/Choi Pan

Chai Kwe
Images by: resepbundaraisazalaika.web.app

Kebanyakan orang tentu mengenal Choi Pan sebagai jajanan khas Tionghoa, namun padahal merupakan makanan khas Pontianak. Cita rasa kuliner di Pontianak memang mengalami perpaduan dengan budaya Tionghoa sehingga sangat unik.

Choi Pan dibuat dari tepung beras yang dibuat menjadi adonan hingga kalis. Adonan tersebut diolah hingga berbentuk seperti pangsit dengan isian kucai, kacang, rebung dan bengkoang.

Bagian atasnya ditaburi dengan bawang goreng yang membuat sajian makanan ini semakin sedap. Choi Pan sangat enak dimakan dengan menggunakan saus khas yang terasa pedas dan asam.

2. Sagu Gunting

Sagu Gunting
Images by: Nakita.ID

Sajian khas dari Pontianak ini sangat cocok disantap sebagai sajian penutup. Sagu Gunting terbuat dari bahan sagu yang memiliki tekstur hampir mirip dengan agar-agar.
Makanan ini disajikan bersama dengan kuah dengan rasa manis asli yang berasal dari gula merah. Makanan ini umumnya dijual di gerobak yang terdapat di pinggir jalan.

3. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong
Images by: Travel.tribunnews.com

Sotong Pangkong merupakan makanan khas Pontianak yang terbuat dari cumi-cumi. Cumi segar yang ingin diolah menjadi sotong harus dijemur terlebih dahulu sampai kering. Setelah itu proses dilanjutkan dengan cara dipanggang hingga matang.

Untuk memastikan tekstur dagingnya terasa empuk saat dimakan, setelah dipanggang cumi akan dipukul-pukul menggunakan alat khusus.

Sajian ini dapat dinikmati bersama dengan kuah sambal kacang atau saus pedas manis. Sotong Pangkong lebih enak disantap begitu saja tanpa menggunakan nasi.

4. Pengkang

Pengkang
Images by: Tribunnewswiki.com

Makanan khas Pontianak ini sangat mudah didapatkan karena banyak dijual di pasar. Pengkang dibuat dari bahan dasar ketan atau di Kalimantan Barat disebut pulut. Dari bentuknya, makanan ini mirip dengan lemper, namun bedanya adalah berisi udang ebi.

Sajian ini dikemas dengan menggunakan daun pisang yang dibentuk menjadi segitiga sama kaki dilengkapi dengan jepit bambu, kemudian dikukus. Pengkang memiliki rasa dominasi gurih yang terasa lezat.

5. Bubur Pedas

Bubur Pedas
Imgaes by: kompas.com

Dalam bahasa Pontianak, sajian ini disebut dengan Bubbor Paddas. Kata paddas sendiri merupakan istilah suku melayu yang memiliki arti sayuran dan rempah yang berada di dalam. Meskipun menggunakan kata pedas, namun cita rasa masakan ini tidak benar-benar pedas, kok.

Hal tersebut menggambarkan bahwa sajian bubur ini berisi berbagai jenis sayur seperti kangkung, daun pakis, dau kesum dan lain sebagainya.

Sebagai pelengkap, menu bubur ini disajikan bersama dengan kacang dan ikan teri. Harga per porsi bubur pedas sangatlah murah, yaitu 10 ribu rupiah. Harga yang cukup terjangkau untuk membuat perut kenyang.

6. Kue Bingke

Kue Bingke merupakan makanan khas Pontianak yang sangat populer. Jajanan tradisional ini dibuat dari percampuran gula pasir dan tepung terigu sehingga memiliki cita rasa manis yang khas.

Adonan kue akan dicetak dengan menggunakan wadah berbentuk daun semanggi yang memiliki enam kelopak kemudian diolah dengan cara dipanggang. Untuk memastikan tingkat kematangannya, kue ini dipanggang sebanyak 2x.

Hal tersebut perlu dilakukan agar tekstur kue menjadi lebih empuk dan legit. Saat ini kue ini sudah banyak dimodifikasi sehingga memiliki rasa yang cukup beragam seperti keju, coklat, tape, dan lain sebagainya.

7. Bubur Ikan

Bahan pembuatan makanan ini sama dengan bubur ayam pada umumnya yaitu beras. Namun, yang membedakan adalah kuah dan tambahan ikan laut atau ikan sungai yang digunakan. Saat disajikan, bubur ini seringkali ditambahkan dengan sayuran dan juga telur ayam kampung.

Rasa gurih dan lezat membuat sajian ini sangat bergizi dan mampu membuat perut Anda kenyang. Berbeda dengan bubur pada umumnya yang disantap pada pagi hari, bubur ikan umumnya dijual pada malam hari.

8. Lek Tau Suan

Sajian Lek Tau Suan terlihat sangat unik yaitu terbuat dari kacang hijau yang disiram kuah kental. Kuah tersebut dihasilkan dari percampuran tepung tapioka, daun pandan dan gula pasir.

Sajian ini dihidangkan bersama dengan cakwe goreng pada bagian atasnya sehingga rasanya sangat unik dan lezat. Sajian ini paling nikmat disantap saat hangat. Sangat cocok menemani hari Anda saat cuaca dingin karena mampu membuat tubuh menjadi lebih hangat.

9. Jorong-Jorong

Kue fenomenal yang satu ini hanya bisa ditemukan saat bulan puasa, sehingga untuk hari biasa sulit dicari. Namun cita rasanya yang memukau membuat Anda tidak boleh melewatkannya. Saat bulan puasa, kue ini banyak di jual di pedagang kaki lima.

Jorong-jorong terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan murni hingga membentuk adonan. Bahan tersebut dibungkus daun pisang kemudian dimasukkan ke dalam wadah berpola persegi.

Kue ini memiliki cita rasa yang gurih, dimakan bersama dengan gula merah cair membuat sajian ini sangat cocok untuk menu berbuka puasa.

10. Hekeng

Hekeng merupakan makanan khas Pontianak yang bertekstur empuk dan lembut. Sajian ini dibuat dengan menggunakan campuran daging babi dan udang yang dihaluskan kemudian diberi bumbu khusus.

Percampuran kedua bahan tersebut dibungkus dengan kembang tahu kemudian diolah dengan cara dikukus. Setelah setengah matang, adonan tersebut akan dipotong menjadi bagian lebih kecil kemudian digoreng.

Meskipun biasanya terbuat dari bahan dasar daging babi, namun ada juga Hekeng halal yang terbuat dari bahan lainnya seperti ikan tenggiri, kepiting, udang, sayuran, dan lainnya.

11. Burung Punai

Burung Punai merupakan jenis burung yang banyak ditemukan di wilayah hutan bakau, rawa, hutan sekunder, perkebunan rakyat dan air tawar.

Didominasi dengan hutan, membuat Kalimantan Barat memiliki banyak Burung Punai yang bisa diolah menjadi sebuah masakan lezat yang menggugah selera. Ini merupakan sajian tradisional yang sangat terkenal.

Burung Punai umumnya hidup secara berkelompok sehingga mudah ditangkap dengan menggunakan jaring. Burung bertubuh mungil ini mempunyai tekstur daging yang lembut dan rasa yang gurih.

Burung Punai diolah dengan cara dibumbui dengan menggunakan rempah khas Pontianak kemudian digoreng atau dibakar. Daging Burung Punai memiliki cita rasa tersendiri yaitu sangat gurih dan teksturnya empuk dan lembut.

Makanan khas Pontianak harus dimasukkan ke dalam daftar kuliner yang patut Anda coba. Hal tersebut perlu dilakukan agar Anda mampu menikmati cita rasa Nusantara yang lebih menyeluruh. Setiap daerah membawa ciri khas sendiri pada setiap masakannya sehingga terasa unik.

Berita sebelumya11 Tempat Wisata di Semarang yang Terjangkau
Berita berikutnya9 Aplikasi Penghasil Uang Paling Mudah