14 Makanan Khas Riau yang wajib dicoba!

makanan khas riau
Images by: kompas.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Riau menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan saat berkunjung ke daerah ini. Lokasinya yang berdekatan dengan Malaysia dan Singapura bukan hanya berpengaruh pada budaya dan arsitektur bangunannya saja, tetapi juga berpengaruh pada kekayaan kuliner di Riau.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan atau sedang berkunjung ke Riau, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka menu khasnya yang mungkin tidak akan Anda temukan di daerah lain.

Lalu, apa saja kuliner khas Riau yang wajib dicicipi? Berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda:

14 Daftar Makanan Khas Riau

1. Bacah Daging

Makanan khas Riau ini memakai daging sapi sebagai bahan pokoknya. Sekilas bacah daging memang mirip dengan rendang dari Padang dan dendeng batokok yang merupakan kuliner khas Jambi.

Meskipun dari segi tampilan mirip, namun untuk cita rasa dan penyajiannya tetap berbeda. Karena bacah daging menggunakan beberapa campuran bumbu di dalamnya, sementara dalam penyajiannya menggunakan ketupat dan bukan nasi.

2. Gulai Ikan Patin

Makanan khas Riau yang wajib masuk dalam agenda wisata kuliner Anda adalah gulai ikan patin. Menu ini sangat cocok untuk menemani momen makan siang atau makan malam Anda bersama keluarga.

Sajian gulai berbahan ikan patin ini memiliki kuah santan kuning yang kental dengan aneka bumbu rempah di dalamnya. Aroma dan cita rasa gurih dari gulai ini akan sangat pas jika disantap dengan sepiring nasi hangat lengkap dengan daun singkong rebus.

3. Gulai Belacan

Selain gulai ikan patin, menu lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Riau adalah gulai belacan yang tidak kalah istimewa. Berbeda dari gulai ikan patin yang menggunakan bahan ikan patin, gulai belacan menggunakan udang sebagai bahan utamanya.

Makanan khas Riau ini tentu saja menyajikan cita rasa yang begitu gurih karena memadukan rasa udang dan kuah santan yang kental. Selain itu, campuran bumbu kemiri pada masakan juga membuat cita rasa gulai semakin gurih dan menggugah selera.

4. Gulai Cipuik

Nah, untuk menu yang satu ini sedikit berbeda dari dua menu gulai sebelumnya karena menggunakan siput sebagai bahan utamanya. Rasa gurih yang unik pada siput dan teksturnya yang cukup kenyal wajib untuk Anda cicipi untuk melengkapi momen kulineran di Riau.

5. Ikan Baung Asam Pedas

Makanan khas Riau ini menyajikan cita rasa yang unik karena memadukan bumbu asam pedas dengan lembutnya daging ikan baung. Selain menggunakan aneka bumbu rempah tradisional, menu ini juga menggunakan asam kandis/asam jawa untuk menghasilkan rasa asam.

6. Nasi Lemak

Nasi lemak memang identik dengan kuliner khas Melayu yang banyak dijumpai di wilayah Malaysia, Brunei Darussalam, dan juga Singapura. Namun ketika Anda berkunjung ke Riau, Anda juga bisa mencicipi kelezatan nasi lemak khas Riau yang tidak kalah menggoda.

Makanan khas Riau ini menyajikan cita rasa gurih yang begitu sedap, apalagi jika dinikmati selagi hangat. Sekilas rasa dan tampilannya memang mirip dengan nasi uduk, karena menggunakan campuran santan dan daun pandan dalam proses memasaknya.

Sensasi rasa gurih pada nasi lemak ini akan semakin nikmat saat disantap bersama aneka lauk seperti ikan teri goreng, telur balado, dan juga irisan mentimun. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lauk tempe, daging, hingga sayur kacang panjang sesuai selera.

7. Laksa Kuah

Kuah yang bersantan menjadi salah satu ciri khas dalam penyajian laksa kuah khas Riau. Sensasi santan yang gurih terasa semakin nikmat kala berpadu dengan racikan bumbu rempah yang begitu kaya di dalamnya.

Makanan khas Riau ini menyajikan cita rasa yang bukan hanya gurih tetapi juga unik karena terdiri dari mie sagu dan olahan ikan laut segar, ikan teri atau ikan tongkol yang dihaluskan. Selain itu, penyajiannya di dalam daun ke mangkuk juga memberikan cita rasa yang otentik.

8. Sup Tunjang

Sup tunjang merupakan salah satu kuliner khas Riau yang banyak difavoritkan oleh wisatawan karena menyajikan cita rasa yang benar-benar istimewa. Menu masakan ini terbuat dari kaldu tunjang yang merupakan bagian tulang kaki sapi, sehingga cita rasanya sangat gurih.

Makanan khas Riau ini sangat nikmat untuk disantap bersama sepiring nasi putih hangat. Tulang kaki sapi yang disajikan pun masih tersisa sisa dagingnya, sehingga memberikan tantangan tersendiri bagi Anda untuk menikmati rasa gurihnya.

Bagian tulang sapi ini biasanya sudah direndam dalam bumbu rempah sehingga cita rasanya pun semakin lezat, apalagi tekstur dagingnya juga cukup lembut. Selain itu, Anda juga harus mencicipi uniknya rasa gurih sumsum yang berada di dalam tulang kaki sapi.

9. Cincalok

Sebenarnya cincalok merupakan menu pelengkap yang sering disajikan bersama aneka menu masakan khas Riau. Cincalok sendiri terbuat dari udang kecil yang sebelumnya sudah difermentasi. Menu ini digunakan sebagai pelengkap sambal dengan rasa unik di dalamnya.

10. Miso

Makanan khas Riau ini sangat cocok untuk melengkapi momen jalan-jalan dan liburan Anda saat berada di Riau. Seporsi miso biasanya terdiri dari mie putih, mie kuning, tauge, tahu, serta taburan kerupuk merah. Menu ini kemudian disiram kuah kaldu yang gurih dan kaya rempah.

Untuk menambahkan kenikmatan rasa di dalamnya, Anda bisa menikmati miso bersama lauk lainnya seperti bakso, ceker atau ati ampela sesuai selera. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sate kerang, perkedel kentang atau telur.

11. Mie Sagu

Bagi Anda penggemar mie, maka wajib untuk mencicipi mie sagu khas Riau dengan cita rasa uniknya yang menggugah selera. Menu ini juga merupakan salah satu menu yang difavoritkan wisatawan yang berkunjung ke Riau.

Makanan khas Riau ini disajikan dengan menu pelengkap yang membuat cita rasanya semakin istimewa, mulai dari tauge, sambal teri, hingga daun kucai. Selain kaya akan nutrisi, menu mie sagu juga cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

12. Mie Lendir

Sesuai dengan namanya, mie lendir khas Riau disajikan dalam kuah yang cukup kental dengan cita rasa gurih dan rempah di dalamnya. Hidangan ini terdiri dari mie kuning, tauge, telur rebus, dan irisan cabe. Sementara untuk kuah kentalnya berasal dari bumbu kacang dan ubi.

13. Sate dan Sup Rusa

Bagi Anda yang penasaran dengan olahan daging rusa maka di Riau Anda bisa menjawab rasa penasaran tersebut dan mencicipinya secara langsung. Daging rusa yang empuk sangat cocok diolah menjadi menu sate dan sup dengan campuran bumbu rempah di dalamnya.

14. Ikan Selais Asap

Menu ikan yang satu ini sudah melalui proses pengasapan terlebih dahulu selama 8 jam sehingga lebih awet dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Biasanya ikan asap selais diolah menjadi aneka menu masakan seperti pindang atau gulai sesuai selera.

Makanan khas Riau memang sangat menggoda sehingga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Dari beberapa menu yang telah disebutkan di atas, manakah yang akan Anda cicipi pertama kali begitu menginjakkan kaki di Riau?

Berita sebelumya8 Tempat Wisata di Sukabumi Terpopuler Saat Ini!
Berita berikutnya8 Tempat Wisata di Cirebon Terbaik!