12 Makanan Khas Samarinda yang Paling Dicari

Makanan khas samarinda
Images by: Travel.kompas.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Samarinda menjadi wisata kuliner yang tidak boleh terlewatkan. Beragam cita rasa masakan yang menawan siap memanjakan lidah Anda.

Beberapa sajian diolah dengan bahan serta rempah khusus yang hanya bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke Samarinda.

Beberapa sajian bahkan cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Cita rasa Nusantara memang seringkali membuat penasaran banyak wisatawan.

Wajar saja jika banyak wisatawan yang mendatangi sebuah tempat hanya untuk mencoba sajian khas daerah tersebut.

Daftar Makanan Khas Samarinda yang Unik dan Lezat

Bukan hanya menyimpan berbagai objek wisata yang menawan saja, namun Samarinda juga dikenal dengan variasi kulinernya yang karismatik. Selain tampilan sajiannya yang membuat air liur menetes, rasa masakan yang ditawarkan juga terasa lezat.

Sebagai pecinta kuliner, tentu Anda tidak boleh melewatkan kesempatan tersebut dan harus mencoba makanan Samarinda ketika berkunjung. Apa saja sajian kuliner Samarinda yang patut dicoba? Simak daftarnya sebagai berikut:

1. Gapit Pisang

Gapit Pisang
Images by: youtube.com

Sesuai dengan namanya, sajian makanan khas Samarinda ini terbuat dari bahan dasar pisang. Buah pisang diolah dengan cara dijepit saat proses pengolahannya. Jenis pisang yang digunakan untuk membuat sajian ini adalah pisang kapok dan pisang sanggar.

Hanya pisang yang sudah setengah matang saja yang akan diolah menjadi makanan ini. Hal tersebut perlu diperhatikan agar mampu menciptakan cita rasa yang pas manis dan enak. Bahan utama pisang tersebut akan diolah dengan cara dipanggang.

2. Pepes Kepiting

Pepes Kepiting
Images by: beritagar.id

Pepes ikan mungkin sudah terlalu mainstream, namun kepiting tentu akan terasa unik. Berbeda dengan sajian pepes lainnya, di Samarinda terdapat pepes kepiting yang memiliki cita rasa lezat. Jenis kepiting yang biasanya digunakan adalah kepiting soka.

Bahan utama akan dimasak dengan bumbu yang terdiri dari daun kemangi, cabai, serai dan rempah khas lainnya. Pepes kepiting kemudian dibakar setelah dikukus terlebih dulu.

Proses ini membuat kepiting terasa empuk agar mudah dimakan. Tekstur dagingnya sangat lembut dan terasa nikmat.

3. Rojak Singkil

Rojak Singkil
Images by: idntimes.com

Meskipun memiliki nama rujak, namun makanan khas Samarinda ini berbeda sekali dengan jenis rujak yang umumnya dikonsumsi. Rojak singkil adalah sayur berkuah santan yang isinya terdiri dari ikan haruan dan daun singkil.

Biasanya menu masakan ini disajikan bersama dengan sambal pedas dan ikan. Sensasi kelezatan dari makanan ini akan menggelegar di lidah hingga tak terlupakan.

4. Lempok Durian

Lempok Durian
Images by: wowkeren.com

Sajian ini hampir mirip dengan dodol durian yang memiliki tekstur kenyal dengan karakteristik rasa yang menonjol. Makanan ini sangat cocok bagi Anda suka durian karena diolah dengan menggunakan buah durian yang masih segar.

Aroma dan rasa duriannya sangat terpancar dalam sajian ini. Selain bisa menjadi teman santai di sore hari, sajian ini juga bisa Anda beli sebagai oleh-oleh.

Pengolahannya yang berkualitas membuat makanan ini mudah disimpan dan mampu tahan lama. Anda bisa menyimpannya di kulkas, kapan pun menginginkannya bisa langsung dimakan.

5. Ayam Cicane

Ayam Cicane
Images by: pesona.Indonesia.kompas.com

Menu makanan ini menggunakan ayam kampung sebagai bahan pokoknya. Bahan dasar tersebut dimasak dengan campuran rempah tradisional seperti jahe, lengkuas dan kemiri. Bumbu halus akan dilumuri ke seluruh bagian ayam secara merata.

Ayam akan didiamkan selama beberapa jam di dalam kulkas agar bumbu bisa meresap secara sempurna. Sebelum disajikan, ayam akan dipanggang terlebih dahulu agar lebih empuk kemudian di goreng.

Masakan ini tentu terasa lezat, bumbu rempahnya meresap hingga ke daging. Tekstur dagingnya empuk dan kenyal.

6. Nasi Bekepor

Dahulu nasi Bekepor disajikan hanya untuk bangsawan yang tinggal di Kerajaan Kutai Kertanegara. Filosofi makanan tersebut menyebar hingga ke pelosok Nusantara dan telah menjadi bagian dari wisata kuliner.

Dari segi tampilan, makanan ini terlihat mirip dengan nasi uduk yang isinya terdiri nasi putih, minyak sayur, ikan asin, dan taburan rempah pilihan.

Menu masakan ini dilengkapi dengan sambal raja. Sambal ini dibuat secara khusus melalui perpaduan enam jenis sambal buatan khas Kalimantan Timur.

7. Sate Payau

Makanan khas Samarinda ini bisa dikatakan cukup langka karena terbuat dari bahan utama daging rusa. Seperti diketahui bahwa daging rusa saat ini sulit didapatkan.

Sajian sederhana ini menggunakan bumbu rempah yang dioleskan menyeluruh ke bagian daging kemudian dibakar seperti sate. Makanan ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan karena bisa tahan sampai 2 hari.

8. Bobongko

Bobongko sangat cocok disantap saat pagi hari, karena sangat mengenyangkan dimakan untuk sarapan. Sajian yang terbuat dari bahan utama tepung beras dan santan ini memiliki tekstur yang kenyal dan enak.

Dimasak dengan menggunakan rempah pilihan, membuat masakan ini terasa gurih dan pedas.

Umumnya Bobongko dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan bisa Anda nikmati dengan tambahan kuah yang terasa manis. Sajian ini menjadi primadona di Samarinda sehingga banyak dicari.

9. Sup Ikan Akmal

Meskipun seperti membawa nama seseorang, sebenarnya Akmal merupakan nama sebuah restoran legendaris yang ada di Samarinda. Restoran ini menyajikan makanan khas Samarinda yang terbuat dari olahan ikan.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi karena banyak dijadikan rujukan bagi turis yang berkunjung ke Samarinda.

Sup ini dibuat dari ikan patin yang diolah bersama dengan bumbu khas sehingga mampu menghasilkan rasa pedas asam yang nikmat dan sulit ditolak.

10. Pulut Nasi

Sajian kuliner ini bukan hanya enak dikonsumsi secara langsung, namun juga bisa dibeli untuk oleh-oleh. Dalam proses pembuatannya, nasi akan dimasak bersama dengan santan. Agar lebih terasa lezat, ditambahkan garam, rempah dan cabai.

Perpaduan bumbu akan mengeluarkan sensasi pedas yang gurih. Sajian ini dikukus selama 2 jam agar lebih tahan lama. Saat penyajiannya, nasi dilengkapi dengan kacang tanah yang sudah dihaluskan dan juga sambal.

11. Gence Ruan

Ini merupakan salah satu makanan khas Samarinda yang banyak diincar oleh para wisatawan. Rasanya yang lezat membuat para pendatang tidak boleh melewatkan kelezatannya. Gence ruan dibuat dari bahan utama berupa ikan gabus.

Ikan tersebut diolah dengan cara dibakar, namun sebelum itu ikan akan lebih dahulu dilumuri dengan garam. Setelah matang dibakar, ikan gabus akan disiram dengan kuah yang dibumbui dengan berbagai rempah pilihan.

12. Sayur Asam Kutai

Umumnya sajian sayur terbuat dari bahan sayuran yang beraneka ragam. Namun, tidak dengan sajian yang satu ini. Hidangan unik ini tidak menggunakan sayur sebagai bahan pokok melainkan bagian kepala ikan gabus.

Bahan utama dibelah menjadi dua kemudian dilumuri dengan garam serta jeruk nipis. Kepala ikan akan dimasukkan ke dalam kuah khas dengan campuran bumbu kemudian dimasak hingga empuk. Kelezatan sajian ini bisa Anda rasakan hingga ke tulang ikan.

Agar liburan terasa lebih berkesan dan menyenangkan, Anda juga harus mengajak keluarga serta kerabat menikmati kelezatan makanan khas Samarinda yang unik.

Kegiatan tersebut menambah pengalaman Anda dalam hal mencicipi kekayaan rasa nusantara.

Berita sebelumya10 Tempat Wisata di Malang Anti Mainstream
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Jakarta Makassar Murah