10 Makanan Khas Semarang Cita Rasa Beragam

Makanan Khas Semarang
image by: bola.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Semarang cukup dikenal di Nusantara, terutama di daerah Jawa Tengah. Bahkan beberapa makanan bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Kota yang dikenal dengan bangunan bersejarah, Lawang Sewu ini, memiliki berbagai macam kuliner yang menggoyang lidah wisatawan.

Deretan Rekomendasi 10 Makanan Khas Semarang

Kota yang letaknya ada di bagian utara Jawa ini memiliki makanan yang beraneka ragam. Bagi Anda wisatawan yang tengah berkunjung di Kota Semarang, banyak makanan dan cemilan yang bisa disantap dengan lezat. Jangan lupa untuk berwisata kuliner serta membawa oleh-oleh ini, ya.

1. Lumpia

lumpia
image by: masakapahariini.com

Lumpia adalah makanan yang wajib dicoba saat di Semarang ini merupakan salah satu makanan khas Semarang yang cukup legendaris.

Pasalnya, lumpia sendiri sudah ada sejak lama di Semarang. Dengan saus yang khas dan daun bawang semakin menambah kenikmatan lumpia ini.

Camilan yang bisa dibawa untuk oleh-oleh ini biasanya berisi daging, udang, dan rebung lalu dibalut dengan kulit lumpia lalu digoreng hingga kering.

Kelezatan perpaduan kulit, isian dan saus kental yang manis ini lantas membuat semua wisatawan akan tergoda serta ketagihan dengan kuliner ini.

2. Bandeng Presto

Bandeng Presto
image by: merdeka.com

Bandeng presto adalah salah satu makanan khas Semarang yang sudah lama hadir di Semarang.

Sajian kuliner satu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh keluarga atau teman di rumah, karena bisa tahan lebih lama. Sama dengan namanya, ikan bandeng ini dimasak presto menggunakan uap air panas.

Presto ikan bandeng ini membuat duri-duri ikan bandeng akan melunak sehingga memudahkan untuk dimakan.

Cukup lezat jika dihidangkan dengan nasi hangat, bandeng presto ini dibumbui dengan bawang putih, garam, serta kunyit untuk menambah cita rasa kuliner khas Semarang ini.

3. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal
image by: pegipegi.com

Tahu gimbal Salah satu menu makanan khas Semarang yang paling banyak dicari oleh wisatawan jika berkunjung.

Cukup lezat dan mengenyangkan, makanan ini cocok banget dihidangkan saat sarapan, karena porsinya yang cukup untuk memenuhi sarapan sehingga membuat kenyang.

Kuliner satu ini berisi potongan tahu goreng, sayur kol mentah dan ditambahkan dengan sayur tauge, telur dan juga udang.

Sajian ini dihidangkan dengan kuah yang segar terbuat dari bumbu kacang dan petis udang dan cabai. Rasanya yang nikmat ini bisa menjadi makanan andalan saat di Semarang.

4. Gudangan

Gudangan
image by: kompas.com

Makanan khas Semarang yang berbahan dasar sayuran ini menjadi favorit warga Semarang untuk lalapan lauk makan.

Masakan gudangan sendiri terdiri dari beberapa sayuran yang direbus dan dicampur dengan parutan kelapa yang dibuat sambal dan ditambahkan dengan bumbu lainnya.

Biasanya sayuran yang ada di gudangan ini terdiri dari kacang panjang, tauge, tomat, sayur kol dan masih banyak lainnya.

Cocok banget disajikan dengan sambal lauk untuk penambah lalapan makanan dengan nasi hangat. Pas untuk menu makanan di pagi hari yang menyehatkan.

5. Wedang Tahu

Wedang Tahu
image by: pegipegi.com

Pas banget disajikan saat musim dingin atau tengah musim hujan, makanan khas Semarang bernama wedang tahu ini sudah ada sejak dari dulu.

Minuman ini menghangatkan tubuh saat meriang, karena memiliki aroma jahe yang kuat dan disajikan dalam keadaan hangat atau panas.

Kuliner satu ini merupakan berisi kembang tahu yang dibuat dari sari kedelai dan diiris tipis-tipis di kuah jahe.

Hampir mirip dengan wedang ronde, namun kuliner satu ini tak ada isian macam-macam lainnya selain kembang tahunya itu sendiri yang memiliki tekstur lezat lembut di mulut.

6. Gandos

Camilan gandos satu ini banyak ditemui di Kota Semarang dan banyak digemari masyarakatnya.

Makanan satu ini banyak dijual di pinggir jalan, sehingga jika Anda berkunjung ke kota ini jangan lupa untuk mencicipi salah satu jajanan tradisional yang ada di Semarang yang cukup murah ini.

Kue yang dibentuk layaknya bulan sabit ini terbuat dari tepung beras, kemudian dicampur santan kelapa lalu ditambahkan gula dan garam agar lebih gurih.

Kekinian makanan khas Semarang ini kini banyak berinovasi di toppingnya seperti keju, coklat bubuk, dan gula halus.

7. Tahu Pong

Tahu pong merupakan salah satu cemilan lainnya yang bisa dicoba saat pergi ke Semarang. Cita rasa tahu pong ini hampir sama dengan tahu petis dan tahu gimbal.

Makanan khas Semarang satu ini memiliki rasa yang unik dan berbentuk bulat lalu digoreng hingga kering terlebih dahulu.

Kuliner tahu pong ini disajikan dengan sambal yang terbuat dari petis udang dicampur dengan cabai rawit.

Kelezatan tahu yang gurih dan ‘’kopong’’ ini pas banget dinikmati selagi hangat dan dicocol dengan sambal petis. Jika Anda ingin lebih pedas, bisa ditambahkan dengan rawit.

8. Wingko Babat

Selain lumpia dan bandeng presto, Anda juga bisa membawa oleh-oleh makanan khas Semarang yang rasanya cukup unik ini.

Camilan wingko babat ini terbuat dari tepung beras ketan, gula, kelapa muda yang dibentuk bulat. Rasanya yang gurih dan manis ini akan menggugah selera Anda.

Cocok banget dibawa untuk oleh-oleh, camilan wingko babat ini banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

Kekinian, makanan ini sudah banyak ditemui di pusat oleh-oleh dan memiliki banyak varian rasa, seperti original, keju, coklat, hingga pandan.

9. Babat Gongso

Menjadi makanan khas Semarang yang legendaris, babat gongso ini sudah dijual sejak dulu dan sudah turun temurun diwariskan ke masyarakat Semarang.

Babat gongso sendiri merupakan sajian yang berbahan dasar dari jeroan sapi yang dimasak dan disajikan dengan kuah pedas dan manis.

Bumbu untuk babat gongso sendiri di antaranya adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai dan daun salam yang membuat masakan ini sangat lezat dan gurih.

Cara memasak kuliner tradisional ini juga menggunakan tungku, sehingga menghasilkan rasa yang berkualitas dan khas.

10. Mie Kopyok

Mie kopyok ini merupakan sajian mie yang memiliki ciri khas tersendiri dengan tambahan irisan daging sapi dan adanya kerupuk gendar.

Sudah ada sejak dulu, mie kopyok ini merupakan makanan khas Semarang yang sangat menggoyang lidah, wisatawan harus coba kuliner satu ini.

Tak hanya mie dan irisan daging, Anda akan dimanjakan dengan tambahan sayur tauge yang sudah direbus dan beberapa irisan tahu dan ketupat di dalamnya.

Cukup lengkap, Anda bisa menambahkan bawang goreng dan daun seledri di kuah mie kopyok satu ini. Bagaimana cukup menggoda, bukan?

Siap menggoyang lidah para wisatawan, deretan makanan khas Semarang di atas bisa menjadi acuan dan andalan Anda saat berkunjung ke salah satu kota di Jawa Tengah ini.

Anda juga bisa membawa oleh-oleh khas Semarang seperti lumpia, wingko babat, dan bandeng presto.

Memiliki ciri khas tersendiri, Anda bisa mencobanya saat berwisata atau kebetulan mampir di kota Semarang. Cukup unik dan perlu dicoba agar menjadi wawasan kuliner Nusantara yang paling diingat.

Berita sebelumya8 Tempat Wisata di Banjarmasin Wajib Dikunjungi
Berita berikutnya8 Tempat Wisata di Jambi yang Harus Dikunjungi