12 Makanan Khas Singapura yang Mendunia

Makanan Khas Singapura
Images by: Bukalapak.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Singapura merupakan percampuran dari beberapa budaya seperti Tiongkok, India, dan Malaysia, sehingga bisa dikatakan memiliki cita rasa yang cocok untuk lidah orang Indonesia.

Beberapa sajian tampak menarik karena tidak bisa Anda temukan di negara lain.

Singapura merupakan negara yang memiliki banyak etnis bangsa, sehingga sajian masakannya juga cukup beragam dan memiliki banyak rasa, mulai dari yang pedas, gurih, hingga campur-campur.

Inilah daya tarik serta keunikan yang membuat para wisatawan penasaran untuk mencicipinya.

Menu Makanan Khas Singapura yang Tak Boleh Terlewatkan

Jalan-jalan ke negeri orang tampaknya tidak lengkap jika tidak mencicipi sajian khasnya. Hal ini tentu sangat penting bagi para pecinta makanan, agar bisa menikmati setiap varian rasa yang diciptakan oleh setiap negara.

Melalui hal tersebut Anda bisa memahami karakteristik serta budaya yang tersimpan. Berikut rekomendasi sajian khasnya:

1. Hokkien Prawn Mee

Sajian ini menghadirkan perpaduan bihun dan juga mie kuning yang diolah bersama dengan kuah kaldu yang direbus bersama bahan seafood. Ketika mie telah setengah matang, kemudian pengolahan dilanjutkan dengan metode goreng.

Mie kemudian digoreng sambil dicampur dengan beberapa bahan lain seperti telur, cumi, touge, udang dan sedikit tambahan kecap asin hingga kering kemudian diberikan sedikit kuah kaldu.

Sajian ini bisa dibilang memiliki cita rasa yang lengkap karena terdiri dari bahan seafood yang memiliki rasa segar, asam dan juga gurih. Aroma gosong dari proses penggorengan membuat sajian mie ini terasa sangat mengesankan.

2. Roti Prata

Ini merupakan menu roti yang berasal dari India. Roti ini terbuat dari adonan tepung yang dipipihkan menjadi tipis sebelum digoreng dengan menggunakan mentega khusus. Roti ini memiliki rasa yang gurih dan biasanya disajikan bersama kuah kari daging, kambing atau ayam.

3. Laksa Singapura

Makanan khas Singapura ini diketahui terinspirasi dari masakan Tionghoa. Sajian ini terdiri dari komposisi mie, seafood, ikan, kacang, perkedel dengan dilengkapi kuah santan yang berwarna merah. Sajian ini memiliki cita rasa pedas asam yang menyegarkan lidah.

4. Singapore Chicken Rice

Sajian ini merupakan menu populer yang paling banyak dicari oleh warga lokal maupun para pendatang. Pengolahan masakan ini juga cukup unik, yaitu ayam yang akan diolah dimasukkan terlebih dahulu ke dalam air dingin beberapa menit.

Kemudian ayam tersebut dimasukkan ke dalam air mendidih dan direbus hingga matang. Metode ini digunakan untuk memastikan daging ayam mampu memiliki tekstur yang empuk dan gurih.

Ayam akan disajikan bersama dengan nasi yang dimasak dengan menggunakan rempah khusus.

Perpaduan ayam dan nasi terasa sangat lengkap dengan adanya kuah kaldu yang ditaburi dengan daun bawang.

5. Kari Kepala Ikan

Sesuai dengan namanya, sajian ini menggunakan bahan utama kepala ikan kakap merah. Bahan utama akan diolah bersama dengan kuah kari pedas dan sayuran. Ini merupakan sajian India dengan rasa unik yang sayang jika dilewatkan.

Umumnya, menu makanan ini disajikan bersama dengan roti mantao atau nasi. Anda bisa memilih sendiri pendamping yang diinginkan. Sajian menu pendamping bisa Anda celupkan ke dalam kuah kari untuk merasakan sensasi kelezatannya.

6. Chili Crab

Makanan khas Singapura yang satu ini terbuat dari kepiting dan juga cabai. Menu makanan ini sangat populer dan biasa dikonsumsi bersama roti mantao. Jenis kepiting yang digunakan adalah kepiting soka atau lumpur.

Kepiting diolah dengan metode dibakar kemudian ditumis sebentar dengan campuran saus tomat kental, cabai dan telur.

Bumbu yang digunakan dalam sajian ini meresap dengan sempurna ke daging kepiting. Meskipun didominasi dengan rasa pedas, namun kenikmatan sajian ini tidak tergantikan.

7. Fried Carrot Cake

Tidak seperti namanya, sebenarnya roti ini bukan menggunakan wortel sebagai bahan utama, namun lobak putih. Roti ini tersedia dalam dua varian rasa, yang pertama roti hitam dengan saus caramel berwarna hitam.

Sedangkan yang kedua adalah roti putih dengan campuran telur yang sudah digoreng hingga garis sehingga memiliki warna coklat agak keemasan. Untuk merasakan sensasi perbedaannya, Anda harus mencoba keduanya.

8. Mi Siam

Makanan khas Singapura ini terbuat dari mie tipis yang diolah dari tepung beras. Ini merupakan variasi masakan Melayu yang sangat terkenal di Singapura. Mie tipis tersebut akan diolah dengan metode ditumis bersama dengan rempah pilihan serta pasta udang.

Mie ditumis hingga kering agar memiliki aroma asap dan saat disajikan ditaburi dengan kacang kering, daun bawang dan telur rebus. Cita rasa masakan ini terasa manis namun sedikit asam.

9. Bak Kut Teh (Tidak Halal)

Makanan ini diolah dengan menggunakan bahan yang tidak halal yaitu iga babi. Bahan utama akan dimasak dengan menggunakan kaldu yang telah dibumbui oleh rempah seperti cengkeh, kayu manis, ketumbar, biji adas, dan lain sebagainya.

Sajian ini biasa dihidangkan bersama sayuran dan juga kembang tahu. Agar lebih kenyang, Anda bisa menyantapnya bersama mie atau nasi.

10. Ice Kachang

Makanan khas Singapura bukan hanya terdiri dari makanan berat saja, ada juga variasi jajanan es serut yang mampu menemani Anda di siang hari. Menyantap es serut ini akan memberikan energi serta semangat bagi Anda.

Hal tersebut terjadi karena tampilan es serut yang penuh warna. Ketika melihatnya saja Anda sudah merasa segar dan manis. Warna pelangi yang disajikan memberikan Anda kebahagiaan tersendiri. Es ini memiliki tekstur yang lembut dengan aneka toping di dalamnya.

Umumnya, es ini dilengkapi dengan toping seperti kacang merah, kolang-kaling, jagung, dan jelly. Beberapa kedai juga menyediakan toping tambahan yang bisa Anda pilih sesuai selera.

11. Kueh Pie Tee

Kue ini merupakan alternatif terbaik bagi Anda yang ingin menyantap kue mangkok dengan tekstur renyah. Makanan khas Singapura ini berisi berbagai bahan seperti rebung dan lobak.

Saat penyajiannya, kue dihidangkan bersama dengan bahan lain seperti udang, telur, cabai, dan petersali. Penampilannya yang menawan tentu akan membuat Anda penasaran untuk mencobanya.

12. Rojak Singapura

Hal terunik dari sajian rujak Singapura adalah perpaduan bahannya yang cukup beragam dan terdiri dari buah dan sayur. Biasanya sajian ini berisi lobak, timun, nanas, mangga muda, touge, jambu air, kangkung, stik goreng, dan tahu panggang.

Untuk melengkapi cita rasanya, percampuran buah dan sayur tersebut disiram dengan saus berwarna hitam yang diolah dari terasi yang sudah melalui proses fermentasi.

Terasi dicampur bersama gula, jeruk nipis, bunga jahe, kacang cincang dan sambal sehingga menciptakan sensasi pedas, asam, manis, dan segar. Meskipun memiliki rasa yang campuran, namun kelezatan sajian ini tidak bisa dipungkiri.

Makanan khas Singapura ada yang diolah dengan bahan halal maupun non halal. Sehingga bagi Anda yang muslim, harus cermat dalam memilih menu makanan yang ingin dicoba. Pastikan untuk bertanya terlebih dahulu kepada pihak penjual jika ragu.

Berita sebelumya9 Makanan Khas Solo Yang Melegenda dan Populer
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Jakarta Bandung Murah