10 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicicipi

makanan khas surabaya
image by: id.tastemade.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Surabaya terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari masakan berat hingga camilan tersedia di Kota Pahlawan ini.

Dikenal dengan kota yang panas, Surabaya memiliki beragam kuliner yang menggoyang lidah para pecinta masakan Nusantara.

Rekomendasi Makanan Khas Surabaya yang Beraneka Ragam

Beragam makanan lezat bisa Anda temukan di ibu kota Jawa Timur satu ini. Tak kalah enak dari makanan di restaurant, makanan di pinggir jalan juga cukup nikmat untuk dicicipi.

Bagi yang menyukai kuliner gurih dan juga pedas, Surabaya memiliki keduanya sehingga pas untuk berwisata kuliner.

1. Rujak Cingur

rujak cingur
image by: resepedia.id

Penggemar rujak wajib mencicipi makanan khas Surabaya satu ini. Cukup unik, Surabaya memiliki rujak cingur yang berbahan dasar dari sapi.

Ada dua rujak yang bisa Anda nikmati, yaitu rujak cingur matang yang semua bahannya dimasak dan rujak yang dicampur dengan buah.

Isian dari rujak cingur sendiri Anda akan mendapatkan lontong, tauge, kangkung, tempe goreng, cingur tentunya dan tahu goreng.

Namun jika memilih dicampur buah, maka rujak akan ditambahkan dengan nanas, mangga muda, mentimun, dan bengkoang.

2. Lontong Balap

Selanjutnya ada makanan khas Surabaya yang cukup unik, yaitu lontong balap. Makanan yang terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, serta lentho yang terbuat dari perkedel kedelai ini disajikan dengan kuah dan bumbu petis yang terbuat dari udang. Cukup ramai isi piring lontong balap ini.

Semua bahan-bahan yang disebutkan di atas ini lantas dipotong dadu dan disiram kuah tauge dan dihidangkan dengan bawang goreng, sambal, serta kecap.

Lontong balap ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas sekaligus. Cocok dicicipi saat siang hari saat Anda berkunjung ke Surabaya.

3. Rawon

Rawon menjadi salah satu sajian kuliner yang paling populer dan dikenal di seluruh Nusantara.

Makanan khas Surabaya ini berbahan dasar daging yang ditambahkan bumbu kluwek dan dimasak hingga empuk. Sentuhan terakhir, kuliner rawon ini juga ditambahkan dengan daun jeruk.

Sajian yang memiliki rasa yang khas ini dihidangkan bersama dengan tauge kecil atau tauge pendek di bagian atasnya dan irisan telur asin di bagian.

Cocok banget disantap bersama nasi hangat dan teh hangat di pagi hari. Jangan lupa ditambahkan sambal untuk menambah cita rasanya.

4. Tahu Campur

Menjadi kuliner yang paling banyak diburu wisatawan jika pergi ke Surabaya. Makanan khas Surabaya yang cocok disantap saat malam hari ini menawarkan hal yang unik dan menarik.

Tahu campur sendiri terdiri dari lontong, irisan tahu goreng, selada, mie kuning, dan kikil pada bagian sapi.

Sebelum disajikan bahan-bahan tersebut ditumpuk dan disiram kuah yang berisi bumbu dari bahan dasar petis udang.

Makin menggiurkan, tahu campur biasanya ditambahkan dengan kerupuk udang dan sambal, agar rasanya semakin menarik dan menggugah selera. Jangan lupa dicicipi, ya.

5. Sate Klopo

Dari deretan sate, sate klopo ini salah satu yang paling unik. Pasalnya, masakan ini berbahan dasar daging sapi yang dimasak usai dilumuri dengan parutan kelapa di dagingnya.

Saat dibakar, aroma parutan kelapa ini akan membuat sate tersebut makin terasa lezat dan memiliki rasa unik.

Makanan khas Surabaya satu ini memiliki rasa gurih yang kuat dari parutan kelapa yang dilumuri di daging sate tersebut.

Sate klopo tersebut nantinya akan disajikan dengan kecap dan potong bawang yang ada di piring dan dimakan bersama nasi hangat yang bagian atasnya diberi serundeng.

6. Pecel Semanggi

Berikutnya ada makanan khas Surabaya yang juga paling dibanggakan, yaitu Pecel Semanggi yang terkenal di daerah barat Surabaya, tepatnya di Benowo.

Daerah tersebut masih adanya sawah tempat bertumbuhnya makanan berbahan dasar Pecel Semanggi yang diabadikan dalam lagu.

Lagu Semanggi Surabaya ini yang menggambarkan makanan khas satu ini. Keunikan Pecel Semanggi ini merupakan bahan dasar tumbuhan semanggi yang direbus dan ditambahkan dengan daun ketela rambat, kacang tanah, gula merah, dan petis dan disajikan di selembar daun pisang.

7. Lontong Kupang

Sajian kuliner lainnya yang cukup unik adalah lontong Kupang. Makanan khas Surabaya satu ini berbahan dasar kerang kecil atau remis yang direbus yang ada di pesisir utara wilayah Jawa Timur Surabaya ini. Isi dari lontong Kupang ini terdiri dari irisan lontong dan kerang kecil serta kuah petis.

Lantas ditambahkan dengan lento yang juga ada di lontong balap yang terbuat dari gorengan kedelai. Kuah lontong Kupang sendiri hampir sama dengan lontong balap yaitu kuah petis yang terbuat dari udang, biasanya kuliner ini disajikan dengan air es kelapa muda ijo dan sate kerang.

8. Tahu Tek

Berbahan dasar tahu, makanan khas Surabaya satu ini memiliki cita rasa yang menarik. Kuliner satu ini biasanya ditemui pada pedagang yang berjualan berkeliling.

Nama tahu tek sendiri juga merupakan dari tahu yang dipotong-potong menggunakan gunting dan berbunyi tek-tek.

Setelah tahu digoreng tersebut akan disiram dengan bumbu petis yang dicampur oleh kacang yang kental.

Rasanya yang gurih dari petis udang dan ditambahkan dengan irisan lontong akan membuat Anda kenyang semalaman. Semakin lezat lagi jika kuliner tahu tek ini disajikan dengan kerupuk.

9. Bebek Sinjay

Sajian bebek di Surabaya memiliki cara yang berbeda dari bebek pada umumnya di daerah lain. Bebek di Surabaya dimasak dengan bumbu kuning hingga meresap, bumbu kuning yang digunakan untuk merendam bebek tersebut akan dilumuri di bebek goreng serta nasi saat disajikan.

Cukup menggiurkan, makanan khas Surabaya satu ini bahkan disajikan dengan sambal yang khas dan pedas.

Meski tampak sederhana, namun bebek akan terasa empuk dan sangat lezat nantinya. Bahkan kuliner satu ini semakin lezat jika disajikan dengan berbagai macam lalapan seperti timun.

10. Sambal Belut Surabaya

Selain bebek yang memiliki bumbu yang khas, belut Surabaya juga memiliki sajian dan olahan yang sangat khas.

Jika Anda berkunjung ke Surabaya jangan lupa untuk menyempatkan membeli belut dan sambalnya. Pasalnya, olahan kuliner satu ini sangat lezat dan gurih dengan bumbu khasnya.

Belut yang sudah dibumbui ini akan digoreng kering dan ditambahkan dengan sambal bawang dan belut akan dicampur bersama dengan sambal tersebut di cobek.

Lebih lezat lagi, Anda harus menghidangkan belut tersebut dengan lalapan seperti kemangi, kol goreng, hingga mentimun.

Mulai belut, bebek, hingga olahan kuah petis berbahan dasar udang, Surabaya merupakan surganya para pecinta kuliner yang ingin mencicipi beragam masakan gurih dan pedas.

Banyak pilihan mulai dari sambal hingga kuah petis, Anda bisa mencicipi beragam makanan ini saat di Surabaya.

Deretan makanan khas Surabaya di atas bisa Anda jadikan rekomendasi dan list yang harus dicoba saat Anda bertandang ke Kota Pahlawan ini. Bagi pecinta sambal, Anda wajib untuk mencoba semua kulinernya di sana.

Berita sebelumya10 Makanan Khas Jawa Tengah Terpopuler
Berita berikutnya8 Tempat Wisata di Banjarmasin Wajib Dikunjungi