9 Makanan Khas Tasikmalaya Sederhana dan Enak

Makanan Khas Tasikmalaya
Images by: kulinear.hops.id
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Tasikmalaya memiliki karakteristik seperti sajian menu Sunda yang memiliki rasa ringan, sederhana, gurih, dan asam segar.

Bahan utama yang digunakan dalam proses memasak umumnya adalah jenis sayur-sayuran. Diolah dengan bumbu khas membuat sajian ini terasa nyaman di lidah.

Bukan hanya dari segi rasa, berbagai sajian tersebut menggunakan nama-nama yang unik sehingga membuat penasaran untuk dicoba. Menikmati sajian kuliner merupakan momen seru yang harus Anda lakukan ketika berlibur.

Menu Makanan Khas Tasikmalaya yang Menarik

Selain terkenal dengan bermacam kerajinan tangannya yang tradisional dan unik, Tasikmalaya juga ternyata menyimpan berbagai sajian yang menu menarik untuk dicoba. Apa saja menu makanan tersebut? Simak informasinya sebagai berikut:

1. Nasi Cikur

Nasi Cikur
Images by: Maggi.id

Makanan khas Tasikmalaya ini memang memiliki nama yang sangat unik. Ini merupakan sajian nasi goreng yang menambahkan kencur muda ke dalam olahannya.

Kencur tersebut memiliki tekstur yang renyah serta aroma yang menawan sehingga mampu memberikan kehangatan bagus tubuh. Dalam bahasa Sunda, cikur memiliki arti kencur sehingga olahan ini menggunakan bahan utama kencur.

Hidangan ini dibuat dengan cara yang hampir sama dengan nasi goreng pada umumnya yang membutuhkan bumbu halus seperti terasi goreng, bawang merah, garam, bawang putih, cabai dan kencur.

Bumbu rempah akan dihaluskan kemudian ditumis dengan menggunakan minyak. Masukkan nasi kemudian tumis hingga agak gosong. Untuk memperkaya cita rasa masakan, saat dihidangkan nasi cikur akan dilengkapi dengan suwiran ayam, sambal, acar, serundeng, keripik tempe, dan telur dadar.

2. Wajit

Wajit
Images by: deskjabar.com

Makanan berukuran kecil ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau sehingga bisa Anda dapatkan dengan mudah. Makanan khas Tasikmalaya ini memiliki tekstur yang kenal. Bahan utama pembuatannya menggunakan gula aren dan beras ketan.

Bahan utama akan dicampurkan bersama dengan santan kemudian dimasak hingga matang, kemudian wajit akan dibentuk diatas daun jagung dan dibungkus menjadi kecil.

Proses pengolahan dilanjutkan dengan menjemur olahan bahan utama hingga daun jagung menjadi kering. Proses ini sangat penting dilakukan untuk menghasilkan tekstur kering pada permukaan wajit namun lembut ketika dimakan. Terasa manis dan gurih ketika dimakan.

3. Cilok Goang

Cilok Goang
Images by: review.bukalapak.com

Makanan khas Tasikmalaya terasa istimewa karena memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang gurih. Bahan dasar masakan ini adalah aci yang diolah sehingga berbentuk bulat-bulat.

Keunikan dari sajian ini adalah penambahan kuah siram yang terbuat dari sambal goang khas Tasikmalaya dan beberapa rempah lainnya. Makanan ini disajikan seperti bakso, di dalam wadah seperti mangkok.

Saat dijadikan, aci dimasukkan bersama dengan tambahan mie kering, tahu, ceker ayam yang kemudian disiram dengan saus pedas. Tak lupa sebagai sentuhan akhir, sajian ini ditaburi oleh bawang goreng.

Meskipun terlihat seperti makanan ringan, namun sajian ini cukup membuat kenyang ketika disantap.

4. Citruk

Citruk
Images by: Tasikasik.id

Jajan khas sejenis kerupuk ini hanya bisa Anda temukan di wilayah Tasikmalaya. Citruk dibuat dari bahan campuran tepung terigu dan tepung kanji. Adonan akan dibentuk menjadi bundar mirip dengan koin logam.

Makanan ringan ini memiliki tekstur yang agak keras namun renyah saat digigit. Cocok sekali dimakan untuk menemani sore Anda sambil bersantai. Daya tahan sajian ini cukup lama sehingga Anda bisa menyimpannya pada wadah tertutup. Cemilan ini bisa Anda temukan di beberapa toko maupun pasar tradisional.

5. Noga Kacang

Noga Kacang
Images by: kitchenplan.xyz

Noga kacang sudah menjadi makanan lokal bercita rasa tinggi sejak dahulu kala. Sejarah inilah yang mengantarkannya menjadi makanan khas Tasikmalaya yang terkenal.

Makanan ini terbuat dari bahan campuran kacang tanah dengan gula pasir tanpa bahan tambahan lain seperti pengawet atau pemanis buatan.

Cita rasa dari makanan ini terasa gurih dan renyah. Meskipun tanpa pengawet, namun makanan ini memiliki daya tahan yang cukup lama dan pas sekali dijadikan sebagai cemilan menonton TV.

6. Kelontong

Nama makanan ini mungkin terdengar unik namun tidak asing. Kelontong merupakan jajanan yang mirip dengan opak. Bahan dasar pembuatannya pun sama, yaitu terbuat dari ketan. Namun yang membedakan adalah tekstur serta rasanya.

Untuk membuat kelontong yang enak, tepung beras akan dicampur dengan gula aren. Adonan tersebut dibentuk menjadi lonjong sebesar ukuran ibu jari. Makanan ini identik dengan rasa manis yang sangat pas dijadikan teman minum teh di sore hari.

Jenis makanan ringan ini juga bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga. Cemilan ini sangat mudah ditemukan di berbagai toko yang ada di Tasikmalaya sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya.

7. Nasi TO Tasik

TO merupakan singkatan dari tutug oncom. Dalam bahasa Tasik, tutug artinya menumbuk. Sajian khas Tasikmalaya ini menggunakan beras dan oncom sebagai bahan dasarnya.

Nasi yang sudah matang akan diaduk bersama dengan oncom yang sudah dihaluskan sehingga menciptakan cita rasa nasi yang berbeda, lebih gurih dan agak pedas.

Proses pembuatannya bisa dikatakan cukup sederhana yaitu pertama siapkan nasi putih yang telah matang. Kemudian siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, cabai rawit, bawang merah, gula, garam dan kemangi.

Sangrai oncom dengan menggunakan bumbu halus yang telah disiapkan, kemudian masukkan nasi. Aduk hingga seluruh bumbu dan nasi tercampur rata. Nasi oncom ini akan disajikan bersama dengan berbagai jenis lauk pauk seperti ayam atau ikan.

8. Godeblag

Godeblag adalah makanan khas Tasikmalaya yang biasanya dijadikan sebagai cemilan. Jenis makanan ringan ini terbuat dari ketela pohon atau singkong yang telah diberikan bumbu. Godeblag sangat mudah ditemukan karena biasa di jual di pasar maupun beberapa toko lainnya.

Ketela pohon atau singkong yang digunakan untuk menu makanan ini haruslah yang berkualitas tinggi dan tidak terkena hama. Untuk itu, pemilihan bahan utama harus dilakukan dengan cepat dan hati-hati.

Hal tersebut perlu dilakukan karena akan mempengaruhi rasa dari cemilan tersebut. Cemilan ini memiliki rasa yang otentik asin serta gurih.

9. Kupat Tahu Mangunreja

Makanan yang terbuat dari olahan beras ini biasanya disantap saat sarapan. Kupat tahu merupakan sajian populer yang berisi potongan tahu, ketupat dan sayur tauge yang disiram dengan bumbu khas yang dibuat dari kacang.

Sebagai pelengkap, sajian ini ditambahkan dengan kecap dan juba kerupuk udang. Keunikan dari sajian ini adalah bumbu kacangnya yang diolah dengan menggunakan tungku kayu bakar.

Proses tersebut membuat kacang memiliki rasa identik dengan cita rasa serta aroma yang wangi.

kacang dihaluskan dan dicampur dengan beberapa bumbu lain seperti cabai dan bawang, sehingga menghasilkan bumbu kacang dengan citra rasa yang menyatu dengan bahan utama lainnya.

Sebagai pecinta kuliner, Anda wajib memasukkan daftar makanan khas Tasikmalaya ke wishlist.

Sajian masakan Tasikmalaya memiliki cita rasa tersendiri yang mampu membuat Anda semakin bangga dengan cita rasa Nusantara yang dimiliki Indonesia.

Berita sebelumya12 Tempat Wisata di Jogja Terbaik
Berita berikutnya11 Tempat Wisata di Jakarta yang Menarik