13 Sajian Makanan Khas Toraja Paling Populer

Makanan Khas Toraja
Images by: Updatekareba.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Makanan khas Toraja menjadi bagian dari kebudayaan Nusantara yang harus terus dilestarikan.

Toraja merupakan wilayah yang sangat kental dengan budaya dan upacara adatnya. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama daerah yang satu ini.

Sajian Toraja memiliki ciri khas dari segi rasa dan juga bahan utama yang digunakan. Sehingga Anda hanya bisa menikmati kelezatan sajian tersebut jika berkunjung ke Toraja.

Makanan Khas Toraja yang Paling Dicari

Masyarakat setempat mempertahankan gaya hidup sejak masa lampau karena didalamnya mengandung budaya, adat istiadat, serta keunikan dari daerah itu sendiri.

Seperti halnya makanan, setiap daerah memiliki sajian masakan berbeda yang diolah dengan bumbu khas.

Hal tersebut menjadi karakteristik dari masakan Toraja sehingga terasa berbeda. Berikut beberapa jenis makanan Toraja yang lezat dan paling banyak dicari:

1. Koteng atau Suso

Koteng
Images by: budaya-indonesia.org

Sajian makanan khas Toraja ini terbuat dari bahan utama keong yang umumnya mudah ditemukan pada area sawah.

Pengolahan sajian ini bisa dikatakan sangat sederhana, yaitu keong yang sudah direndam semalaman kemudian dicuci agar lebih bersih. Kemudian direbus dengan menggunakan rempah pilihan sekitar 20 menit.

Makanan ini bisa diolah kembali menjadi sambal atau langsung dimakan setelah direbus. Air sisa rebusan keong tadi sebaiknya jangan dibuang, karena dalam tradisional Toraja, air tersebut memiliki khasiat sebagai obat atau ditambahkan ke dalam sajian keong yang diolah.

2. Pantollo Lendong

Pantollo Lendong
Images by: brisik.id

Sajian Toraja yang satu ini terbuat dari belut yang dimasak dengan bumbu khas rempah khas Toraja yang seperti rawon.

Ini merupakan menu masakan yang wajib ada pada saat acara adat yang sedang digelar. Bahan utama belut disajikan dengan siraman kuah hitam yang terbuat dari kluwak.

3. Pangrarang

Pangrarang
Images: celebes.co

Pangrarang merupakan sajian yang menyerupai seperti dengan sate. Namun, yang membedakannya adalah bumbu yang digunakan. Sajian ini diolah secara simple yaitu hanya ditambahkan dengan garam saja kemudian dibakar dengan menggunakan bara api.

Setelah matang, sate ini akan disantap dengan menggunakan cabe ulek yang disiram dengan perasan jeruk nipis. Rasa sajian ini sangat unik, ada rasa gurih, asam, dan juga pedas.

4. Pantollo Duku Manuk

Pantollo Duku Manuk
Images by: tribunewswiki.com

Makanan khas Toraja ini terkenal dengan rasanya yang pedas, karena dibumbui dengan lombok katokkan yang merupakan olahan cabai khas wilayah ini. Bahan utama pembuatannya adalah daging ayam yang dikombinasikan dengan mayana.

Jika dilihat dari tampilannya, sajian ini mirip seperti ayam suwir. Namun sajian ini memiliki cita rasa yang lebih segar. Meskipun memiliki rasa yang cukup pedas, namun makanan ini memiliki rasa yang berkarakter dan dijamin bikin ketagihan.

5. Pa’piong

Pa’piong
Images by: kate.ID

Bahan utama pembuatan Pa’piong umumnya daging babi yang dihaluskan dan dibungkus dengan daun miana.

Namun seiring kepopulerannya, sajian ini dibuat juga untuk versi halalnya yang dibuat dari ikan atau ayam.

Daging olahan yang digunakan akan dihaluskan kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui. Bumbu rempah yang biasanya digunakan adalah jahe, batang serai, bawang putih dan garam.

Bungkusan daun tersebut dimasukkan ke dalam batang bambu untuk dibakar. Dahulu makanan ini hanya disajikan untuk acar penting saja, namun sekarang sudah menjadi bagian dari kuliner lokal yang banyak diminati.

6. Pokon

Makanan khas Toraja yang satu ini umumnya disajikan saat acara syukuran atau ibadah yang sedang diselenggarakan.

Secara bentuk, makanan ini tidak jauh berbeda dengan lontong. Nah, yang berbeda hanyalah ukuran dan bahan pembungkusnya.

Pokon terbuat dari bahan dasar ketan hitam yang dicampur dengan menggunakan parutan kelapa yang kemudian dibungkus dengan menggunakan daun bambu. Sajian ini sangat lezat jika disantap bersama dengan teh atau kopi hangat.

7. Pantollo Bale

Sajian khas Toraja ini hampir mirip dengan pantollo yang lainnya, namun yang membedakan adalah bahan dasar ikan yang digunakan.

Ikan yang umumnya dipakai adalah ikan tongkol dan ikan mas. Jenis ikan yang digunakan tergantung dari jenis ikan yang lebih mudah didapatkan. Makanan ini disajikan tanpa kuah karena proses pembuatannya hanya dilakukan dengan cara dipanggang maupun digoreng.

8. Deppa Tori

Sajian ini terbuat dari tepung beras yang diolah secara khusus, sehingga menghasilkan rasa yang unik dan lezat. Kue ini memiliki rasa manis yang renyah sehingga cocok dijadikan cemilan.

Bagian atasnya ditaburi dengan wijen yang membuat cita rasanya semakin lezat. Makanan ringan ini mudah ditemukan di berbagai tempat wisata atau toko yang ada di Toraja. Umumnya, kue ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

9. Kapurung

Kapurung adalah makanan khas Toraja yang sudah sangat terkenal, bahkan sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

Sajian masakan ini dibuat dari bahan dasar ikan, sayuran dan sagu yang diolah sehingga menghasilkan makanan yang memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera.

Dalam satu porsi Kapurung akan berisi kangkung, kacang panjang, lontong, labu merah muda, dan jantung pisang. Selain itu, ditambah dengan berbagai bahan lainnya seperti ikan goreng, bandeng, dan sagu sehingga rasanya sangat lezat dan membuat ketagihan.

10. Palopo

Sajian Toraja ini memang sangatlah unik dan wajib dicoba karena terbuat dari bahan tepung sagu.

Bahan utama disiram dengan menggunakan air panas kemudian dibentuk menjadi bulat-bulat.

Hasil bulatan sagu akan ditambahkan dengan ikan dan juga daging tertentu. Makanan ini menggunakan kuah khusus yang berisi dengan jagung dan bumbu kacang.

11. Pantollo Pamarrasan

Umumnya Pantollo Pamarrasan dibuat dari campuran daging babi, ikan, kerbau, pari, maupun belut dengan tambahan sambal khas Toraja yang disebut dengan lombok katokkon.

Dicampur dengan menggunakan bumbu utama yaitu kluwak hitam yang disebut dengan pamarrasan, membuat cita rasa masakan ini didominasi dengan rasa pedas yang agak pahit namun segar.

12. Tu’tuk Utan

Makanan khas Toraja ini terbuat dari bahan dasar sayuran. Kata Tu’tuk memiliki arti ditumbuk sehingga masakan ini diolah dengan cara ditumbuk. Semua bahan yang digunakan ditumbuk menjadi halus kemudian dicampurkan dengan daging.

Bahan utama tersebut akan dicampur dengan parutan kelapa dan cabe sehingga mampu menciptakan rasa masakan yang pedas dan gurih. Sajian ini cocok disantap sebagai lauk atau dimakan begitu saja.

Jika dilihat dari tampilannya, sajian masakan ini terlihat seperti urap. Bahan sayur yang digunakan biasanya daun singkong.

13. Dangkot Daging Kotte Bebek

Sajian ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging bebek yang diolah secara khusus dengan menggunakan bumbu rempah khas Toraja.

Sajian ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan antioksidan. Sehingga mampu memberikan nutrisi optimal bagi tubuh.

Daging bebek yang digunakan sebagai olahan mengandung vitamin B12, sodium, fosfor dan asam amino yang dapat berfungsi untuk mencegah anemia, meningkatkan kinerja otot, dan menghilangkan gas dalam perut.

Daftar makanan khas Toraja Memberikan Anda rekomendasi sajian terlezat yang wajib dicoba ketika berkunjung kesana. Cita rasa kuliner nusantara memang selalu mampu memberi kejutan untuk lidah.

Berita sebelumya10 Tempat Wisata di Bali yang Menakjubkan
Berita berikutnya8 Aplikasi Karaoke Terbaik