Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

6 Manfaat Internship untuk Mahasiswa

Table of Contents

Dengan dibukanya pendaftaran Magang Kampus Merdeka oleh banyak startup-startup terkenal ditambah lagi dengan penawaran konversi 20 SKS selama masa magang, membuat banyak mahasiswa semakin mempertimbangkan kesempatan ini untuk menjajal internship atau yang disebut juga dengan kegiatan magang. Namun, tidak semua mahasiswa siap untuk memasuki dunia kerja sembari berkuliah.

Jika Anda adalah kelompok yang masih ragu-ragu tersebut, ini dia 6 manfaat internship yang bisa Anda dapatkan untuk mahasiswa:

Persiapan Memasuki Dunia Kerja

Persiapan Memasuki Dunia Kerja
image by: freepik

Memang tidak semua mahasiswa ingin bekerja kantoran, namun jika Anda memang memiliki prospek untuk kerja kantoran, mengikuti kegiatan magang atau pendaftaran Magang Kampus Merdeka bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda. Sebab, biasanya magang dilakukan dengan WFH atau WFA, dan terkadang ada lowongan magang yang tidak mengharuskan mahasiswa untuk bekerja 9-to-5, sehingga kamu bisa merasakan sedikit tentang dunia kerja tanpa harus teralihkan dari tugas kuliah maupun tanggung jawab lainnya sebagai seorang mahasiswa.

Mendapatkan Uang Saku

Mendapatkan Uang Saku
Sumber: pexel.com

Magang Kampus Merdeka dan program-program magang lainnya saat ini secara mayoritas telah menyediakan uang saku bagi mahasiswa, bahkan kadang disediakan juga uang internet dan makan siang gratis bagi mereka yang WFO atau uang makan siang bagi mereka yang WFH. Sebab, perkara ini telah diatur di Permenaker dan merupakan hak dari pemagang untuk menerima upah dari hasil kerja kerasnya.

Jadi, jika Anda berpikir untuk menambah tabungan dari uang saku untuk sekedar self-reward dan membeli barang-barang yang Anda suka, tidak ada salahnya untuk mencoba magang!

Memiliki Jenjang Karir

jenjang karir
Sumber: pexels.com

Jenjang karir merupakan sesuatu yang harus disusun secara tepat guna, terutama jika Anda ingin shifting career atau berpindah karir dari prospek jurusan Anda saat ini. Jika Anda bisa memilih tempat magang yang tepat dan menerima career shifter, Anda bisa mulai membangun jenjang karir sejak dini, meskipun berbeda dari keahlian di jurusan Anda.

Magang akan mempercantik CV Anda, terutama jika Anda mendapatkan penilaian dan evaluasi yang baik dari atasan Anda, dijamin pengalaman magang Anda akan menjadi tiket emas untuk mendapatkan posisi full-time atau penuh waktu sesuai karir yang Anda idam-idamkan.

Lakukan yang terbaik selama magang, mulai dari kinerja hingga attitude, sehingga jenjang karir Anda akan tertata rapih dan lancar.

Belajar Langsung dari Ahlinya

Belajar Langsung dari Ahlinya
image by: freepik

Di tempat magang, Anda akan memiliki seorang user atau seorang senior di posisi yang Anda pegang. Seperti contoh, jika Anda adalah seorang Content Creator, maka atasan Anda adalah Creative Lead yang akan mengawasi kinerja Anda dan memberikan arahan terkait pekerjaan Anda sehari-hari.

Di sinilah inisiatif Anda akan dites, sebab Anda sebenarnya sangat bisa menggali banyak ilmu dari user Anda, baik dari melihat cara ia bekerja, maupun sampai bertanya langsung. Ingat, malu bertanya sesat di jalan, maka Anda tidak boleh malu-malu dan buang kesempatan selama magang. Gali banyak ilmu dari user Anda dan dapatkan nilai-nilai pekerjaan yang baik untuk membangun karir Anda, sehingga nantinya Anda bisa memiliki pengalaman untuk bekerja full-time.

Melatih Kemampuan Time Management

cara menarik pelanggan
Sumber: freepik

Untuk Anda yang masih harus membagi prioritas antara magang dan tugas kuliah, magang di semester tengah dan akhir akan menjadi sebuah tantangan baru untuk Anda, sebab beberapa orang sering bingung memilih skala prioritas antara pekerjaan di tempat magang dan tugas kuliah.

Tantangan ini jangan dibawa stres atau dijadikan beban, Anda bisa menggunakan banyak cara untuk mengatur waktu, seperti trik Pomodoro (sebuah metode belajar di mana Anda membagi interval panjang untuk bekerja/belajar dan interval pendek untuk istirahat, seperti 20 menit belajar dan 5 menit sekali beristirahat), atau membuat tabel Eisenhower untuk menentukan skala prioritas saat ini.

Menambah Jejaring Baru

apa itu buzzer
Sumber: freepik

Bekerja di tempat magang, terutama WFO, dapat menambah jejaring pertemanan Anda. Dengan bertemu banyak orang, Anda akan lebih terlatih untuk beradaptasi, berkomunikasi, dan menempatkan diri. Ditambah lagi, dengan mengenal banyak full-timer, Anda bisa mendapatkan koneksi baru di dunia kerja, yang mungkin saja bisa membuka peluang Anda untuk penawaran-penawaran baru.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk mencoba program internship, Trawlbens membuka beberapa kesempatan untukmu di berbagai bidang. Cek segera lowongannya di laman karir Trawlbens segera!

× Customer Service