Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

7 Manfaat Sarapan Pagi yang Sering Terlewat

Manfaat Sarapan Untuk Kesehatan

Banyak sekali orang yang melupakan dan melewatkan betapa pentingnya sarapan pagi bagi kesehatan tubuh dan pikiran.

Jika Anda mengetahui seberapa besarnya manfaat sarapan pagi, Anda tidak akan melewatkan waktu sarapan pagi.

Melewatkan kegiatan sarapan pagi justru dapat meningkatkan kinerja tubuh dan otak untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu yuk ketahui manfaat sarapan pagi bagi kesehatan.

7 Manfaat Sarapan Bagi Tubuh

Manfaat-Sarapan-Bagi-Tubuh

Ini dia manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Fokus Otak

Manfaat sarapan yang pertama adalah meningkatkan fokus otak.

Sarapan pagi akan membuat otak seseorang menjadi lebih fokus dalam berkegiatan. Kondisi perut yang sudah terisi akan membuat seseorang lebih mudah untuk mendapatkan fokus otak. 

2. Meningkatkan Energi Harian

Setiap harinya tubuh akan membutuhkan asupan energi untuk menjalani aktivitas. Segala produktivitas yang dilakukan menjelang siang akan membutuhkan energi yang cukup dalam prosesnya, untuk itu sarapan pagi amat sangat penting untuk pemenuhan energi harian.

3. Mencegah Penyakit Maag

Orang dengan penyakit maag akan merasa tenang jika tidak melewatkan sarapan. Sarapan sangat penting karena tidak membiarkan perut dalam keadaan kosong terlalu lama.

Terhitung sejak malam hari perut tidak menerima asupan makanan, untuk itu sarapan dapat mencegah maag karena tidak membiarkan perut kosong terlalu lama.

4. Mengendalikan Berat Badan

Manfaat sarapan yang berikutnya adalah membantu mengendalikan berat badan.

Banyak orang yang merasa atau berpikir bahwa sarapan bisa membuat kenaikan berat badan karena masukkan kalori di pagi hari.

Justru sebaliknya, sarapan sangat penting dilakukan bagi seseorang yang sedang diet atau ingin mengendalikan berat badan.

Sarapan pagi mampu menghindari Anda dari obesitas karena dapat mencegah fluktuasi kadar gula darah besar-besaran dan menghindari rasa lapar yang berlebihan pada saat jam makan siang.

5. Menjaga Metabolisme

Karena tidak mengkonsumsi apapun pada saat tidur, maka tubuh akan menurunkan kadar gula yang ada secara drastis.

Karbohidrat yang dikonsumsi saat sarapan dapat menjadi sumber energi untuk beraktivitas.

Jika sarapan terlewat maka glycogen atau cadangan gula akan mengambil dari lapisan liver dan otot. Kekurangan glycogen akan menyebabkan turunnya metabolisme tubuh.

6. Menyehatkan Jantung

Rutin sarapan pagi ternyata dapat meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular loh.

Bagi Kesehatan jantung, sarapan pagi akan membantu meningkatkan sel-sel otot jantung sehingga terhindar dari penyakit stroke dan serangan jantung.

7. Menstabilkan Gula Darah

Manfaat sarapan yang terakhir adalah menstabilkan gula darah.

Penurun gula darah secara drastis terjadi pada kondisi saat tidur.

Agar gula darah tetap stabil maka kegiatan sarapan harus dilakukan agar tidak lemas, berkeringat dingin, dan merasa sangat lapar. 

Setelah mengetahui informasi diatas, jangan sampai lupa atau melewatkan lagi kegiatan sarapan pagi ya.

Sayang sekali jika segunung manfaat yang dihasilkan dari sarapan pagi tidak diberikan kepada tubuh dan pikiran Anda.

6 Menu Rekomendasi Sarapan

Menu sarapan pagi sebaiknya diawali oleh menu sarapan yang rendah kalori dan menyehatkan, namun pada umumnya orang Indonesia lebih menyukai menu sarapan yang berisikan nasi atau memiliki kalori tinggi. 

1. Oatmeal

qjjgrPf1AG9ARkN1h3qJ3PCQSiOBqxALfaBg0gwMSyvivNsQmGnOsru6d fvQsVvKobDDNXPwLklFCqAF DI0o8fDoIqD0PpHp3Ya4krMhStX3djwxael5VrKqYmJRa MWfl QCNuWC7R6Xudm3yyg

Oatmeal merupakan salah satu menu makanan yang bisa kamu buat untuk mengisi perut pada saat sarapan pagi.

Rendah kalori yang ada pada oatmeal akan membuat Anda mudah kenyang dan cukup untuk memenuhi kalori harian sarapan pagi.

2. Pancake

TMGzIhl9Ov4IwmBpS r65T8GNdzI1Q VwBbyup4QtcV3ytxZycTSZVucZ1

Pancake merupakan salah satu menu sarapan pagi yang terinspirasi dari western food.

Pancake bisa dipadukan dengan madu atau sirup dan selai.

Karena mudah untuk dibuat, sarapan dengan waffle sangat cocok di makan oleh seseorang yang tidak memiliki waktu luang banyak untuk sarapan.

3. Buah-Buahan Segar

vp54JBsevUemO4htHijQhkTwe3Z6rKYCUgXdVSojYFW7ee9Hoy1p0bPwK0BS33Ph vW5JnrQr3P0AOsLErlUz7fKm1 hkho41867S5SRYnuhZb4m5zN9Emow 573Y04

Potongan buah-buah atau buah utus bisa kamu jadikan salah satu opsi untuk menu sarapan.

Selain tidak perlu repot memasak buah akan membantu Anda memenuhi vitamin harian, sehingga pagi hari menjadi lebih segar.

4. Salad atau Tumis Sayuran

Fw 58bNdjGSc3cGdhtkixqKsps2gExBFlnNNJjwMvXzF7Q6LeqSf5YftR5AKhGDOM1ShrE717OCfsdZF9ZD4LWbKdim9VZ77svleZYkrXC7jEJrGyreALeyHU7mie

Penggemar sayur-sayuran akan memilih menggunakan menu yang berasal dari sayuran, Salad atau tumis bisa kamu jadikan pilihan dalam membuat menu sarapan yang sehat di pagi hari.

Tidak perlu waktu banyak untuk membuat menu ini, karena pada dasarnya sayuran cepat matang jika dimasak. 

5. Nasi Goreng

Rnp0vh3buM4bGjp3d3XDwmXZ PhbNxAIeqBaToNMMQbdMHDK JSNz9ayy5Mz4RC80IKVhTaXZY LkTk9xV3dUi 4wg520O0lAjVPrR93LtsUBRCGvA ufB2IRfj74sKZwzU2OFzT HXPJ5e9P4Gk224

Walau tidak termasuk menu sarapan sehat. Menu ini merupakan sarapan pagi favorit orang Indonesia loh.

Jika perut belum terisi oleh nasi, bagi orang Indonesia rasanya belum disebut sudah makan atau kenyang.

Salah satu menu mudah yang bisa dimasak dengan cepat. Tambahkan topping telur, bakso dan lain-lain akan membuat sarapan mu terasa nikmat.

6. Nasi Uduk

irlprNj8B567zNyV BGREpbRcI8uLH6TTeCml6VK7xJTH5vyLdPDz5zd2AIHHSh SK8i8UggPoIFZ0IBz2EctlL Fb0MqGY MTFTd1ktOtF6 bQAvHPcNtkVcyULr VUQYtAK7ps42RnviTsXPQ9Qyw

Menu sarapan tradisional ala Indonesia ini menjadi salah satu opsi menu sarapan si Indonesia.

Nasi uduk banyak dijual pada saat pagi hari. Memang tidak sesehat oatmeal, namun menu sarapan ini terasa seperti rumah karena memiliki topping dengan cita rasa yang nikmat untuk mengawali pagi.


Suka dengan artikel ini? Dapatkan artikel menarik lainnya hanya di Blog Trawlbens.

× Customer Service