Alasan Hari Libur Maulid Nabi 2021 Diundur

Maulid Nabi 2021
Images by: Pinterest
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Maulid Nabi 2021 di Indonesia jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021. Merayakan dan memperingati Maulid Nabi merupakan salah satu kebiasaan yang berkembang di kalangan masyarakat muslim jauh setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Maulid Nabi sendiri merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengingat hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika tanggal merah sepertinya menjadi hal yang paling disukai dan ditunggu oleh banyak orang, seperti tanggal merah yang jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021.

Namun nampaknya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui informasi mengenai diundurmya hari Libur memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021. Perubahan ini tentu menyebabkan banyak orang bertanya-tanya mengenai alasan diundurnya hari libur Maulid Nabi 2021.

Pemerintah telah mengambil keputusan untuk menunda hari libur nasional untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, yang sebelumnya berlangsung pada 19 Oktober diundur menjadi 20 Oktober 2021.

Pemerintah tentu memiliki berbagai alasan dalam mengambil keputusan salah satunya mengundur hari libur Maulid Nabi 2021 ini. Untuk mengetahui lebih Lanjut mengenai diundurnya hari Libur Maulid Nabi 2021 simak penjelasan dibawah.

Alasan Diundurnya Hari Libur Maulid Nabi 2021 di Indonesia

Pemerintah tentu tidak sembarangan mengambil keputusan untuk mengundur hari libur Maulid Nabi 2021. Hal ini dilakunan tentu mengingat adanya Pandemic Covid-19 yang belum usai di Indonesia.

Mengantisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Meskipun kasus Covid-19 di Indonesia akhir-akhir ini sudah mengalami proses penurunan namun pemerintah tetap harus melakukan pencegahan terjadinya lonjakan kasus covid-19 yang bisa Kembali naik atau terjadi gelombang-gelombang covid-19 selanjutnya yang justru dapat membuat Indonesia mengalami penurunan dalam berbagai aspek.

Salah satu alasan Maulid Nabi 2021 Diundur adalah untuk mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 akibat meningkatnya mobilitas masyarakat di Hari Libur Maulid Nabi 2021.

Bila hari libur tidak diundur dan tetap pada tanggal 19 Oktober 2021 maka akan jatuh pada hari selasa, yang menyebabkan terjadinya hari kejepit. Orang-orang akan mengambil libur lebih lama dan banyak melakukan aktivitas diluar ruangan yang dapat menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Dikhawatirkan banyak masyrakat yang akan mengambil libur Panjang dan berpergian ke luar kota yang dapat berpotensi menyebabkan terjadinya lonjakan penyebaran virus covid-19 dan menimbulkan berbagai resiko yang dapat terjadi selama pandemic ini.

Keputusan untuk menunda hari libur nasional Maulid Nabi 2021 diambil dengan hati-hati melalui berbagai sudut pandang.

Jadi bukan hanya kali ini saja pemerintah mengundur Hari Libur Nasional melainkan sudah beberapa kali untuk mencegah masyarakat memanfaatkan hari kejepit untuk pergi melakukan aktivitas yang dapat menyebakan melonjaknya penyebaran virus covid-19 Karena kasus pandemic covid-19 ini masih harus terus diantisipasi.

Pemerintah tentu tidak ingin hal-hal buruk terjadi di Indonesia selama pandemi ini seperti negara -negara lain yang kewalahan dalam mengadapi pandemi ini.

Banyaknya kasus covid-19 yang melonjak diberbagai negara karena adanya pelonggaran relaksasi di negara lain ditambah dengan penurunan kasus harian Covid-19 menyebabkan Ketidakpedulian di masyarakat terhadap virus ini.

Kapan Hari Libur Maulid Nabi 2021?

Jadi Kapan Maulid Nabi 2021? Keputusan di atas menegaskan bahwa Maulid Nabi pada tahun 2021 yang sebelumnya jatuh pada 19 Oktober 2021 diundur menjadi 20 Oktober 2021.

Namun peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW akan tetap pada 19 Oktober 2021 hanya saja untuk hari liburnya ditunda menjadi 20 Oktober. 2021.

dilansir melalui Kompas, berdasarkan keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Nomor 712, 1 dan 3 Tahun 2021 tentang perubahan kedua atas keputusan bersama Menter Agama, Menteri Tenaga Kerja, Menpan dan RB nomor 642, 4 dan 4 Tahun 2020 mengenai hari libur nasional dan hari libur umum atau cuti bersama.

Dengan adanya penjelasan diatas dapat disimpulkan alasan dibalik mundurnya hari Libur nasional untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Keputusan yang diambil merupakan keputusan yang sudah dipikirkan melalui berbagai sudut pandang sehingga diharapkan masyarakat dapat memahami keputusan pemerintah demi kebaikan bersama.

Untuk masyarakat yang harus melakukan aktivitas diluar rumah dihimbau untuk tetap menjaga kesehatan dan mengantisipasi terjadinya penyebaran virus covid-19 dan memanfaatkan hari libur dengan sebaik- baiknya.

Stay safe, Stay Healthy sahabat Trawlbens!

Berita sebelumyaJasa Ekspedisi Jakarta Kapuas Hulu Murah
Berita berikutnya1 Drama Korea Terbaru Kim Seon Ho