Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Mengulik HIPMI, Organisasi Para Pengusaha 

HIPMI Cover

HIPMI memiliki kepanjangan sebagai Himpunan Pengusaha Muda Indonesia. Organisasi ini adalah organisasi independen non partisipan yang bergerak di bidang ekonomi. Organisasi ini memiliki landasan berupa semangat penumbuhan wirausaha pada kalangan pemuda. 

HIPMI memberikan kesempatan bagi para anggotanya untuk mendapat bantuan konsultasi dan pembinaan usaha. Lalu, dengan bergabungnya Anda ke dalam organisasi HIPMI, maka ANda akan mendapatkan akses kepada 30 ribu pengusaha lainnya yang menjadi anggota aktif HIPMI. Anda juga memiliki kesempatan untuk mengakses pemasaran produk dan permodalan di bank dan lembaga keuangan yang menjadi mitra dari HIPMI.

Yuk simak sepak terjang dari organisasi HIPMI;

Sejarah Berdirinya HIPMI

Sejarah Berdirinya HIPMI
image by: pexels

Organisasi HIPMI sendiri berdiri tepatnya pada tanggal 10 Juni 1972 dan memiliki 9 pendiri, yaitu;

  1. Drs. Abdul Latief
  2. Ir. Siswono Yudo Husodo
  3. Teuku Sjahrul
  4. Datuk Hakim Thantawi
  5. Badar Tando
  6. Irawan Djajaatmadja, SH
  7. Hari Sjamsudin Mangaan
  8. Pontjo Sutowo
  9. Ir. Mahdi Diah

Baca Juga: Perusahaan Ekspedisi dalam Kata dan Bisnis

Keanggotaan HIPMI

Keanggotaan HIPMI
image by: pexels

Terdapat dua jenis status keanggotaan dalam ketentuan organisasi HIPMI. Status Anggota Biasa akan dinobatkan kepada mereka yang berusia 17 hingga 40 tahun. Sedangkan untuk para anggota diatas 40 tahun maka akan diangkat menjadi Anggota Luar Biasa atau yang lebih akrab disebut dengan Senior. 

Tentunya keanggotaan yang dimiliki oleh organisasi ini sangat bebas dan terbuka bagi siapa saja yang memiliki suatu usaha.

HIPMI Perguruan Tinggi

HIPMI Perguruan Tinggi
image by: https://rmol.id

HIPMI yang berfokus pada lingkup perguruan tinggi berdiri pada tanggal 21 Agustus 2006. Organisasi HIPMI PT adalah organisasi otonom yang dicetuskan oleh Erwin AKsa, Raja Sapta Oktohari, dan Bahlil Lahadalia dan diresmikan oleh Jusuf Kalla yang kala itu menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. 

Keanggotaan HIPMI Perguruan Tinggi ini menerima anggota di berbagai bangku perguruan tinggi. HIPMI PT diharapkan dapat memfasilitasi lapangan pekerjaan yang diberikan oleh mahasiswa.

Latar belakang pendirian HIPMI PT adalah sebuah kesadaran terhadap meningkatnya populasi pengangguran di Indonesia. Lebih parahnya lagi, tingkat pengangguran tersebut beberapa diantaranya adalah orang-orang terdidik. 

Baca Juga: Pelabuhan: Peran, Fungsi, dan Mekanisme dalam Sistem Logistik Indonesia

Moto HIPMI

Moto HIPMI
image by: pexels

Motto yang dimiliki oleh organsisasi HIPMI adalah “Pengusaha Pejuang – Pejuang Pengusaha”. Motto ini bermakna bahwa kader HIPMI diharapkan untuk menjadi pengusaha yang tangguh dan berwawasan kebangsaan sehingga memiliki kepedulian terhadap tuntutan rakyat.

Syarat Bergabung HIPMI

Syarat bergabung HIPMI
image by: pexels

Dikutip dari Hipmibogor.id, terdapat beberapa syarat untuk menjadi anggota HIPMI, yaitu;

  1. Warga Negara Republik Indonesia
  2. Pemilik atau penanggung jawab usaha
  3. Berusia antara 18 hingga 40 tahun
  4. Memberikan lampiran berupa fotokopi identitas dan legalitas usaha
  5. Membayar uang iuran keanggotaan dan biaya administrasi
  6. Bersedia untuk mematuhi tata tertib, anggaran dasar, dan anggaran rumah tangga organisasi

Baca Juga: 7 Tips Jadi Pengusaha Sukses Di Bidang Cargo Logistik

HIPMI Saat ini

HIPMI Saat ini
image by: pexels

Saat ini, HIPMI telah berdiri tangguh selama 48 tahun lamanya dengan memiliki anggota lebih dari 3000 anggota. Selain itu, HIPMI juga memiliki sebanyak 171 pengurus inti dan memiliki kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia.

Ketua HIPMI saat ini adalah Mardani H. Maming dengan periode 2019-2022. Jabatan tersebut disahkan pertanggal 17 September 2019 sehingga menggantikan ketua umum sebelumnya, Bahlil Lahadalia.

Berbicara mengenai ketua umum, ternyata Aburizal Bakrie dan Sandiaga Salahudin Uno pernah menjadi Ketua Umum HIPMI. Aburizal Bakrie menjabat pada periode 1977 hingga 1979, sedangkan Sandiaga Salahudin Uno pernah menjabat dalam periode 2005 hingga 2008

Artikel ini ditulis oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber/Referensi: 

Tentang Kami

https://id.wikipedia.org/wiki/Himpunan_Pengusaha_Muda_Indonesia

https://www.solopos.com/ingin-jadi-anggota-hipmi-ini-cara-dan-syaratnya-1480226

× Customer Service