Dari Facebook Menjadi Meta, Ini 2 Alasan Lengkap Zuckerberg

Meta
Images by: Cnnindonesia.com
Daftar Mitra TrawlBens

TrawlbensBerubahnya Nama perusahaan induk Facebook menjadi Meta cukup menuai banyak perhatian publik. Facebook Adalah sebuah layanan jejaring sosial yang memiliki kantor pusat di Menlo Park, California, AS, facebook diperkenalkan pertama kali pada  Februari 2004.

Pada September 2012, Facebook berhasil memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif diseluruh dunia dan dijuluki sebagai Rajanya media sosial.

Dan lebih dari setengahnya adalah para pengguna ponsel. Untuk memiliki akun facebook pengguna harus mendaftar sebelum  menggunakan situs ini.

Dengan mendaftar pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan seperti pemberitahuan otomatis saat profil diperbarui. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup yang berisi pengguna facebook dengan minat yang sama.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCallum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Keanggotaan di situs web ini awalnya terbatas pada mahasiswa Harvard, tetapi kemudian diperluas ke universitas lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford.

Facebook perlahan-lahan dipublikasikan kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dipublikasikan kepada siswa sekolah menengah, dan akhirnya kepada orang-orang yang berusia di atas 13 tahun.

Meskipun terbilang sangat sukses dan banyak orang yang merasa terbantu dengan kehadirannya, Facebook tentu juga tidak luput dari banyak perhatian negatif  sebagai situs yang terlibat dalam penyebaran konten nakal, teori konspirasi, provokasi kegiatan demonstrasi yang dapat menyebabkan kehidupan seseorang terganggu.

Setelah sekian lama Facebook dikenal dan mengisi kehidupan sekian banyak orang diseluruh dunia Facebook Inc perusahaan induk facebook resmi mengganti namanyanya menjadi Meta pada Kamis (28/10/2021) waktu AS.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menyatakan perubahan mengenai nama perusahaan induk yang juga menaungi Instagram dan WhatsApp itu merupakan bagian dari `rebranding` untuk perusahaan.

Meski begitu, perubahan nama ini  tak akan mengubah struktur perusahaan yang sebelumnya. Raksasa teknologi yang memiliki 2,9 miliar pengguna bulanan tersebut juga secara resmi pemperkenalkan logo barunya.

Alasan Digantinya Nama Facebook Menjadi Meta

Selaku CEO Facebook Inc, Mark Zuckerberg, menjelaskan alasanya mengenai  pergantian nama perusahaan menjadi Meta Platform Inc setelah mengumumkannya secara resmi pada Kamis (28/10) waktu AS.

Nama Baru yang Mewakili Harapan Masa Depan Perusahaan

Nama Meta dipilih sebagai pengganti nama facebook untuk mewakili harapan masa depan setelah mengalami sederet masalah yang terjadi di dunia media sosial selama ini.

Rebranding dipercaya akan memperkuat posisi raksasa media sosial  di dunia baru yang disebut Metaverse, yang dipandang oleh Zuckerberg sebagai masa depan Internet.

Zuckerberg  melihat sisi bisnis mereka sebagai dua segmen yang berbeda, satu untuk aplikasi sosial dan satu lagi untuk platform masa depan.

Ini bukan pertama kalinya perusahaan teknologi kelas dunia mengalami perubahan nama. Sebelumnya Google melakukan hal yang sama  pada tahun 2015, dengan mengganti Namanya menjadi Alphabet Inc.

Contoh lainnya dapat kita lihat pada tahun 2016 ketika Snapchat mengganti namanya menjadi Snap Inc.

Perubahan identitas baru Facebook ini terlihat sejalan dengan visi masa depan yang sedang dikejar. Identitas merek memiliki tujuan yang komprehensif, serta tujuan  teknis dan fungsional.

“Facebook adalah merek media sosial yang ikonik. Semakin banyak yang kami lakukan, semakin banyak orang menganggap kami sebagai perusahaan media sosial, tetapi kami menciptakan teknologi yang  membantu orang terhubung satu sama lain”

“Saya pikir itu  berbeda dengan perusahaan lain karena kami memikirkan bagaimana orang berinteraksi dengan teknologi, di mana  orang  berinteraksi satu sama lain. Kami mengembangkan teknologi agar kami bisa melakukannya, “kata Zuckerberg.

Namun, penggantian nama ini tidak berlaku dan tidak akan memengaruhi nama produk media sosial  di bawah Meta. Nama “Facebook”  akan terus digunakan tidak hanya di jejaring sosial, tetapi juga media sosial yang berada dibawah perusahaan Meta seperti Instagram, WhatsApp, dan lainnya.

Perubahan nama perusahaan  ini juga mempengaruhi nama-nama yang terdaftar dalam bursa saham. Nama saham facebook  yang awalnya dikodekan dalam “FB” akan diubah menjadi “MVRS” pada 1 Desember.

Bagaimana nih pendapat kalian mengenai perubahan nama induk perusahaan facebook yang berubah menjadi meta?

Berita sebelumya400 Harimau Sumatera Spesies Terakhir Terancam Punah
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Sumatera Murah Kirim 10kg Gratis Pickup!