Niat Sholat Istikharah Lengkap dan 20 Caranya

Niat Sholat Istikharah
Images by: sekolahumroh.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Niat sholat istikharah adalah salah satu bagian dari sholat istikharah yang tidak boleh untuk dilewatkan. Sebab, niat inilah yang menjadi salah satu pembeda dari sholat istikharah dengan sholat sunnah yang lainnya.

Bagi yang sedang dilanda keraguan-raguan dalam memilih di antara beberapa pilihan akan suatu perkara penting dalam kehidupan, ada baiknya Anda melakukan sholat istikharah. Untuk itu, simak pembahasan lengkapnya hanya di sini!

Pengertian Sholat Istikharah

Bagi Anda yang belum mengetahui, sholat istikharah adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk membantu seseorang dalam menentukan pilihan mengenai suatu perkara penting dalam kehidupannya.

Perkara ini meliputi banyak hal, bisa dalam hal memilih pekerjaan, memilih rumah yang cocok, bahkan memilih pasangan hidup yang tepat.

Hal-hal yang dalam memilihnya Anda perlu sholat istikharah tentu merupakan hal yang penting dan ada hak bagi Anda untuk memilih seperti perkara yang telah disebutkan di atas.

Namun, untuk perkara yang wajib seperti sholat fardhu, Anda tidak diperkenankan untuk sholat istikharah untuk menentukan apakah harus sholat atau tidak karena hukumnya sudah jelas yaitu wajib.

Kemudian hal-hal yang sifatnya negatif pun Anda tidak diperkenankan untuk sholat istikharah untuk menentukan pilihan seperti perbuatan yang dilarang agama yaitu mencuri atau berzina. Anda tentu tahu Perkara ini tidak boleh untuk dilakukan.

Pengerjaan sholat ini hampir sama dengan sholat fardhu ataupun sholat sunnah lainnya pembedanya hanyalah dari segi niat sholat istikharah dan do’a yang dibaca setelah melaksanakan sholat ini.

Jumlah Rakaat Sholat Istikharah

Bagi yang dilanda keraguan-raguan dalam menentukan pilihan, Anda dapat berserah dan memohon petunjuk pada Allah SWT. Adapun jumlah dari rakaat sholat istikharah minimal sebanyak 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat dengan salam setiap 2 rakaatnya.

Jumlah rakaat ini dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda dan tidak mempengaruhi kualitas ibadah selagi sholat istikharah, yang dilakukan dengan kesungguhan hati serta dengan tata cara yang baik dan benar.

Hadits-Hadits Mengenai Sholat Istikharah

Sebelum mengetahui niat sholat istikharah serta tata cara melaksanakannya, ada baiknya kita menyimak beberapa hadits sahih yang membahas tentang ibadah sunnah sholat istikharah ini.

Hadits ini merupakan hadits sahih yang dapat dijadikan landasan mengapa sholat istikharah sangat dianjurkan untuk dilakukan bagi umat muslim yang sedang dirundung keraguan dalam menentukan pilihan.

Hadits sahih yang bersumber dari sahabat Jabir bin ‘Abdillah r.a. Dia berkata:

“Rasulullah SAW mengajari kami sholat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapi, sebagaimana Beliau mengajarkan kami suatu surat dari Al-Qur’an. Beliau berkata:

“Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah sholat dua rakaat yang bukan sholat wajib, kemudian berdoalah…”. [HR. al-Bukhari].
Keutamaan Sholat Istikharah

1. Berserah Sepenuhnya Kepada Allah

Seorang hamba yang melaksanakan sholat istikharah merupakan tanda bahwa ia telah menyerahkan sepenuhnya pilihan-pilihan yang tersedia pada Allah SWT.
Jadi, apapun yang nantinya akan Allah takdirkan dalam pilihan tersebut sudah tentu kita akan merasa ikhlas dan lapang untuk menerimanya. Di sinilah keutamaan dari sholat istikharah dimana kita selalu melibatkan Allah termasuk dalam menentukan pilihan.

2. Mendapatkan Ketenangan Hati

Dihadapkan pada pilihan yang sulit tentu akan membuat Anda sulit untuk mendapatkan ketenangan. Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan sholat istikharah.
Pasalnya, dengan sholat ini Anda dapat mencurahkan segala kebimbangan Anda pada sang pencipta. Dengan begitu, maka hati akan merasa lebih tenang daripada sebelumnya.

3. Kemantapan Hati Akan Tercapai

Setelah melaksanakan sholat istikharah, insyaallah Allah SWT akan memberikan petunjuk mengenai pilihan terbaik, sehingga hati tidak lagi bimbang dan menjadi mantap dengan pilihan yang akan diambil.

4. Menjauhi Godaan Syaitan

Syaitan akan lebih mudah membisiki dan menggoda iman manusia saat hati manusia dilanda rasa was-was, sehingga salah satu cara untuk menghindari atau menghalau hal ini adalah dengan meminta petunjuk pada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Karena menentukan pilihan yang paling benar adalah dengan cara agama, bukan dengan cara yang menyimpang seperti bertanya pada praktisi supranatural yang tidak jelas kebenarannya dan sudah tentu membuat Anda jatuh pada jurang kemusyrikan. Nauzubillahi Min Dzalik.

Waktu Terbaik untuk Sholat Istikharah

Sholat istikharah dapat Anda lakukan kapan saja Anda sempat atau inginkan karena tidak ada waktu tertentu untuk melakukan sholat sunnah ini. Namun, waktu terbaik yang dianjurkan dan dianggap sebagai waktu terbaik untuk mengerjakan sholat istikharah adalah di sepertiga malam terakhir.

Pasalnya, di sepertiga malam terakhir memiliki banyak keistimewaan salah satunya adalah lebih mustajabnya do’a yang dipanjatkan pada waktu ini. Adapun kisaran waktu sepertiga malam terakhir adalah dari jam 1 dini hari sampai sekitar jam 3 dini hari atau menjelang waktu subuh.

Pada waktu inilah kedekatan seorang hamba dengan Tuhannya mencapai puncaknya, sehingga akan didapatkan interaksi batin yang maksimal dalam mencurahkan segala kegundahan yang Anda sedang rasakan.

Bacaan Niat Sholat Istikharah

“Ussholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala.”

Artinya: “Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Melaksanakan Sholat Istikharah

– Membaca niat sholat istikharah dalam hati
– Melakukan takbiratul ihram
– Membaca do’a Iftitah
– Membaca surat Al-fatihah
– Membaca surat pendek dari Al-Qur’an, dianjurkan surat Al-Kafirun
– Melakukan ruku’ dengan tuma’ninah
– Melakukan i’tidal dengan tuma’ninah
-Sujud dengan tuma’ninah
– Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
– Sujud yang kedua dengan tuma’ninah
– Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat yang kedua
– Membaca surat Al-fatihah
– Membaca surat pendek dari Al-Qur’an, dianjurkan surat Al-Ikhlas
– Melakukan ruku’ dengan tuma’ninah
– Melakukan i’tidal dengan tuma’ninah
– Sujud dengan tuma’ninah
– Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
– Sujud yang kedua dengan tuma’ninah
– Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
– Salam

Do’a Setelah Sholat Istikharah

Setelah melaksanakan sholat istikharah dengan niat sholat istikharah dan tata cara yang benar, dianjurkan untuk membaca do’a, yaitu:

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub.

Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.
Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu, dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan, dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu, dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya.
Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku (atau baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya.”

Setelah membaca do’a ini Anda dapat menyampaikan segala kegelisahan Anda. Anda dapat menceritakan semuanya pada Allah SWT tentang pilihan-pilihan yang Anda sangat ragu dan bimbang dalam memilih. Berkeluh kesahlah sampai hati Anda lebih tenang.

Setelah melakukan sholat istikharah biasanya hati Anda akan lebih tenang dan akan mendapatkan kemantapan hati atau lebih yakin pada salah satu pilihan.

Hasil dari sholat istikharah juga bisa didapatkan lewat mimpi, tanda-tanda tertentu atau isyarat. Anda juga dapat mengulangi sholat istikharah untuk perkara yang sama hingga dua atau tiga kali jika belum mendapatkan kemantapan hati dalam menentukan pilihan.

Kini Anda telah mengetahui dengan jelas mengenai sholat istikharah dari niat sholat istikharah, tata cara melaksanakannya hingga keutamaan yang dimiliki. Kini Anda dapat memohon kemudahan pada Allah SWT saat dihadapkan pada pilihan yang sulit.

Laksanakan sholat istikharah dengan sepenuh hati dan serahkan semua perkara pada Allah SWT sebaik-baiknya penentu segala sesuatu. Semoga Allah SWT senantiasa mendekatkan kita pada kebaikan dan semoga Anda dapat memilih pilihan terbaik bagi kehidupan Anda.

Berita sebelumyaEkspedisi Jakarta Padang Murah Rp 2.500/kg
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Jakarta Tapin Murah Gratis Jemput