2 Bacaan Niat Sholat Isya Lengkap Dengan Pengertiaannya

Niat Sholat Isya
Images by: Pinterest.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Niat sholat isya yang benar dalam ajaran Islam mempunyai kedudukan yang sangat penting.

Ibadah seorang hamba baru akan dinilai pahala di sisi Allah, apabila orang tersebut memurnikan niat dalam ibadahnya hanya untuk Allah dan tata cara ibadahnya benar. Berikut pembahasan terkait niat sholat:

Terkait Sholat Isya

Sholat isya adalah salah satu sholat wajib lima waktu yang harus dilaksanakan setiap umat muslim yang telah baligh. Meninggalkan sholat isya akan berdampak kepada dosa besar bagi pelakunya.

Sholat isya dilaksanakan sebanyak empat rakaat dan merupakan sholat dengan waktu sholat yang paling lama.

Waktu sholat isya adalah setelah sholat maghrib hingga sebelum masuk waktu sholat subuh. Lebih tepatnya, sholat isya dimulai sejak mega merah di langit menghilang sampai waktu sepertiga malam atau sebelum muncul fajar kedua.

Sementara menurut Ustadz Ahmad Sarwat, waktu sholat isya secara fiqihnya dimulai sejak waktu sholat maghrib berakhir dan terus sepanjang malam sampai fajar shadiq terbit di dini hari.

Pendapat ini disandarkan kepada nash yang menyebutkan bahwa setiap waktu sholat memanjang dari berakhir waktu sholat yang sebelumnya sampai waktu sholat berikutnya masuk (terkecuali sholat subuh). Terkait waktu utama sholat isya adalah pada sepertiga malam atau setengahnya.

Oleh karena itu, hadist dari Aisyah radiallahu anhu mengatakan bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa salam kadang mengakhirkan sholat isya.

Beliau shalallahu alaihi wa salam pernah keluar di suatu malam ketika penduduk Madinah terlelap untuk melaksanakan sholat isya (beliau mengakhirkan sholat isya).

Allah telah memberikan keutamaan yang sangat besar bagi siapa saja yang melaksanakan sholat isya secara berjamaah. Hal ini termaktub di dalam Hadist Riwayat Imam Muslim.

Allah memberikan ganjaran orang yang melaksanakan sholat isya berjamaah seperti orang yang melaksanakan sholat malam selama separuh malam.

Kemudian jika orang tersebut menyempurnakan sholatnya dengan sholat subuh berjamaah, maka orang tersebut seperti sholat seluruh malam.

Bacaan Niat Sholat Isya Arab, Latin dan Artinya

Bacaan niat sholat isya yang sering diajarkan dapat dibedakan berdasarkan sholat yang dilaksanakan apakah berjamaah atau munfarid (sendirian).

Jika sholat dijalankan secara berjamaah, maka dapat ditambahkan kata “makmuman” jika sebagai makmum atau “imaman” jika sebagai imam.

1. Lafadz Niat Pelaksanaan Sholat Isya Berjamaah

أُصَلِّى فَرْضَ العِشَاءِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى.

Usholli fadlol i’syaa-i arba’a roka’aataim mustaqbilal qiblati adaa-an makmuman/imaman lillahi ta’aala

Artinya: “Aku niat melakukan sholat fardu isya empat rakaat, sambil menghadap kiblat, saat ini (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala

2. Lafadz Niat Pelaksanaan Sholat Isya Sendirian (Munfarid)

أُصَلِّى فَرْضَ العِشَاء ِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Usholli fardlol i’syaa-i arba’a roka’aataim mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta’aala

Artinya: “Aku niat melakukan sholat fardu isya empat rakaat, sambil menghadap kiblat, saat ini, karena Allah ta’ala”

Tata Cara Melafalkan Niat Sholat Isya Sesuai Tuntunan

Niat sholat isya yang lurus dan hanya semata-mata untuk Allah akan sangat menentukan diterima atau tidaknya amalan kita. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang muslim untuk memahami tata cara melafalkan niat sholat yang benar. Berikut beberapa hal yang harus dipahami:

1. Niat di Dalam Hati Sudah Cukup

Mayoritas ulama muktabar berpendapat bahwa niat untuk melaksanakan sholat cukup dihadirkan di dalam hati saja dan tidak perlu dilisankan di bibir baik secara sirr (lirih) atau jahr (jelas). Mayoritas ulama berpendapat bahwa niat adalah perkara ghaib karena letaknya di dalam hati.

Oleh karena letak niat di dalam hati, maka hanya orang itu dan Allah subhanahu wa ta’ala saja yang tahu.

Memurnikan niat hanya untuk beribadah kepada Allah sangat penting sebelum memulai sholat agar hati khusyu’. Niat sudah harus dihadirkan ketika tangan akan diangkat untuk mengucapkan takbiratul ihram.

2. Niat Bisa dalam Bahasa Apapun

Baik niat sholat isya maupun niat sholat wajib lima waktu lainnya sebenarnya tidak harus diucapkan atau dihadirkan dalam hati dengan bahasa Arab.

Sehingga apabila Anda belum hapal bacaan niat sholat di atas, sebenarnya tidak masalah dan tidak menentukan sah tidaknya sholat Anda.

Anda bisa menghadirkan niat sholat dalam bahasa apapun yang Anda nyaman menggunakannya.

Anda bisa membaca niat tersebut baik dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab, bahasa Inggris, maupun bahasa daerah. Allah Maha Mengetahui sehingga Allah sudah pasti mengetahui maksud dari ucapan Anda.

Bacaan yang sudah ditentukan hanyalah bacaan saat sholat saja. Jika tangan sudah takbiratul ihram, maka Anda tidak boleh berkata-kata dengan ucapan lain selain bacaan sholat dan dzikir.

3. Bacaan Niat Bebas

Bacaan niat sejatinya bebas dan tidak ditentukan harus seperti apa. Bacaan niat yang ditulis di atas tersebut hanyalah contoh yang bisa Anda gunakan untuk menghadirkan niat ketika akan sholat. Hal ini karena Rasulullah shalallahu alaihi wa salam sendiri tidak mencontohkan langsung bacaan niat sholat.

Hal terpenting saat menghadirkan niat bukanlah kalimatnya, namun esensi atau maksud dari niat tersebut yakni ibadah yang ditujukan untuk Allah semata. Saat niat dihadirkan di dalam hati diharapkan pikiran dapat lebih terfokus untuk ibadah.

4. Hukum Melafadzkan Niat di Bibir

Pertanyaan selanjutnya adalah lantas bagaimana hukum melafadzkan niat tersebut di bibir? Para ulama memang berbeda pendapat terkait hukum melafadzkan niat sholat di bibir.

Namun, mayoritas ulama empat madzhab berpendapat hukum melafadzkan niat dibolehkan bahkan ada yang menghukuminya sunnah.

Menurut ulama madzhab al Hanafiyah, hukum asal melafadzkan niat sebelum sholat adalah bid’ah. Hanya saja hukum tersebut berbeda untuk mereka yang mempunyai penyakit was-was.

Di dalam kitab Al Asybah wa Al Nazoir dijelaskan bahwa untuk yang berpenyakit was-was, hukumnya adalah mustahab atau disukai.

Sementara menurut pandangan ulama madzhab Al Malikiyyah, melafadzkan niat sholat memang menyalahi keutamaan sholat sehingga sebaiknya dihindari.

Namun apabila orang tersebut berpenyakit was-was atau dapat menghadirkan ketenangan, maka hukum melafadzkannya Sunnah.

Pandangan ulama madzhab Al Malikiyyah terkait hal ini bisa dilihat di kitab Hasyiyah Al Dusuqi. Sementara menurut jumhur ulama madzhab Hanabillah dan Al-Syafi’iyyah, melafadzkan niat sholat adalah sunnah.

Hal ini dikarenakan melafadzkan niat dapat mengingatkan hati yang sedang lengah agar khusyu’ sholat.

Rukun Sholat Isya

Rukun melaksanakan sholat isya sebenarnya sama dengan rukun sholat wajib ataupun sholat pada umumnya. Berikut adalah rukun dalam melaksanakan sholat isya maupun sholat lima waktu:

1. Berdiri jika mampu jika tidak maka boleh sholat dalam posisi duduk dan berbaring miring.

2. Takbiratul ihram dengan mengucapkan “Allahu akbar”.

3. Membaca surah al Fatihah di setiap rakaat sholat.

4. Ruku’ dan thuma’ninah. Rasulullah mencontohkan thuma’ninah ketika sholat adalah kondisi saat tubuh dan persendian juga ikut tenang sehingga tidak dalam posisi terburu-buru.

5. I’tidak dan thuma’ninah.

6. Sujud dan thuma’ninah. Pada posisi sujud, ada tujuh bagian anggota badan yang menempel di permukaan sholat, yakni dahi termasuk hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut dan kedua ujung kaki.

7. Duduk di antara dua sujud dan thuma’ninah.

8. Duduk tasyahud akhir sambil membaca bacaan tasyahud “at tahiyatu lillah…”

9. Bersholawat kepada nabi.

10. Salam.

Melafadzkan niat sholat isya dengan bacaan yang sama persis dengan di atas memang tidak wajib dan tidak menjadi penyebab batalnya sholat seseorang.

Hal paling penting adalah menghadirkan niat ibadah sholat isya hanya untuk Allah di dalam hati meski melafadzkan baik dengan sirr dan jahr juga tidak masalah.

Berita sebelumyaJasa Ekspedisi Jakarta Banda Aceh Kirim 10kg Gratis Jemput
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Jakarta Tanjung Pinang Kirim 10kg Gratis Jemput