Niat Sholat Qobliyah Subuh, Lengkap 4 Keutamaan

Niat Sholat Qobliyah Subuh
Images by: wallpaperflare.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Niat sholat qobliyah subuh merupakan bagian yang penting dari sholat qobliyah subuh. Sebelum mengerjakan sholat sunnah ini Anda tentu harus mengetahui secara lengkap bagian dari sholat qobliyah subuh dari niat sampai keutamaan yang dimiliki.

Untuk itu, kami telah menyiapkan pembahasan lengkap mengenai niat sholat qobliyah subuh, tata cara pelaksanaan, dan keutamaan yang dimiliki sholat ini khusus untuk Anda.

Mengenal Sholat Qobliyah

Sholat qobliyah merupakan bagian dari sholat rawatib. Sholat rawatib sendiri merupakan sholat Sunnah yang dilaksanakan untuk mengiringi sholat fardhu yang didahului dengan niat sholat qobliyah.

Sholat rawatib atau sholat pengiring ini bisa dilakukan sebelum sholat fardhu atau yang biasa disebut dengan sholat qobliyah atau setelah sholat fardhu yang biasa disebut dengan sholat ba’diyah.

Jadi sholat qobliyah subuh adalah sholat pengiring sholat fardhu yaitu sholat subuh yang dilakukan sebelum sholat subuh. Untuk jumlah rakaat dari sholat ini adalah dua rakaat.

Keutamaan Sholat Qobliyah Subuh

Sholat qobliyah subuh memiliki banyak keutamaan sehingga sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Berikut Keutamaannya sholat qobliyah subuh yang perlu Anda ketahui:

1. Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Sholat qobliyah subuh memang memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah pahala yang besar bagi umat muslim yang mengerjakannya.

Bahkan dalam salah satu Hadits Shahih, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam menyebutkan bahwa sholat fajar atau sholat qobliyah subuh lebih baik daripada dunia dan isinya.

Berikut isi hadits yang menerangkan hal ini:

“Dua raka’at fajar (sholat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim).

Hadits tersebut menunjukkan betapa sholat qobliyah subuh memiliki kebaikan yang besar. Untuk itu tidak ada salahnya sebagai umat muslim kita mengerjakan sholat qobliyah sebelum menunaikan sholat subuh.

Hanya dua rakaat namun dapat memberikan pahala dan kebaikan melebihi dunia beserta isinya. Sudah tentu pengerjaan sholat qobliyah tidak lebih baik nilainya dari sholat fardhu yaitu sholat subuh. Hal ini juga dijelaskan dalam hadits yaitu:

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda tentang keutamaan luar biasa dari sholat subuh.

“Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada sholat Isya’ dan sholat subuh, tentu mereka akan mendatanginya sambil merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan kedua hadits di atas, tentu sudah sepatutnya kita dapat menjaga ibadah kita dengan mengutamakan yang fardhu dan melengkapinya dengan yang sunnah agar insyaallah Allah SWT akan melimpahkan kebaikan bagi kehidupan kita.

2. Meneladani Kebiasaan Rasulullah

Sebagai umat muslim tentu kita senantiasa harus meneladani Kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. Hal ini tentunya terutama dalam hal ibadah.

Jika Anda ingin meneladani kebiasaan Rasulullah, maka sholat qobliyah subuh adalah satu sholat yang dapat Anda lakukan sebelum melaksanakan sholat subuh.

Adapun hadits yang menjelaskan hal ini yaitu:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga sholat subuh. Sebelum sholat subuh dimulai, beliau dahului dengan dua raka’at ringan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Memperbaiki Kekurangan Sholat Fardhu

Sebagai seorang manusia tentu kita tak akan pernah luput dari kesalahan dan kekurangan. Hal ini pun kerap terjadi dalam hal ibadah.

Ada kalanya dalam keseharian kita, saat menunaikan sholat fardhu mungkin terjadi kesalahan atau kekurangan pada bagian tertentu dalam sholat.

Namun, Allah SWT memang begitu maha pengasih dan penyayang. Ia selalu memberikan hambanya jalan keluar, termasuk untuk memperbaiki kekurangan yang kerap kita lakukan dalam sholat fardhu.

Untuk melengkapi atau memperbaiki kekurangan yang mungkin terjadi pada sholat fardhu adalah dengan melaksanakan sholat rawatib bisa sebelum yaitu qobliyah ataupun sesudah yaitu ba’diyah.

Tidak terkecuali dengan sholat qobliyah subuh tentu akan memperbaiki kesalahan ataupun kekurangan dalam sholat subuh yang kadangkala kita lakukan.

Hal ini tentu juga memiliki dalil kuat yaitu salah satu Hadits Rasulullah Saw yang Shahih.
Dalam hadits tersebut Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah sholat.

Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih mengetahui segala sesuatu, “Lihatlah kalian pada shalot hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna.

Namun, jika sholatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan sholat sunnah? Jika ia memiliki sholat sunnah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan sholat sunnah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.” (HR. Abu Daud).

4. Balasan Rumah di Surga

Setiap orang tentu sangat mendambakan surga sebagai tujuan terakhir. Semua umat muslim berlomba-lomba untuk beribadah agar Allah SWT berkenan menghadiahkan surga untuk kita nantinya.

Tahukah Anda? Sholat sunnah qobliyah subuh adalah salah satu sholat yang memiliki keistimewaan khusus karena pada hadits dijelaskan bagi umat muslim yang senantiasa menjaga ibadah sholat sunah ini akan dibangunkan baginya sebuah rumah di surga (istana).

Hal ini juga dijelaskan dalam hadits Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam yaitu:
Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha, Istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia berkata,

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Seorang hamba yang muslim melakukan sholat sunnah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata, “Setelah aku mendengar hadits ini aku tidak pernah meninggalkan sholat-sholat tersebut.” (HR. Muslim).

Niat Sholat Qobliyah Subuh.

Niat merupakan salah satu bagian yang begitu penting bagi sholat. Untuk niat sholat qobliyah Subuh sendiri juga berbeda dengan sholat yang lainnya.

Berikut bacaan niat sholat qobliyah subuh:

Ushalli sunnatas shubhi rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunah Subuh dua rakaat karena Allah SWT.”

Tata Cara Sholat Qobliyah Subuh

– Membaca niat sholat qobliyah subuh dalam hati ataupun dapat melafalkannya dan dibarengi dengan takbiratul ihram.

– Membaca surat Al-Fatihah.

– Membaca salah satu surat dalam Al-Quran (surat yang dianjurkan adalah surat Al- Kafirun, surat Al-Ikhlas, surat Al-Baqarah ayat 136, dan surat Ali Imran ayat 52).

– Ruku’.

– I’tidal.

– Sujud pertama.

– Duduk di antara dua sujud.

– Sujud kedua pada rakaat yang pertama.

– Berdiri dan mengulang urutan di 6 sejak membaca Surah al-Fatihah hingga sujud kedua.

– Duduk tasyahud akhir.

– Mengucapkan salam sambil menoleh ke kanan dan kiri.

Do’a dan Zikir Setelah Sholat Qobliyah Subuh

Salah satu ulama besar yaitu Syeikh An Nawawi memberi anjuran pada umat Islam untuk membaca zikir setelah melaksanakan sholat qobliyah subuh.

Hal ini dilakukan untuk menyempurnakan ibadah sholat ini dan merupakan kebiasaan yang baik untuk dilakukan setelah sholat.

Berikut bacaan zikir khusus atau do’a setelah sholat qobliyah subuh yang dapat Anda baca seusai melaksanakan sholat qobliyah subuh:

– Ya Hayyu Ya Qayyum Laa Ilaaha Illa Anta (40 kali)

– Al Ikhlas (11 kali)

– Al Falaq (1 kali)

– An Nas (1 kali)

– Ditutup dengan Subhanallah wa Bihamdihi, Subhanallahil Adhim, Astaghfirullah (100 kali)Setelah melakukan zikir tersebut sangat dianjurkan agar Anda berbaring sejenak menghadap ke samping kanan sambil menunggu waktu sholat fardhu atau sholat subuh tiba.

Sambil menunggu dalam posisi berbaring, Anda dapat membaca do’a berikut:

“Allahumma Robbi Jibrila wa Mikaila wa Isroofiila wa ‘Izrooiila, wa Robbi Sayyidina Muhammadin Shollallahu ‘alaihi wa sallam. Ajirnii minan naar”

Artinya:

“Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, dan Tuhannya junjungan kami Muhammad SAW. Selamatkanlah kami dari neraka”.

Sebagai seorang muslim tentu kita harus senantiasa berbenah salah satunya dengan berusaha memperbaiki ibadah ataupun melengkapi ibadah dari sholat fardhu yang telah kita lakukan, terlebih sebagai manusia kita tidak pernah luput dari kesalahan.

Salah satu upaya melengkapi kekurangan sholat fardhu dapat dilakukan dengan melaksanakan sholat qobliyah subuh untuk melengkapi kekurangan sholat fardhu yaitu sholat subuh yang mungkin terjadi. Senantiasa bersemangat untuk berbenah dan semoga bermanfaat!

Berita sebelumyaJasa Ekspedisi Jakarta Yogyakarta Murah Hanya Rp 2.000/kg
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Jakarta Lamandau Murah, Kirim 10kg Gratis Jemput