Niat Sholat Tahajud, Lengkap 6 Keutamaannya

Niat Sholat Tahajud
Images by: Pinterest
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Niat sholat tahajud adalah bacaan yang harus Anda ketahui sebelum menunaikan ibadah sholat sunnah tahajud.

Ibadah sunnah yang sangat dianjurkan karena selalu Rasulullah shalallahu alaihi wasallam kerjakan ini tentu memiliki banyak keutamaan.

Tentu Anda sering mendengar tentang sholat ini, namun bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah sholat tahajud Anda perlu mempelajari niat sholat tahajud, tata cara melaksanakannya dan apa saja keutamaan yang dimiliki.

Untuk itu, simak terus pembahasan selengkapnya di sini:

Pengertian Sholat Tahajud

Pengertian sholat tahajud secara etimologi atau bahasa merujuk pada kata tahajud yang memiliki arti berupaya untuk melawan ataupun meninggalkan tidur.

Sementara dalam ilmu fikih sendiri, sholat tahajud adalah sholat sunnah malam yang dilaksanakan setelah tidur terlebih dahulu.

Untuk hukum dari sholat tahajud ini adalah sunnah muakkad yang artinya sangat kuat dan sangat dianjurkan, karena ibadah sholat ini adalah ibadah sholat sunnah yang selalu Rasulullah Saw tunaikan.

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Seperti sholat sunnah pada umumnya, jumlah rakaat minimal dari sholat tahajud adalah sebanyak dua rakaat. Sedangkan untuk jumlah maksimalnya tidak dibatasi dan dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda.

Sedangkan untuk pengerjaannya sendiri tidak jauh berbeda seperti sholat fardhu. Pembeda dari sholat tahajud hanyalah terletak pada niat sholat tahajud serta do’a yang dibaca setelah sholat dan di luar itu secara pengerjaan sama seperti sholat lainnya.

Waktu Terbaik untuk Sholat Tahajud

Sholat tahajud dikerjakan dalam rentang waktu dari ba’da isya sampai menjelang waktu subuh dengan syarat telah tidur terlebih dahulu di antara waktu tersebut.

Sebagai contoh Anda telah melaksanakan sholat isya pada pukul 19.30 lalu Anda tidur pada jam 21.00. Anda dapat bangun pada pukul 01.00 dini hari atau sesuai keinginan Anda dan langsung menunaikan sholat tahajud.

Namun, pada sebuah ayat Al-Qur’an disebutkan bahwa waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir atau sekitar jam 1 sampai jam 3 dini hari.

Keutamaan Sholat Tahajud

Setiap ibadah tentu memiliki keutamaan tersendiri termasuk sholat tahajud. Sebelum masuk pada pembahasan bacaan niat sholat tahajud, selanjutnya kami akan membahas keutamaan dari sholat tahajud yang dapat menjadi penguat Anda untuk menunaikan ibadah sholat sunnah ini.

1. Sholat Sunnah yang Paling Dianjurkan

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang paling dianjurkan untuk umat muslim laksanakan setelah sholat fardhu. Adapun surat yang menyebutkan hal ini adalah surat Al-Isra ayat 79 yang artinya:

“Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji,” (Surat Al-Isra ayat 79).

Selain itu semasa hidupnya, Nabi Muhammad Saw selalu melaksanakan sholat tahajud untuk mengisi waktu malamnya sehingga sholat tahajud hukumnya sunnah muakkad atau suatu amalan yang sangat kuat dianjurkan untuk dilaksanakan, karena Rasulullah sendiri sangat jarang meninggalkan ibadah sholat malam ini.

2. Mengangkat Derajat Umat Muslim

Seperti isi surat Al-Isra ayat 79, dimana Allah Subhanahu wa ta’ala telah menyebutkan bahwa seorang muslim yang melaksanakan sholat tahajud akan diangkat derajatnya.

Hal ini tentunya akan mendatangkan kebaikan serta pahala bagi Anda yang mengerjakan sholat tahajud.

3. Jembatan untuk Masuk Surga

Tentu sebagai seorang muslim sebaik-baiknya tujuan adalah surga yang telah Allah SWT janjikan. Untuk meraihnya tentu ada banyak amalan dan ibadah yang harus Anda kerjakan.

Alangkah lebih baiknya, selain menjalankan ibadah sholat fardhu Anda juga melaksanakan sholat sunnah yang dianjurkan salah satunya sholat tahajud.

Sholat malam memang memiliki banyak keistimewaan, sebab melaksanakan ibadah di saat sebagian besar manusia sedang terlelap merupakan hal yang sangat baik dan disebut sebagai jembatan yang akan membawa Anda ke surga.

Hal ini juga disebutkan dalam salah satu Hadits Rasulullah yaitu:

“Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali

persaudaraan, dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

4. Doa Akan Terkabul

Salah satu waktu terbaik untuk berdo’a adalah di sepertiga malam terakhir. Untuk itu, dengan melaksanakan sholat tahajud dan memanjatkan do’a setelahnya, insyaallah Allah Subhanahu wa ta’ala akan berkenan mengabulkan do’a yang Anda panjatkan.

Hal ini juga disebutkan dalam salah satu Hadits Rasulullah yaitu:

“Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757).

5. Penghapus Dosa

Salah satu keutamaan lainnya dari sholat tahajud adalah sebagai penghapus dosa. Sebagai manusia tentu kita tidak luput dari berbuat dosa baik yang kecil maupun besar dan baik yang disengaja maupun tidak.

Untuk itu, kita haruslah senantiasa berupaya untuk meningkatkan ibadah kita dengan menjaga sholat fardhu dan memperbanyak sholat sunnah salah satunya sholat tahajud.

Sholat tahajud bukan hanya mendatangkan pahala bagi yang mengerjakan namun juga dapat menghapus dosa-dosa yang pernah kita lakukan di hari yang lalu. Dengan rutin menghidupkan malam-malam dengan sholat tahajud insyaallah dosa yang Anda miliki akan berguguran.

6. Menenangkan Hati dan Pikiran

Sholat tahajud adalah salah satu ibadah yang dapat Anda lakukan ketika hati Anda dilanda oleh kegelisahan. Kehidupan manusia yang kerap menemui masalah tentu akan membuat hati dan pikiran merasa terbebani.

Salah satu cara terbaik untuk meraih ketenangan hati dan pikiran adalah dengan mendekatkan diri kepada sang pencipta lewat ibadah yang akan membuat Anda lebih dekat dengan Allah SWT.

Selain itu, sholat tahajud yang dilakukan di sepertiga malam terakhir merupakan ibadah di waktu terbaik. Karena pada sepertiga malam terakhir Anda akan meraih kekhusyukan dalam beribadah dan akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT.

Bacaan Niat Sholat Tahajud

Sebelum melaksanakan ibadah sholat tahajud Anda harus mengetahui bacaan niat sholat Tahajud. Untuk niatnya sendiri adalah:

“Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillahi ta‘ala.”

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah tahajud dua rakaat karena Allah SWT.”
Tata Cara Sholat Tahajud

Melakukan ibadah haruslah dengan cara baik dan benar. Berikut tata cara sholat tahajud yang dapat Anda pelajari untuk melaksanakan sholat tahajud malam ini:

– Membaca bacaan niat sholat tahajud.
– Melakukan takbiratul ihram
– Membaca doa iftitah
– Membaca surah Al-Fatihah.
– Membaca surat pendek
– Ruku dengan tuma’ninah.
– I’tidal dengan tuma’ninah.
– Sujud dengan tuma’ninah.
– Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah.
– Sujud kedua dengan tuma’ninah.
– Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat sholat tahajud yang kedua.
– Membaca surat Al-Fatihah.
– Membaca surat pendek dari Al-Quran
– Ruku dengan tuma’ninah.
– I’tidal dengan tuma’ninah.
– Sujud dengan tuma’ninah.
– Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah.
– Sujud kedua dengan tuma’ninah.
– Tasyahud akhir dengan tuma’ninah.
– Mengucapkan Salam

Do’a Setelah Sholat Tahajud

Setelah selesai melaksanakan sholat tahajud Anda dianjurkan untuk membaca do’a khusus. Salah satu do’a yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat tahajud adalah:

“Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq.

Wa wa‘dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haq. Was saatu haq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu.

Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya:

“Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya.

Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya.

Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Sebagai seorang muslim hendaklah kita senantiasa mengikuti apa yang Rasulullah shalallahu alaihi wassalam ajarkan dan anjurkan, salah satunya adalah sholat tahajud.

Sebagai sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan tentang sholat ini akan memberi kebaikan bagi Anda yang mengerjakannya.

Setelah mengetahui niat sholat tahajud, tata cara, do’a, dan keutamaan yang dimiliki, tentu kini Anda bisa menunaikan ibadah sholat tahajud sebagai ibadah tambahan pada malam hari Anda.

Semoga memberikan manfaat dan kebaikan pada kehidupan Anda dan tetaplah mengisi waktu dengan hal-hal yang membawa kebaikan.

Berita sebelumyaEkspedisi Jakarta Tanah Laut Murah, Kirim 10kg Gratis Jemput
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Jakarta Tanah Bumbu Murah, Kirim 10kg Gratis Jemput