Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Olahraga Kardio: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Olahraga adalah sebuah aktivitas yang dapat menunjang kebutuhan kesehatan seseorang. Kesehatan ini dapat termasuk pada lingkup fisik dan mental. 

Kesahatan diperlukan untuk memiliki tubuh dengan performa maksimal. Performa ini dapat Anda peroleh dari berolahraga yang baik dan mengonsumsi nutrisi yang cukup.

Salah satu jenis olahraga yang dapat Anda lakukan adalah olahraga kardio. Yuk simak apa itu olahraga kardio, manfaatnyam dan contoh dari olahraga ini.

Apa itu Olahraga Kardio?

Olahraga kardio biasa dikenal sebagai olahraga aerobik. Olahraga ini merupakan sebuah aktivitas olahraga yang bertujuan untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. 

Olahraga kardio memiliki beragam manfaat yang tidak hanya berfokus pada pembakaran kalori saja, melainkan juga memperbaiki fungsi tubuh, memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan.

Pemanasan diperlukan apabila Anda ingin memulai olahraga kardio. Pemanasan diperlukan agar tubuh Anda menjadi lebih siap dalam berolahraga, meingkatkan suhu tubuh, dan mengurangi risiko potensi untuk terjadinya cidera.

Setelah pemanasan usai Anda lakukan, Anda sebaiknya melakukan pendinginan juga. Hal tersebut memiliki tujuan untuk menormalkan denyut jantung dan tekanan darah. 

Baca Juga: Apa Jasa Cargo Jakarta yang Terbaik? Ini Jawabannya!

Manfaat Berolahraga Kardio

manfaat olahraga kardio
image by: pexels

Olahraga kardio memiliki berbagai macam manfaatnya, yuk ulas manfaat dari olahraga ini.

Menjaga kesehatan organ jantung

Kesehatan jantung perlu dijaga untuk menyehatkan tubuh. Organ jantung memiliki fungsi untuk memompa darah agar dapat beredar ke seluruh tubuh. 

Olahraga kardio dapat meningkatkan performa organ jantung agar lebih sehat dan tetap bugar. Manfaat dari menjaga organ ini adalah menunrunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi

Meningkatkan sistem imun

Orang yang rajin berolahraga kardio akan memiliki sistem imun tubuh yang lebih kuat dibandingkan orang yang tidak berolahraga. Olahraga kardio akan membuat Anda tidak mudah terjangkit penyakit.

Menurunkan stress

Olahraga kardio dapat membantu jantung untuk memompa darah lebih baik. Hal ini dapat mempermudah aliran darah yang mengangkut oksigen untuk terpompa hingga ke otak.

Olahraga kardio juga dapat membantu Anda untuk memperbaiki suasana hati dan dapat mengurangi gejala depresi.

Baca Juga: 8 Tips Memilih Jasa Pindahan Rumah Terbaik dan Hemat

Meningkatkan kualitas tidur

Olahraga kardio dapat membantu Anda untuk memiliki kualitas tidur yang baik. Hal ini akan Anda dapatkan dengan berolahraga tidak berdekatan dengan waktu tidur.

Membakar lemak

Olahraga kardio dapat membakar lemak dan menurunkan tingkat kolesterol jahat pada tubuh. Olahraga kardio melatih fisik Anda sehingga metabolisme dalam tubuh bekerja dengan baik. 

Menjaga kadar gula

Gula adalah hal yang Anda perlukan untuk mendapatkan tenaga. Kendati demikian, gula juga harus dibakar untuk menjadi energi dengan cara berolahraga. Apabila Anda tidak berolahraga dengan rutin, risiko untuk mengidap diabetes tipe 2 akan meningkat.

Menjaga kesehatan otak

Dengan olahraga kardio, jantung Anda akan memompa darah yang kaya akan oksigen ke otak lebih banyak. Hal ini menyebabkan otak lebih sehat dan memiliki performa yang prima. Otak yang sehat akan memiliki daya ingat yang baik dan meningkatkan fungsi kognitif.

Baca Juga: 10 Aplikasi Bantu Olahraga di Rumah: Gratis!

Contoh Olahraga Kardio

Tertarik untuk melakukan olahraga kardio karena sudah mengetahui manfaatnya? Yuk simak olahraga kardio apa saja yang dapat Anda lakukan sendiri.

1. Lompat tali

lompat tali skipping
image by: pexels

Olahraga ini hanya membutuhkan tali sebagai alat bantunya. Anda dapat dengan mudah melakukan olahraga ini di mana saja asalkan memiliki area yang bebas dari potensi gangguan seperti potensi tali yang menyangkut atau menyenggol barang perabotan.

Olahraga ini dapat dengan mudah membakar kalori dengan cepat.

Baca Juga: 6 Peluang Bisnis Potensial Bermodalkan Sepeda Motor

2. Squat jump

Artikel squat olahraga
image by: pexels

Berbeda dengan lompat tali, olahraga ini dapat Anda lakukan tanpa adanya alat bantu. Olahraga ini berfungsi untuk melatih kekuatan otot bagian bawah seperti otot paha, betis, dan pantat. Kendati demikian, jangan pernah melakukan olahraga ini apabila Anda memiliki masalah persendian lutut.

3. Jogging

Sepatu Berkualitas, Jogging Berkualitas
image by: pexels

Olahraga ini membutuhkan arena yang luas apabila Anda tidak memiliki treadmill di rumah. Kendati demikian, Anda dapat melakukan olahraga ini di mana saja sesuka Anda. 

Sebelum jogging, Anda harus pemanasan dengan baik agar tubuh Anda lebih rileks dan siap.

Baca Juga: 6 Alasan Anda Harus Berpetualang Alam Bebas

4. Naik turun tangga

Artikel naik tangga
image by: pexels

Tangga adalah sebuah alat yang dapat membantu Anda untuk berolahraga kardio. Anda dapat melakukan olahraga ini sebanyak 2-3 kali dalam satu set. Olahraga ini dapat membantu Anda untuk melatih kekuatan otot tubuh bagian bawah seperti betis, paha, dan pantat.

5. Lompat 

Artikel lompat
image by: pexels

Olahraga ini dapat Anda lakukan apabila Anda tidak memiliki tali di rumah. Manfaat dari olahraga ini sama seperti lompat tali, yang membedakan hanya Anda tidak melatih kelincahan dan ritme melompat.

Banyak sekali kan manfaat dari berolahraga kardio? Anda dapat membantu berbagai macam orang untuk melakukan olahraga ini dengan menyediakan aset pendukung olahraga.

Baca Juga: 5 Tips Agar Hemat Waktu & Biaya saat Kirim Alat Berat

Bingung dengan pengirimannya? Anda dapat menggunakan layanan ekspedisi Trawlpack dari Trawlbens. Layanan ini dapat mengirimkan barang ke berbagai wilayah di Indonesia dengan berat minimal 10 kg.

Rute pengiriman yang dimiliki oleh Trawlbens sebagai pelayanan ekspedisi nasional pun beragam. Salah satu rute yang dilayani oleh Trawlbens adalah rute Jakarta Surabaya.

Yuk segera gunaka Trawlbens sebagai layanan ekspedisi terpercaya Anda.

Artikel ini ditulis oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber/Referensi: 

https://www.gramedia.com/best-seller/olahraga-kardio/

https://www.orami.co.id/magazine/olahraga-kardio

× Customer Service