Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Olahraga Menunjang Kesehatan Mental

Olahraga Menunjang Kesehatan Mental

Olahraga sebenarnya memiliki keutamaan selain memelihara tubuh yang sehat. Kini, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa terdapat manfaat berolahraga terhadap kesehatan mental. Aktivitas fisik seperti olahraga dapat mencegah timbulnya gejala gangguan mental dan dapat membantu pemulihan terhadap orang yang telah terdiagnosis gangguan kejiwaan.

Daya tahan tubuh tidak hanya menjadi fokus utama dalam kegiatan berolahraga. Anda juga dapat memperoleh penguatan mental dan melatih kepercayaan diri serta dapat meningkatkan motivasi dalam kehidupan.

Baca Juga: Manfaat Berolahraga Secara Teratur Bagi Tubuh Anda

Faktor utama psikologis dari berolahraga, Anda dapat memegang kendali maksimal atas diri Anda ketika berolahraga. Faktor ini merupakan hal yang penting saat Anda memegang tanggung jawab dan apabila Anda sedang berusaha untuk menuntaskan permasalahan tertentu.

Selain itu, yuk simak manfaat berolahraga bagi kesehatan mental Anda;

1. Memperbaiki Mood

mood
image by: https://images.pexels.com

Salah satu manfaat dalam berolahraga adalah memperbaiki mood atau suasana hati. Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa dengan rutin berolahraga, Anda dapat memperoleh ketenangan, kesenangan, dan kepuasan.

Tentunya, hal ini dapat Anda peroleh dengan melakukan olahraga sederhana. Manfaat ini juga dapat Anda peroleh apabila olahraga sederhana yang Anda lakukan dilakukan dengan secara rutin. Contoh olahraga sederhana yang dapat Anda lakukan dengan mudah adalah peregangan, push up, dan sit up.

2. Penurunan Tingkat Stress

Penurunan Tingkat Stress
image by: https://images.pexels.com

Kortisol adalah senyawa hormon yang memproduksi stress. Dengan berolahraga, Anda dapat mengurangi produksi hormon ini. Selain itu, Anda dapat memperoleh peningkatan produksi hormon Norepinefrin yang memiliki peran penting untuk meningkatkan gairah dan membantu tubuh untuk menghadapi stress. 

Norepinefrin adalah sebuah hormon yang dapat Anda peroleh dengan berolahraga karena disebabkan oleh peningkatan detak jantung. Ditambah lagi, dengan berolahraga yang baik, Anda dapat mengurangi kemungkinan kerusakan otak yang diakibatkan stress dan membuat kinerja sistem saraf pusat dan tepi menjadi lebih baik.

Baca Juga: Kiat Sukses Berolahraga Mulai Hari Ini

3. Mencegah Depresi dan Anxiety

Mencegah Depresi dan Anxiety
image by https://images.pexels.com

Olahraga memiliki pengaruh positif terhadap penderita depresi. Hal ini disebabkan olahraga dapat merangsang produksi hormon endorfin yang berperan penting dalam menghilangkan rasa sakit alami. Selain itu, endorfin juga memiliki andil dalam memperoleh perasaan bahagia setelah melakukan aktivitas tertentu.

Anda dapat mengurangi resiko terkena depresi berat sebesar 26% apabila Anda memiliki kebiasaan berlari selama 15 menit atau berjalan selama 1 jam. Kegiatan berolahraga juga sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah matahari terbit. Telah banyak penelitian yang menemukan bahwa terpapar sinar matahari pagi dapat meningkatkan kadar Vitamin D pada tubuh Anda. vitamin D juga memiliki kontribusi dalam menurunkan risiko terkena gejala depresi berat.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Kinerja Otak

catur dapat meningkatkan kinerja otak
image by: https://images.pexels.com

Setelah berhasil mengalahkan rasa malas, Anda dapat menimbulkan rasa percaya diri usai berolahraga. Tidak hanya mengalahkan kebiasaan tidak baik, Anda juga dapat memiliki tubuh yang ideal dengan penampilan yang menarik.

Selain kepercayaan diri, kinerja otak Anda juga akan meningkat karena olahraga dapat meningkatkan produksi hormon penting. Salah satu hormon penting yang berperan dalam peningkatan kinerja otak adalah brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Hormon ini berperan untuk menstimulasi pembentukan sel otak baru sehingga dapat mempengaruhi konsentrasi dan respon otak terhadap informasi baru. 

Kedua faktor ini dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas Anda dalam bekerja. Saat bekerja, Anda lebih merasa bahagia dan dapat menuntaskan pekerjaan dengan maksimal. Dengan berolahraga, masa depan Anda lebih terjamin dan lebih pasti.

Baca Juga: Kesempatan Ketiga Kroasia dalam Piala Dunia Sejak Tahun 1998

Olahraga memiliki hasil yang sangat signifikan pada tubuh Anda baik secara fisik maupun mental. Dengan berolahraga, Anda dapat tampil lebih percaya diri dan lebih produktif. 

Produktivitas juga tidak terpaku pada diri Anda sendiri, Anda juga dapat orang-orang terdekat Anda untuk berolahraga. Salah satu cara untuk mengajak orang-orang terdekat Anda untuk berolahraga adalah dengan menyediakan produk-produk yang dapat menunjang olahraga.

Anda dapat memesan produk olahraga dari industrinya dan mengirimkannya ke lokasi Anda saat ini. Anda juga memiliki potensi untuk memasarkan produk tersebut hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan pendistribusian barang dapat terbantu dengan menggunakan layanan TrawlPack dari Trawlbens. Layanan pengiriman barang menggunakan layanan jasa ekspedisi Trawlbens dapat membantu Anda untuk mengirimkan barang dari dan ke seluruh wilayah di Indonesia. Anda dapat cek tarif pengiriman cargo Anda menggunakan tautan disini.

Yuk gunakan Trawlbens sebagai layanan ekspedisi terpercaya, termurah, dan terdekat sedekat genggaman tangan Anda.

Artikel ini dibuat oleh: Faisal Tegar Febrian

× Customer Service