Ongkos Kirim Barang Mahal? Ini Solusi Jitunya

Ongkos Kirim Barang
Daftar Mitra TrawlBens

Ongkos Kirim Barang – Ongkos kirim barang dipandang masih menjadi sebuah tantangan dunia bisnis tanah air, dalam menyelaraskan suburnya transaksi daring beberapa tahun belakangan ini. Acap kali para pelanggan dan pelaku usaha mengeluh soal besarnya ongkos kirim barang.

Asisten Deputi Bidang Industri Pendukung Infrastruktur pada Kemenko Kemaritiman dan Investasi Yohannes Yudi Prabangkara mengakui, saat ini Indonesia masih memiliki masalah besar menurunkan biaya logistik.

“Biaya kirim komoditas dari Pulau Seram ke Surabaya sebesar Rp 60 juta per kontainer. Sementara, ongkos kirim dari Surabaya ke Cina hanya Rp 30 juta per kontainer. Ini butuh perhatian khusus,” ujar Yudi dalam siaran pers, dilansir kompas.com, Jumat (3/12/2021).

Staf ahli bidang logistik, intermodal, dan keselamatan Kementerian Perhubungan, Cris Kuntadi, menambahkan, salah satu masalah terbesar yang menghalangi turunnya ongkos logistik adalah ketimpangan supply dan demand antara Indonesia bagian barat dan timur.

“Sering kapal berangkat dari Surabaya, yang menjadi pusat distribusi, ke arah Indonesia bagian timur dalam kondisi penuh, tapi pulangnya mereka tidak mengangkut apa-apa, yang tentu saja mengakibatkan bengkaknya ongkos kirim,” pungkas Cris.

6281399000000

Cara Hitung Ongkos Kirim Barang

Penting untuk diketahui, secara umum ketika customer hendak mengirim suatu barang, maka penyedia jasa akan melakukan penghitungan bobot barang, guna mengkalkulasikan besar biaya yang akan ditanggung customer.

Akan menjadi mudah jika barang yang hendak dikirim, memiliki berat asli. Misalnya, seorang customer, hendak mengirim sebuah barang berbobot 10 kilogram, dan dimensi barangnya tidak terlalu memakan tempat. Maka penghitungan biaya akan langsung mengacu pada berat asli dari barang tersebut.

Tapi lain cerita, jika barang yang hendak dikirim dengan bobot yang lebih ringan namun dimensinya terbilang memakan tempat. contohnya meja biliard, sampul map, bumper sepeda motor, dan lainnya. Maka barang seperti inilah yang akan dikenakan dengan tarif volume. Agar bisa dipahami, berikut rumus penghitungan:

Untuk menghitung berat volume, rumusnya adalah: Panjang X Lebar X Tinggi/4000 = berat volume barang.

6281399000000

Baca juga: Jasa Ekspedisi Dipastikan Boleh Beroperasi Saat PPKM 3 Nataru

Ongkos Kirim Barang Murah

Mahalnya ongkos kirim barang, juga menjadi salah satu alasan bagi TrawlBens, dalam menghadirkan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi. Untuk kebutuhan jasa ekspedisi yang andal, jangan ragu hubungi TrawlBens.

Di sisi harga, TrawlBens berani beri penawaran yang paling menarik dan termurah, dibanding penyedia jasa ekspedisi lainnya. Mulai dari Rp 2.500/Kilogram, customer sudah bisa mengirimkan barang ke seluruh wilayah Indonesia. Tidak cuma murah, TrawlBens senantiasa memberikan promo yang memanjakan customer. Seperti, penjemputan barang secara gratis dengan berat minimal 10 kilogram.

Layanan pengiriman barang TrawlBens pun tanpa batas, tak hanya antar kota, melainkan juga sampai antar pulau. Jenis layanannya pun beragam, mulai dari paket kecil, barang pindahan, barang industri, barang elektronik sampai kargo besar. Selain itu, TrawlBens juga dibekali dengan jumlah armada yang lengkap serta melayani pengiriman di berbagai jalur, mulai dari udara, darat sampai dengan laut.

Demikian juga soal keamanan,TrawlBens menjamin keamanan dari paket dikirim dengan tambahan asuransi. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, bisa langsung unduh aplikasi TrawlBens. Dan proses pengirimannya juga bisa dipantau secara real time, dengan cara memilih menu lacak dalam aplikasi lalu isi nomor resi.

Dengan segudang kelebihan ini, tentu TrawlBens adalah pilihan terbaik. Segera download dan gunakan layanan jasa ekspedisi melalui aplikasi TrawlBens. Penggunaan aplikasinya pun mudah, berikut langkahnya:

  1. Download aplikasi
  2. Buka aplikasinya
  3. Registrasi
  4. Kemudian pilih menu layanan yang dibutuhkan.
  5. Tuliskan lokasi penjemputan.
  6. Tuliskan alamat tujuan serta penerima, begitu juga dengan nomor telepon.
  7. Pilih jenis transportasi yang dibutuhkan
  8. Tuliskan jenis barang yang mau dikirim
  9. Klik Order
  10. Selanjutnya tinggal menunggu nantinya kurir datang ke rumah Anda untuk pick up barang.
  11. Pastikan barang juga telah dikemas dengan benar-benar aman.
Berita sebelumyaJasa Ekspedisi Dipastikan Boleh Beroperasi Saat PPKM 3 Nataru
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Bandung Yogyakarta Paling Andal, Jangkau 4 Area Sekitar