Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Pengertian Pengusaha: dalam Kata dan Praktiknya

Pengusaha

Pengusaha adalah cita-cita yang sering diidam-idamkan oleh banyak orang. Banyak sekali harapan yang didapatkan dari menjadi pengusaha dengan karir yang cemerlang.

Menjadi pengusaha ternyata tidak semudah apa yang dibayangkan oleh banyak orang. Terdapat banyak sekali hal yang harus dipikirkan dan disiapkan untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Yuk simak apa itu pengusaha dan partisipasinya dalam kegiatan ekonomi negara.

Pengertian Pengusaha

Pengertian pengusaha
image by; pexels

Seorang pengusaha adalah seseorang yang melakukan kegiatan jual, beli, sewa, atau memproduksi suatu produk. Terdapat banyak sekali hal yang dapat dikategorikan sebagai pengusaha seperti produsen ayam boiler, jualan jasa, ekspor-impor produk, dan lain sebagainya. 

Menurut Thomas W Zimmerer, pengusaha adalah penerapan dari sebuah kreativitas dan inovasi terhadap pemecahan masalah sehingga dapat mencari celah untuk mendapatkan peluang besar. Peluang yang dibicarakan dapat memberikan keuntungan bagi orang yang terlibat di perusahaan tersebut.

Baca Juga: 7 Tips Jadi Pengusaha Sukses Di Bidang Cargo Logistik

Ciri Pengusaha

Ciri pengusaha
image by; pexels

Terdapat berbagai macam ciri pengusaha. Berikut adalah ciri-ciri yang terdapat pada suatu pengusaha;

1. Mempunyai fokus produk untuk dijadikan ladang usaha

Berbagai macam produk dapat dijadikan menjadi ladang usaha bagi para pengusaha. Bagi pengusaha pemula, sebaiknya produk yang dijadikan fokus ladang usaha adalah produk yang mudah diperoleh. Apabila Anda ingin membuka suatu badan usaha yang memproduksi barang, maka sebaiknya Anda mencari ide barang yang sedang dibutuhkan atau belum ada di pasar. Anda juga dapat menjual jasa.

2. Memiliki keuntungan terhadap produk yang dijadikan sebagai ladang usaha

Salah satu tujuan untuk menjadi pengusaha adalah meraup keuntungan sebesar-besarnya. Seorang pengusaha tentunya memiliki caranya tersendiri untuk mendapatkan keuntungan.

3. Mempunyai keahlian dan pengetahuan dalam berbisnis

Tentunya pengusaha diwajibkan untuk memiliki pengetahuan dan keahlian untuk berpartisipasi dalam dunia bisnis atau berniaga. Apabila Anda tidak memiliki keahlian dan pengetahuan yang cukup, maka usaha yang tengah dijalankan memiliki potensi yang besar untuk berhenti.

Baca Juga: 20 Ide Jualan Makanan yang Dijamin Laku Tiap Hari!

Jenis Pengusaha

Jenis pengusaha
image by; pexels

Pendapatan perkapita dinilai dari nilai rata-rata pendapatan penduduk suatu negara. Penilaian ini didapatkan dari melakukan pembagian pendapatan nasional dengan jumlah penduduk negara. Negara berkembang memiliki tingkat pendapatan perkapita yang tergolong rendah dibandingkan negara maju.

1. Pengusaha Besar

Umumnya pengusaha jenis ini sudah lama berkecimpung di dunia bisnis dan terkenal pada berbagai kalangan masyarakat. Pengusaha besar biasanya tidak turun langsung ke lapangan, melainkan hanya memantau saja.

2. Pengusaha Online

Pengusaha jenis ini adalah seorang pengusaha yang menjalankan bisnis melalui sarana online. Hal yang membedakan pengusaha ini dengan pengusaha lainnya hanya platform media penjualannya saja. Pengusaha jenis ini akan berbisnis melalui media yang telah tersedia. Hal lainnya yang membedakan bisnis ini dengan bisnis lainnya adalah bekerja tidak mengenal waktu dan banyaknya tingkat penipuan yang sulit terdeteksi.

3. Influencer 

Pengusaha jenis ini adalah pengusaha yang berpatisipasi dalam mempromosikan berbagai macam produk yang diproduksi oleh berbagai pengusaha. Pengusaha ini memiliki fokus dalam menjual jasa mereka dan terdiri dari berbagai kalangan. Pengusaha influencer didasari oleh seberapa besar pengaruh mereka terhadap tingkat konsumerisme masyarakat.

4. Investor

Pengusaha ini sebenarnya adalah jenis usaha yang mirip seperti pengusaha besar. Jal ini karena mereka berperan dalam memberikan modal dalam suatu usaha dan memantau usaha tersebut didasari oleh penjualan dan pengeluaran perusahaan.

Keuntungan Menjadi Pengusaha

Keuntungan Menjadi Pengusaha
image by; pexels

Terdapat berbagai macam keuntungan yang Anda dapatkan apabila Anda menjadi seorang pengusaha. Yuk simak apa saja keuntungan yang Anda dapatkan;

1. Mendapat Keuntungan

Tentunya ini adalah alasan utama mengapa banyak orang ingin menjalankan bisnis sebagai pengusaha. Keuntungan didasari oleh kecakapan dan berbagai keputusan Anda dalam mengelola bisnis yang sedang Anda jalankan.

2. Melatih Kepemimpinan

Sudah jelas setiap keputusan Anda akan mempengaruhi perjalanan usaha yang sedang Anda jalankan. 

Baca Juga: 4 Kunci Sukses Dalam Peluang Usaha Waralaba

3. Memberikan peluang pekerjaan

Penggerakan roda ekonomi didasari oleh suatu kegiatan jual beli yang memparitisipasikan banyak orang dalam mencapai kesuksesan dalam mendapatkan profit.

4. Berhubungan dengan banyak orang bermanfaat

Relasi tentunya hal yang akan Anda butuhkan dalam menjalankan usaha. Hubungan dengan banyak orang dapat membantu Anda dalam melancarkan usaha seperti relasi dengan pihak penyedia jasa pengiriman dan lain sebagainya.

5. Skill Multitasking

Menjadi pengusaha menuntut Anda untuk bisa berpikir dan bergerak banyak dalam waktu sesingkat-singkatnya

6. Mengatur waktu yang baik

Profesi pengusaha menuntut Anda untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk mengatur waktu yang baik mulai dari bangun tidur, bekerja, makan, keluarga, hingga tidur lagi.

7. Memperluas ilmu pengetahuan

Hal ini perlu digarisbawahi karena suatu usaha akan bersaing dengan baik dan memiliki profit yang tidak kalah baik juga apabila perusahaan tersebut mengikuti perkembangan jaman.

8. Penyesuaian dengan orang lain

Bertemu orang baru tentunya menuntut Anda untuk menyesuaikan diri dengan orang lain. Hal ini digunakan untuk mencapai suatu tujuan Anda demi memperoleh manfaat dari relasi tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Pengusaha

Kelebihan dan Kekurangan jadi pengusaha
image by; pexels

Tentu saja menjadi dan menggeluti suatu bidang akan memiliki berbagai macam kelebihan dan kekurangan. Hal ini tentu saja dimiliki oleh seorang yang menjadi pengusaha. Yuk simak apa saja kekurangan dan kelebihan yang akan dialami oleh seorang pengusaha;

Kekurangan

1. Pendapatan tidak terprediksi

Pendapatan yang Anda peroleh dari menjadi seorang pengusaha tentunya sangat tidak mudah diprediksi. Hal ini bergantung pada promosi, pemasaran, dan tingkat penggunaan barang Anda yang dipasarkan.

2. Resiko kehilangan modal

Tentunya hal ini sangat berpengaruh pada tingkat pendapatan yang tidak dapat diprediksi. Anda harus berhati-hati dalam mengambil keputusan. Bahkan keputusan yang Anda ambil tak jarang memerlukan waktu yang sangat singkat.

Baca Juga: Destinasi Wisata Gunung Bromo

3. Waktu kerja panjang

Merintis suatu bisnis menjadikan Anda untuk mengkolaborasikan pekerjaan dengan hidup Anda. Tentunya Anda akan merasakan bagaimana rasanya kehidupan sehari-hari Anda tercampur aduk dengan pekerjaan.

4. Kendala Modal

Kendala ini tentu saja akan Anda hadapi bagi Anda yang baru merintis untuk menjadi seorang pengusaha. Modal akan digunakan sebagai suatu pijakan awal dalam bisnis Anda.

5. Tanggung Jawab Besar

Tentunya hal ini akan menjadi permasalahan besar terutama apabila Anda memiliki banyak sekali karyawan.

Baca Juga: 20 Bisnis Franchise Minuman Viral ini Dijamin Laris!

Kelebihan

1. Keuntungan masif

Walaupun memiliki keuntungan yang tidak dapat diprediksi, keuntungan yang dihasilkan oleh seorang pebisnis memiliki tingkat pemasukan yang besar.

2. Kebebasan Inovasi

Inovasi yang dimiliki oleh para pengusaha sangat diperlukan untuk kemajuan dari usaha yang dijalankan.

3. Kebebasan memilih usaha

Tentunya Anda memiliki kebebasan fokus produk yang diperjual-belikan dalam melakukan kegiatan berusaha. 

4. Membuka kesempatan kerja

Tentunya hal ini adalah sebuah partisipasi positif terhadap negara karena mempekerjakan orang dan dapat memajukan roda perekonomian negara.

5. Menjadi seorang pemimpin

Ini adalah hal utama yang tentunya dilakukan oleh seorang pengusaha.

Itulah pengertian pengusaha dan berbagai macam praktiknya di lapangan. Apakah Anda sudah tertarik untuk menjadi seorang pengusaha?

Artikel ini ditulis oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber/Referensi: 

Pengertian Pengusaha: Jenis, Manfaat, Sifat, Kelebihan dan Kekurangannya

https://majoo.id/solusi/detail/pengusaha-adalah

× Customer Service