Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Pengertian Resesi dan 7 Tips Menghadapinya

Seperti yang telah diketahui bahwa dunia akan menghadapi potensi resesi global secara besar-besaran. Sebenarnya potensi resesi telah hadir di tahun 2022, namun sepertinya pada 2023 adalah titik dimana global tidak dapat menghindari resesi besar ini. 

Awalnya resesi besar terjadi pada bulan-bulan awal terjadinya Covid-19 namun tidak memiliki “umur” yang panjang. Namun pada 2023 ini sepertinya resesi global akan mengalami “umur” yang lebih panjang.

Yuk simak tips & tricks untuk menghadapi resesi global yang diramalkan akan terjadi pada tahun 2023.

Pengertian Resesi

resesi adalah
image by: pixabay

Resesi adalah sebuah fenomena yang akan menghantui dunia pada tahun 2023. Ekonomi sendiri bekerja dalam suatu siklus seperti dalam periode perluasan dan pertumbuhan. Dalam siklus ekonomi terdapat penurunan pertumbuhan ekonomi yang disebut resesi.

Resesi akan terjadi dengan ditandai berupa penurunan ektivitas industri dan kegiatan jual-beli. Dampaknya akan terjadi seperti PHK massal, pengangguran memiliki jumlah yang meningkat, penurunan harga jual properti, dan penurunan nilai investasi. 

Ramalan sendiri memiliki kemungkinan untuk terjadi dan tidak terjadi. Terlepas dari itu, Anda tentunya harus menyiapkan berbagai hal apabila banyak ahli ekonomi yang menyatakan bahwa resesi akan terjadi. Yuk simak bagaimana cara menghadapi resesi

Baca Juga: Ramalan Ekonomi 2023: Pengusaha hingga Pekerja Harus Siap-Siap

7 Persiapan dalam Menghadapi Resesi

Artikel menghitung pengeluaran ekonomi

Dilansir dari berbagai sumber yang berfokus pada bidang ekonomi, terutama resesi global 2023, berikut adalah 7 cara untuk menyiapkan diri untuk menghadapi resesi global 2023:

1. Berfokus pada penyisihan dana serta membuat dana darurat

Poin ini sebenarnya harus Anda lakukan dengan atau tanpa adanya fenomena resesi. Memiliki dana tabungan yang dapat digunakan untuk berbagai keadaan darurat adalah suatu kepentingan untuk diri Anda.

Tanyakan kepada diri Anda, “gimana caranya untuk mengurangi pengeluaran bulanan?”. Hal ini sangat penting dan dapat Anda gunakan untuk pengeluaran yang tidak penting seperti berlangganan layanan streaming.

Tujuan Anda adalah memiliki biaya secukup mungkin untuk bertahan hidup selama 3 hingga 6 bulan. Garis bawahi juga apabila terjadi kemungkinan kenaikan harga berbagai macam kebutuhan.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Pentingnya Melakukan Financial Check Up

2. Memprioritaskan pelunasan hutang dengan bunga tinggi

Resesi akan menyebabkan kenaikan dalam suku bunga. Hal ini menyebabkan dana Anda akan terkuras lebih cepat karena menopang biaya bunga. 

Apabila Anda tidak dapat melunasi hutang Anda dengan cepat, sebaiknya Anda menyiapkan strategi untuk membayar hutang dalam jangka panjang. Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk menyimpan dana cadangan.

3. Pertahankan Pekerjaan Anda atau Perbarui CV

Resesi akan berdampak kepada PHK massal. Pertahankan pekerjaan Anda apabila pekerjaan tersebut sangat diperlukan walaupun ada resesi.

Apabila Anda tidak memiliki kesempatan untuk mempertahankan pekerjaan Anda, pastikan Anda memperbarui CV dengan mengikuti standar pembuatan CV. 

Baca Juga: Wirausahawan! Arti, Karakteristik, & Tips Sukses

4. Diversifikasi Investasi

Investasi dapat dilakukan dengan membeli mata uang asing dan menjualnya ketika harga mata uang tersebut sedang tinggi-tingginya. Anda juga dapat menginvestasikan dana Anda untuk membali saham dalam berbagai macam perusahaan dengan berbagai macam bidang. 

Selain itu, Anda dapat menginvestasikan dana simpanan “dingin” Anda kepada berbagai sertifikasi keilmuan dan logam mulia.

5. Cerdikan gaya menabung Anda apabila Anda memiliki simpanan untuk berinvestasi

Saham memiliki kemungkinan untuk “terjun bebas” saat detik-detik sebelum resesi dan akan melambung tinggi saat detik-detik sebelum ekonomi membaik. Masa resesi adalah waktu terbaik Anda untuk mulai membeli berbagai macam saham. Anda dapat mengurangi pajak obligasi dengan cara menjual saham rugi (taktik ini disebut dengan tax-loss harvesting).

Jangan lupa untuk mengevaluasi strategi investasi Anda dan pikirkan investasi jangka panjang.

Baca Juga: 5 Tips Dalam Memilih Rekening Tabungan Untuk Anak

6. Pemisahan dana tabungan

Jangan menyimpan dana dalam satu tabungan saja. Pisahkan berbagai macam dana untuk keperluan sehari-hari, dana darurat, edukasi, kesehatan, dan yang lainnya. Jangan gunakan dana untuk kegiatan yang tidak diperlukan dan pastikan dana yang Anda gunakan hanya terfokuskan ke dalam keperluan makan, cicilan, dan transportasi.

7. Mencari pekerjaan sampingan

Sumber pendapatan pasif adalah ide yang cemerlang apabila Anda memiliki waktu lengang. Pekerjaan sampingan dapat dengan mudah membantu Anda untuk memperoleh dana darurat. 

Hal ini tentu saja dapat menciptakan banyak aliran dana pendapatan sehingga Anda dapat menyangga kebutuhan apabila Anda kehilangan pekerjaan.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Demikianlah cara dan pengertian resesi yang kemungkinan akan terjadi pada tahun 2023. Sudahkah Anda siap untuk menghadapi resesi?

Di sisi lain, Anda juga dapat menggiatkan ekspedisi ke berbagai daerah di Indonesia dengan menggunakan layanan ekspedisi dari Trawlbens bernama Trawlpack. 

Layanan ini dapat mengirimkan barang dengan bobot minimal 10 kg dengan rute ekspedisi dari dan ke seluruh Indonesia. Salah satu rute yang dilayani oleh Trawlbens adalah rute ekspedisi Jakarta Semarang.

Artikel ini ditulis oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber/Referensi: 

https://time.com/6240221/a-recession-is-widely-expected-heres-how-to-prepare/

https://ekonomi.bisnis.com/read/20221029/9/1592714/7-tips-persiapan-menghadapi-resesi

× Customer Service