Pengiriman Cargo Bergantung Pada Peti Kemas, Kenali Jenis & Fungsinya

Ekspedisi Jakarta Buton Tengah
Daftar Mitra TrawlBens

TrawlBens – Pengiriman cargo bukan urusan sepele, karena para penyedia jasa pengiriman barang dituntut untuk bisa memberikan jaminan dan kepastian keamanannya. Sehingga barang-barang yang dikirim oleh konsumen bisa diterima dalam keadaan baik dan utuh di tempat tujuan.

Maka selain pengemasan barang yang berkualitas, dibutuhkan juga wadah kuat yang bisa membawa barang-barang yang telah dikemas tersebut. Kontainer atau peti kemas adalah alat yang digunakan untuk urusan ini.

Ternyata, peti kemas ini memiliki banyak jenisnya dan tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Lalu apa saja jenis-jenis kontainer? Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasannya berikut ini.

Pengiriman Cargo

Jenis Kontainer Dalam Layanan Pengiriman Cargo

Penggunaan kontainer dalam pengiriman cargo sendiri ditujukan agar barang tetap aman dan dalam kondisi baik saat sudah sampai di tujuan. Karena barang yang dikirimkan ada banyak macamnya, maka berbagai jenis kontainer pun dibuat sedemikian rupa, dengan beragam jenis.

  1. Flat Rack

Jenis ini memiliki sisi yang dapat dilipat sehingga akan membentuk sebuah rak datar. Pada bagian dindingnya, memiliki tingkat kestabilan yang sangat cukup sehingga dari sisi pengamanan terbilang baik.

Dari segi ukuran, kontainer jenis ini berukuran 40 feet, mampu menampung berat barang hingga 40 metrik ton. Maka tidak heran jika acap kali dimanfaatkan untuk mengirim barang yang memiliki ukuran besar. Misalnya, mesin berat dan alat-alat berat, bahkan hingga material konstruksi.

Baca Juga: Bisnis Jasa Ekspedisi Menguntungkan, Yuk Rasakan!

  1. Dry Storage

Untuk jenis yang satu ini adalah yang paling umum digunakan dalam pengiriman kargo. Seperti namanya, peti kemas ini mempunyai fungsi untuk mengirimkan barang-barang yang memiliki sifat kering.

Untuk ukurannya sendiri, kontainer ini tersedia mulai dari 10 feet, 20 feet serta 40 feet. Sedangkan desainnya, sangatlah tertutup. Dari lantai, dinding, bagian samping sampai atapnya menggunakan bahan yang kuat dan kaku. Sehingga seluruh kontainer mempunyai ketahanan yang baik terhadap berbagai macam cuaca.

Kontainer yang satu ini juga tidak hanya difungsikan untuk mengirim barang kering, tapi juga digunakan sebagai flexi tank atau liner bags. Di mana bisa juga difungsikan untuk mengirim kargo curah cair dan kering.

  1. Tunnel

Jenis kontainer yang satu ini memiliki pintu pada kedua sisi depan dan belakangnya seperti sebuah lorong. Kedua pintu yang ada ini memberikan kemudahan dalam memasukan dan mengeluarkan barang kiriman. Sehingga waktu untuk membongkar muatan pun akan lebih cepat. Kontainer ini juga termasuk yang paling banyak digunakan dan dapat dipakai untuk mengirim barang kering atau cair.

Pengiriman Cargo

  1. Open Side Storage

Berbeda dengan jenis Tunnel yang mempunyai bagian depan belakangan dapat dibuka, untuk jenis ini bagian sampingnya yang dapat dibuka. Sehingga dalam pembongkaran dan memasukan muatan pun tidaklah sulit dan dapat dilakukan sangat cepat. Kebanyakan kontainer ini digunakan untuk mengangkut barang besar yang sulit digerakan. Sedangkan untuk ukuran, mulai dari 20 hingga 40 feet.

  1. Open Top

Jenis ini ada sedikit perbedaan, sisi atasnya tidak tertutup atau sepenuhnya terbuka. Sehingga bagi yang ingin mengirimkan barang yang memiliki tinggi lebih dari kontainer dapat menggunakan jenis yang satu ini.

Untuk pengamanannya, kontainer ini telah dilengkapi dengan cincin yang dipasang di bagian atas, bawah dan di setiap sudut. Sehingga barang akan tetap di tempat yang sama dan tidak bergeser ketika sedang proses pengiriman. Sedangkan untuk ukurannya, Open Top Container mempunyai 2 ukuran yaitu 20 feet dan 40 feet.

Baca juga: Cari Jasa Pengiriman Barang? Pertimbangkan 5 Hal Ini!

  1. Refrigerated ISO Container

Dari Namanya saja, sudah dapat ditebak bahwa jenis kontainer ini diperuntukkan untuk pengiriman barang yang membutuhkan suhu rendah alias dingin. Biasanya berisikan muatan bahan baku makanan segar seperti daging, sayur dan buah. Dibutuhkan pasokan daya eksternal untuk bisa menjaga suhu di dalam kontainer.

  1. Double Doors

Jenis ini memiliki pintu di setiap ujung kontainer. Tapi ada pula yang memiliki pintu pada bagian ujung dan sampingnya. Tujuan pintu-pintu itu, untuk memudahkan proses bongkar-muat.  Tidak hanya itu saja, kontainer ini juga mampu memberikan ruang yang luas sehingga bisa menyimpan barang seperti besi dan baja yang panjang. Kedua pintu pada kontainer ini juga telah diberikan kunci, sehingga barang pun akan sangat aman ketika sedang dikirim.

  1. Thermal Container

Kelebihan dari kontainer ini adalah mampu menjaga suhu yang ada bagian dalam. Sehingga bisa digunakan untuk mengirim barang dengan jarak tempuh yang terbilang jauh.

Pengiriman Cargo

Perbedaan dari jenis ini adalah tidak hanya mampu menjaga suhu di dalam kontaine pada titik rendah tapi juga bisa menjaga suhu di titik tinggi atau panas. Biasanya, kontainer ini digunakan untuk mengirimkan obat-obatan, bahan biologis atau kimia, darah, organ tubuh serta makanan.

  1. Tank Container

Dari namanya saja sudah bisa diketahui seperti apa bentuk dari kontainer yang satu ini. peruntukkannya digunakan untuk mengirim bahan-bahan cair. Sering digunakan dalam industri pelayaran.

Itulah beberapa jenis-jenis kontainer yang biasanya digunakan dalam pengiriman cargo. Bila Anda membutuhkan pengiriman cargo yang terpercaya, caranya sangat mudah. Segera download aplikasi TrawlBens. Harga yang ditawarkan cukup bersaing, dan proses pengiriman cepat dan aman.

Previous articleLayanan Terbaik Ekspedisi Bandung Lampung & 13 Area Sekitar
Next articleEkspedisi dari Jakarta ke Minahasa Selatan Tarif Murah Paling Jujur