Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Perayaan Imlek Tiba, Yuk Ketahui 5 Klenteng Di Jakarta

Table of Contents

Perayaan Imlek tahun ini akan jatuh pada Senin, 23 Januari 2023, untuk pertama kalinya pemerintah telah menetapkan bahwa tahun ini akan diperingati sebagai hari cuti bersama Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili. Perayaan imlek yang dilakukan oleh penganut kepercayaan Tionghoa, biasanya akan dimulai dengan mendekor ornamen imlek, membeli sajian imlek, dan pada hari perayaan akan beribadah di tempat ibadah Klenteng.

Kelenteng atau Klenteng merupakan sebutan tempat ibadah untuk penganut kepercayaan tradisional Tionghoa di Indonesia pada umumnya. Karena di Indonesia, penganut kepercayaan Tionghoa sering disamakan sebagai penganut agama Konghucu, maka klenteng sering dianggap sebagai tempat ibadah umat Konghucu.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata di Medan yang Terkenal

Ini Dia Klenteng Yang Bisa Anda Kunjungi Saat Perayaan Imlek 

Perayaan imlek memang selalu antusias dirayakan oleh penganut kepercayaan tradisional Tionghoa. Berbagai persiapan dilakukan agar dapat menyambut perayaan imlek dengan khidmat dan suka cita. Kamu ingin merayakan imlek di tempat ibadah klenteng yang ada di Jakarta tapi tidak tahu dimana tempatnya? Yuk simak informasi dibawah ini!

1. Klenteng Hian Thian Siang Tee Bio

kHRd ilI2YCmlPY9Gq3xEtqkjRLLGktPanzclWqDOqYCJuz jv4VlAxbvp3wa9dSfkaO8Pf3X8fQ4RzW81MkUYDO2S9Kz8dKAflgpFu75z47iOVWXP0D98Y33HyllFUZHGbDdWryr769qCyefyA3TCmI5FRNNrK kiwg 8X0V6 l7Jnf YgMwSFFmwYFTw
image by: https://tridharma.or.id

Klenteng yang berlokasi di Jl. Palmerah Sel. No.5, RT.4/RW.2, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270 ini sering dijadikan sebagai tempat ibadah untuk umat penganut agama tradisional Tionghoa. Tak hanya sebagai tempat beribadah, klenteng ini juga sering digunakan sebagai tempat wisata religi yang bisa dikunjungi oleh siapapun, tidak memandang agama, suku dan ras. 

Baca Juga: 11 Daftar Makanan Khas Pontianak Paling Populer

2. Kelenteng Shia Djin Kong

arxQmFmXcp W3ItwC7
image by: https://www.google.com/maps

Klenteng yang berlokasi di Gg. I No.7, RW.3, Rw. Bunga, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13350. Klenteng yang berada di gang sempit di tengah pemukiman di Jatinegara ini termasuk peninggalan Pecinan. Saat ini Klenteng Shia Djin Kong telah menjadi satu dengan Vihara Dharma Kumala. 

3. Klenteng Hok Tek Tjeng Sin

AB50oF0Qy4Jv9P1hkhOEM5H5vaEZeRqJYz856vmz7Zg2CVD8e2oYh8rphymslS9Jr7Ww1QPAGlx6JkYIjtFHnT jjgRmGmJQL 0Ph1wgVmbrawvFkGi uz7b2bfBeS1Ipr7cs ME4TRg1 hHhCk4XsrlwYS26SoZznL1SqX5TDJ7Y7vHV6gMzV
image by: https://lh3.googleusercontent.com

Klenteng yang berlokasi di JL. Tanah Abang, 43, Jakarta, 10250, RT.3/RW.3, Gambir, Central Jakarta City, Jakarta 10150, sering dijadikan sebagai tempat ibadah oleh para pedagang-pedagang sekitar. Karena memang letak klenteng yang tersembunyi serta  dikelilingi oleh para pedagang sekitar karena berada di tengah pusat pasar. 

Baca Juga: 4 Barang Bekas Paling Dicari di Pasar Bawah Pekanbaru

4. Klenteng Kiu Lie Tong 

3RinOTEe RtA7O9bkykFWYmw0i5uTk9MvbQqaoaBRimaWHyAS2LlhPhdYrbxgx7nTARggqWuCGsATcYesi GanGIIJ5ZZBudm7rn05hbRUDFCAQq9pOIUfjjHSDqhQXDhvV2WURPMQWvtyfyOHL1ph5q6vCuq9yS5bEPTJv8PBeWLERzLyw stTp6BhbA
image by: https://kelenteng-kiu-lie-tong.business.site/

Klenteng yang berlokasi di Jalan TSS Raya.64, Jl. Duri (Tss Raya) No.64, RT.3/RW.1, Duri Sel., Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11270, merupakan tempat beribadah umat Tridharma atau lebih tepatnya Taoisme aliran Qiong Yao. Klenteng ini memiliki design arsitektur yang menarik. 

5. Klenteng Lo Cia Bio – Vihara Bodhi Dharma

zLYPx4uwrWLtRodO4JAeRXgCeeVBAizENfyDsK TMdayimWkT9eRaNjfIZ5OvLBVJce10grnkmMEPWOky
image by: https://lociabio.com/

Klenteng yang berlokasi di jalan JL. Duri I, No. 19, Cibunar, Kelurahan Duri Pulo, Kecamatan Gambir, RT.6/RW.2, Duri Pulo, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10140, merupakan Tempat ibadah Lo Cia Bio / Ne-zha Miao yang juga akrab disebut Klenteng Kampung duri, dengan nama formal Vihara Bodhi Dharma. 

Informasi diatas merupakan 5 rekomendasi Klenteng yang ada di DKI Jakarta yang bisa Anda datangi untuk perayaan Imlek tahun 2023. Bagi umat yang merayakan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili, semoga dapat merayakan dan melaksanakan ibadah dengan damai bersama keluarga dengan suka cita. 

Xin Nian Kuai Le!

× Customer Service