Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

5 Perbedaan Pengiriman Reguler dan Kargo, Lebih Cepat Mana?

perbedaan pengiriman reguler dan kargo

Table of Contents

Kebutuhan untuk mengirim barang baik dengan menggunakan ekspedisi pengiriman reguler atau cargo kini semakin hari semakin meningkat, hal tersebut karena adanya kemajuan teknologi, mobilitas tinggi, dan pemerataan pembangunan infrastruktur yang diterapkan  pada tiap lini bisnis. Pengiriman yang dapat Anda pilih yaitu yaitu pengiriman reguler dan kargo. Sebelum mengirim barang, alangkah baiknya apabila Anda tahu apa saja perbedaan pengiriman reguler dan kargo. Cek di sini!

Pengiriman Kargo

Jasa pengiriman kargo adalah layanan ekspedisi yang mengirim barang dengan penetapan berat minimal sehingga tak semua jenis barang bisa dikirim. Ekspedisi yang satu ini sangat sesuai apabila Anda ingin mengirim barang berat dengan skala besar.

Pengiriman Reguler

Pengiriman reguler tak kalah populer dibandingkan ekspedisi cargo. Layanan pengiriman reguler adalah ekspedisi yang mengirimkan barang tanpa memberlakukan aturan berat maupun jenisnya. Anda pun bebas mengirim barang apapun itu melalui pengiriman reguler. Hanya saja, pastikan barangnya tidak menyalahi aturan hukum negara.

Baca Juga : Yuk Mengenal Perbedaan Logistik dan Ekspedisi Berikut Ini!

Perbedaan Pengiriman Reguler dan Kargo

Penting untuk Anda ketahui mengenai perbedaan antara reguler dan kargo. Sebab dengan mengetahui perbedaannya maka kegiatan pengiriman barang atau ekspedisi yang akan dilakukan akan lebih efektif dan tidak salah sasaran. Dengan begitu, Ada banyak hal yang bisa Anda cermati untuk membedakan pengiriman reguler dan kargo. Cek pembahasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini. 

1. Jenis Barang

Hal pertama yang bisa menjadi pembedanya yaitu jenis barang yang dikirim. Dalam pengiriman reguler tidak menetapkan berat minimal barang. Dengan demikian, barang dengan berat sekecil pun tetap bisa dikirim melalui ekspedisi reguler. Berbeda dengan ekspedisi kargo yang biasanya menetapkan berat barang yang dikirim. Dengan begitu, tak semua jenis barang bisa diterima untuk dikirim. Oleh karena itu, Anda harus pertimbangkan berat barang terlebih dahulu sebelum memilih layanan pengiriman.

2. Tarif yang Dikenakan

Perbedaan cargo dan reguler juga bisa Anda ketahui dari tarifnya. Pada umumnya, tarif ekspedisi cargo lebih murah apabila dibandingkan dengan pengiriman reguler. Hal ini karena tarifnya disesuaikan dengan bobot barang yang dikirim. Sementara untuk pengiriman reguler, tarifnya dibayarkan sesuai dengan barang yang dikirim. Tak terkecuali barang seringan apapun itu.

3. Minimal Berat

Masih berkaitan dengan poin jenis barang, minimal berat memang menjadi perbedaan antara pengiriman kargo dan reguler. Jasa pengiriman kargo biasanya menetapkan minimal berat 50 kg ataupun 100 kg. Apabila barang yang Anda kirim di bawah minimal berat yang ditetapkan, maka harganya akan menggunakan harga minimal berat barang.

Sedangkan untuk pengiriman reguler adalah layanan ekspedisi yang siap mengirim barang dengan bobot berapapun itu. Jika Anda ingin mengirim barang dengan jumlah yang banyak, alangkah baiknya menggunakan jasa pengiriman cargo. Hal ini karena dinilai lebih efektif dan terjangkau.

4. Estimasi Waktu Pengiriman

Hal lainnya yang membedakan keduanya yaitu estimasi waktu pengiriman. Pengiriman kargo membutuhkan waktu tidak cukup hanya sehari dua hari saja. Berbeda dengan pengiriman reguler yang biasanya bisa sampai dalam kurun waktu lebih singkat. Namun tetap saja hal tersebut dipengaruhi oleh barang yang dikirim dan jarak tempuhnya.

5. Armada yang Digunakan

Ekspedisi cargo biasanya menggunakan armada berupa truk untuk pengiriman via darat. Kemudian untuk pengiriman via laut seringkali menggunakan kapal. Bisa pula menggunakan pesawat, namun harganya akan melonjak sangat tinggi. Di sisi lain, pengiriman reguler biasanya menggunakan pesawat sehingga tak heran apabila barang bisa sampai di tempat tujuan secara cepat.

Baca Juga : Bill of Lading: Pengertian, Jenis, dan Fungsi

Terkait armada yang digunakan, tak sedikit pula yang penasaran soal lebih aman kargo atau reguler. Tenang saja karena kedua layanan tersebut terbukti aman. Anda pun tak perlu bingung lagi apakah pengiriman kargo aman maupun masih mempertanyakan pengiriman cargo Shopee aman atau tidak. Begitupun dengan keamanan pengiriman reguler. Spesialis yang menangani pastinya profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Pengiriman Reguler dan Kargo, Lebih Cepat Mana?

Ekspedisi kargo menggunakan angkutan besar seperti kapal atau truk untuk membawa barang. Mengingat barang yang diangkut lebih banyak dan berat, maka tidak heran bila pengirimannya juga lama. Sedangkan dengan pada pengiriman reguler, waktu lebih singkat sebab barang kecil tanpa minimal berat pun dapat langsung dikirim. Lantas, pengiriman yang lebih cepat adalah pengiriman reguler.

Tak sedikit yang mempertanyakan kargo dan reguler cepat mana. Dalam hal ini, pengiriman reguler dinilai lebih cepat karena mengirimkan barang tanpa memberlakukan aturan berat maupun jenisnya. Setelah mengetahui apa saja perbedaan pengiriman reguler dan kargo, maka Anda bisa lebih tepat dalam memilih layanan ekspedisi nantinya. Pastikan Anda mempertimbangkan secara matang sebelum mengirim barang karena ini bertujuan agar sesuai kebutuhan dan tidak mengecewakan. Lantas, Anda pilih layanan pengiriman yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *