Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Perhatikan 7 Hal ini Bagi Pendaki Pemula

Perhatikan 7 Hal ini Bagi Pendaki Pemula

Menjelajah gunung, rimba dan hutan memang sebuah hal yang pastinya Anda sukai apabila Anda suka tantangan alam bebas. Tantangan pada alam bebas sendiri memiliki keindahannya tersendiri yang salah satunya adalah mencari kesegaran alam dan bertemu dengan hal yang baru. 

Kini, banyak sekali orang yang mencari kebebasan di alam sebagai salah satu sarana untuk melepaskan diri dari keterikatan rutinitas sehari-hari. Kegiatan di alam bebas seperti mendaki gunung dapat menjadi kegiatan yang tepat untuk mengistirahatkan pikiran. 

Kini Anda dapat mendaki berbagai gunung karena fasilitas untuk menuju destinasi pendakian sudah mulai termudahkan. Namun, apabila Anda belum pernah mendaki dan ingin mendaki alias seorang pendaki pemula, Yuk simak tips mendaki gunung yang sangat cocok bagi pemula;

1. Pilih Gunung yang Cocok untuk Pemula

Pilih Gunung yang Cocok untuk Pemula
image by: pexels

Bagi pemula, sebaiknya Anda memilih gunung yang tepat untuk mendaki. Salah satu aspek yang ditinjau adalah ketinggian gunung, jalur pendakian yang mudah, dan aspek-aspek lainnya yang dapat menunjang keselamatan Anda.

Salah satu gunung yang dapat direkomendasikan untuk pemula adalah Gunung Prau. Gunung ini memiliki memiliki tiga jalur pendakian dan yang paling populer adalah Patak Banteng walaupun memiliki rute yang terjal. Sedangkan jalur Dwarawati memiliki jalur pendakian yang landai.

Baca Juga: 10 Gunung yang Harus Anda Daki di Indonesia

2. Bawa Peralatan yang Tepat

Bawa Peralatan yang Tepat
image by: pexels

Terdapat perbekalan yang wajib Anda bawa selama ekspedisi berlangsung. Perbekalan wajib dibawa walaupun Anda hanya sebentar di gunung manapun. Berikut adalah barang-barang yang perlu Anda siapkan;

  1. Carrier tahan air dengan volume bergantung pada kebutuhan Anda.
  2. Alat navigasi seperti kompas atau peta. Beberapa gunung tidak memiliki sinyal, oleh karena itu, sepertinya telepon genggam pintar Anda akan kurang pintar di gunung.
  3. Membawa air minum dalam kemasan sekali buang.
  4. Membawa makanan ringan yang dapat menjadi sumber energi. Direkomendasikan apabila Anda membawa makanan ringan dengan rasa manis.
  5. Memebawa sumber penerangan seperti senter.
  6. Membawa topi, tabir surya, dan kacamata sebagai perlindungan pertama dari sinar matahari.
  7. Membawa obat pribadi dan obat pertolongan pertama.
  8. Membawa alat penting seperti pisau, tali, dan sebagainya.
  9. Membawa telepon genggam. Walaupun kurang pintar di gunung, telepon genggam akan tetap menyelamatkan diri Anda.
  10. Membawa kantong plastik untuk membungkus sesuatu. Hal yang dapat Anda bungkus adalah baju tidur, elektronik, sampah, dan obat-obatan.

3. Bawa pakaian Hangat!

Bawa pakaian Hangat!
image by: pexels

Tidak seperti pantai, gunung adalah sebuah lokasi yang berada di ketinggian dan memiliki suhu yang rendah. Terkadang, pada waktu-waktu tertentu, suhu yang rendah di gunung dapat menyebabkan fenomena embun beku atau frost dew

Baju hangat yang harus ada dalam ransel carrier Anda adalah;

  1. Sepatu khusus pendakian.
  2. Jaket yang tahan air dan tahan angin.
  3. Kaos kaki yang tebal agar hangat dan menghindari dari lecet.
  4. Menggunakan celana panjang yang tahan air dan angin.

4. Perbekalan Makanan dan Minuman yang Harus Disiapkan

Perbekalan Makanan dan Minuman yang Harus Disiapkan
image by: pexels

Bagi pemula, ada baiknya apabila Anda membawa bahan makanan sesuai dengan kalori yang akan Anda keluarkan. Jangan pernah berpikir kalau membawa makanan lebih banyak itu lebih baik karena hal tersebut akan memberatkan Anda. 

Tips yang paling mudah adalah membawa makanan ringan yang mudah disimpan namun mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi. Anda dapat membawa minuman yang cukup bagi Anda dengan perkiraan bahwa 1 liter air diperuntukan kepada perjalanan selama 2 jam pendakian. Jangan khawatir, Anda akan menemukan sejumlah sumber mata air selama perjalanan.

Ingat, jangan pernah buang sampah sembarangan. Simpan sampah Anda hingga perjalanan selesai.

Baca Juga: Olahraga Menunjang Kesehatan Mental

5. Gunakan Cara Mendaki yang Baik

Gunakan Cara Mendaki yang Baik
image by: pexels

Pemula tentunya membutuhkan cara mendaki yang baik dan benar. Ini dia tips aman sebelum melakukan pendakian;

  1. Pahami rute yang akan menjadi jalur pendakian.
  2. Bawa peralatan seperti yang telah dijabarkan pada poin kedua.
  3. Gunakan pakaian yang nyaman namun tepat saat pendakian.
  4. Lakukan dengan waspada namun konsisten.

6. Hal yang Tidak dan Wajib Anda Lakukan Selama Pendakian

Hal yang Tidak dan Wajib Anda Lakukan Selama Pendakian
image by: pexels

Menghormati alam dan sekitarnya memang sebuah hal yang harus dilakukan oleh para pendaki. Yuk simak bagaimana cara menghormati alam;

  1. Jangan pernah membuang sampah sembarangan.
  2. Jangan pernah meninggalkan suatu barang apapun kecuali jejak kaki Anda.
  3. Anda tidak boleh merusak pohon.
  4. Jangan buang air besar di jalur pendakian dan MATA AIR.
  5. Tidak boleh mengambil apapun di alam kecuali gambar.

7. Perhatikan Langkah Kaki

Perhatikan Langkah Kaki
image by: pexels

Perhatikan langkah kaki Anda selama pendakian berlangsung agar tidak cedera dan mengalami sakit pada kaki. Untuk mengurangi bebannya medan, Anda dapat menggunakan sepatu khusus pendakian yang banyak diperjualbelikan di berbagai daerah.

Baca Juga: Tips Mengirim Barang Jumlah Besar lewat Jasa Pengiriman

Salah satu cara untuk mengirimkan barang adalah dengan menggunakan layanan ekspedisi TrawlPack dari Trawlbens. Layanan ini dapat mengirimkan barang dari dan ke seluruh wilayah di Indonesia dengan harga yang ekonomis. 

Anda dapat mengekspedisikan berbagai macam barang menggunakan layanan Trawlpack dari Trawlbens mulai dari cargo seberat 10 kilogram. Beragam produk dapat Anda kirimkan yang salah satunya adalah carabiner, tenda, dan sepatu pendakian.

Rute pengiriman barang dengan layanan Trawlpack dari Trawlbens dapat melayani berbagai macam rute dengan cakupan ke seluruh Indonesia. Salah satu rute yang dapat dilayani oleh Trawlbens adalah rute ekspedisi Surabaya Madiun.

Pengiriman barang menggunakan layanan Trawlpack dari Trawlbens dapat mengirimkan berbagai cargo dengan rute Surabaya-Madiun. Estimasi biaya ongkos kirim menggunakan rute ini adalah Rp 8.000/kg dengan lamanya pengiriman selama 1-2 hari.

Yuk segera gunakan layanan Trawlpack dari Trawlbens karena layanan Trawlbens selalu dekat di hati.

× Customer Service