Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Perkiraan Puasa Bulan Ramadhan 2023

Table of Contents

Bulan Ramadhan adalah sebuah bulan suci bagi umat Islam yang sangat dinanti-nanti. Momen ini sangat dinanti-nantokan karena hanya datang satu kali selama satu tahun dan momen paling baik untuk menunaikan berbagai macam amalan baik.

Yuk simak kapan sih waktu perkiraan datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Baca Juga: 6 Peluang Usaha Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan

Peran Kemenag dalam Perkiraan Hari Pertama Puasa 2023

Artikel logo kemenag
image by: https://kemenag.go.id

Biasanya, hari pertama bulan puasa akan ditandai dengan rapat sidang isbat yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama. Sidang isbat akan dilakukan pada hari-hari terakhir pada bulan Sya’ban, bulan sebelum Bulan Ramadhan pada kalender Hijriah.

Penetapan hari pertama puasa akan menggabungkan dua metode, yaitu secara penghitungan hisab dan astronomi dan akan dikonfirmasikan menggunakan rukyatul hilal yang artinya pengamatan hilal. 

Baca Juga: Ingin Kirim Barang Murah? Ini Dia Caranya!

Menilik Perkiraan Ramadhan dari Berbagai Pihak

Artikel Quran dan kurma
image by: pexels

Berbagai organisasi islam ternyata berperan dalam memperkirakan Bulan Puasa pada tahun-tahun sebelumnya selain Kementrian Agama. Salah satu organisasi yang berperan di masyarakat adalah Nahdlatul Ulama atau NU dan Muhammadiyah.

Nahdlatul Ulama akan memperkirakan bulan puasa dengan menggunakan metode Rukyatul Hilal. Sedangkan organisasi Muhammadiyah akan menggunakan metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal atau yang dapat diartikan sebagai perhitungan hisab.

Baca Juga: Niat Sholat Qobliyah Subuh, Lengkap 4 Keutamaan

Kendati demikian, perikraan Bulan Ramadhan 2023 akan dapat didasari oleh Surat Keputusan Bersama atau SKB dari 3 mentri yang memuat tanggal Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. Surat ini juga memuat konversi penanggalan dari Bulan Masehi dan Bulan Hijriah.

Menurut surat tersebut, libur nasional Idul Fitri akan jatuh pada yanggal 22-23 April tahun 2023. Dapat diperkirakan bahwa Ramadhan akan mulai pada bulan Maret 2023.

Uni Emirat Arab (UEA) juga telah memprediksi jatuhnya Bulan Ramadhan pada hari Kamis, 23 Maret 2023. Prediksi ini didasari oleh perhitungan yang dilakukan oleh Arab Union for Astronomy and Space Science (AUASS).

Sejarah Kewajiban Puasa Bulan Ramadhan dalam Islam

Artikel islami momen
image by: pexels

Umat islam pertama kali untuk diwajibkan melakukan Puasa Ramadhan pada tahun kedua Hijriah, atau satu setengah tahun setelah Nabi Muhammad SAW telah melakukan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Hal ini ditegaskan pada buku Ringkasan Fikih Sunnah Sayyid Sabiq, karangan Syekh Sulaiman Ahmad Yahya Al-Faifi.

Baca Juga: Cek Daftar Jasa Ekspedisi Sumatera Terbaik 2023

Perintah pertama kali untuk melakukan puasa juga diperingati sebagai perintah Allah SWT untuk memindahkan kiblat umat islam dari Masjidil Awsa ke Masjidil Haram. Hal ini pula dikutip dari buku Tuntunan Puasa Menurut Al-Qur’an dan Sunnah, karangan Alik al-Adhim.

Perintah puasa tertuang pada surat Al-Baqarah ayat 183 dengan ayat:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Ayat tersebut dapat diartikan sebagai, “wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

× Customer Service