Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

5 Persiapan Ikut Beasiswa LPDP 2023

LPDP adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, yang menyediakan beasiswa untuk masyarakat Indonesia di usia pendidikan, dengan memanfaatkan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Beasiswa LPDP menjadi solusi bagi calon mahasiswa berprestasi yang membutuhkan tunjangan dana pendidikan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Jenis-Jenis Beasiswa LPDP

Jenis-Jenis Beasiswa LPDP
Sumber: ubl.ac.id

Terdapat beberapa jenis beasiswa yang LPDP berikan kepada calon mahasiswa di Indonesia:

1. Program Umum

Terdapat 3 jenis Program Umum yang ada di LPDP:

  • Beasiswa PTUD (Perguruan Tinggi Utama Dunia)

Merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi WNI yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance (LoA) Unconditional dari Perguruan Tinggi Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan Magister dan Doktor.

  • Beasiswa Parsial

Merupakan beasiswa umum untuk jenjang magister dan doktor yang diperuntukkan bagi WNI dengan skema pendanaan bersama antara LPDP dengan individu Penerima Beasiswa.

  • Beasiswa Reguler

Merupakan beasiswa jenjang magister dan doktor yang diperuntukkan bagi WNI melalui mekanisme dan prosedur yang ditetapkan LPDP.

2. Program Targeted

Terdapat 3 jenis Program Targeted yang ada di LPDP:

  • Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis

Program Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis merupakan program beasiswa kerja sama antara LPDP dengan Kementerian Kesehatan yang dimaksudkan mendukung ketersediaan sumber daya manusia Dokter Spesialis dan Subspesialis dalam rangka pemenuhan dan pemerataan pelayanan spesialistik di Indonesia.

  • Beasiswa Pendidikan Kader Ulama

Beasiswa Pendidikan Indonesia Kader Ulama Masjid Istiqlal, selanjutnya disingkat Beasiswa Pendidikan Kader Ulama adalah beasiswa jenjang magister dan doktoral yang dikelola Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bekerjasama dengan Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dengan pembiayaan LPDP yang diperuntukan bagi calon ulama.

  • Beasiswa Kewirausahaan

Beasiswa Kewirausahaan adalah beasiswa jenjang magister luar negeri yang diperuntukkan bagi WNI yang bergerak dalam bidang kewirausahaan.

  • Beasiswa PNS, TNI, Polri

Beasiswa PNS/TNI/POLRI adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, dan anggota POLRI.

3. Program Afirmasi

  • Beasiswa Penyandang Disabilitas

Beasiswa Penyandang Disabilitas adalah program beasiswa yang ditujukan untuk masyarakat penyandang disabilitas yang memenuhi persyaratan LPDP, yaitu:

  1. Penyandang Disabilitas Fisik
  2. Penyandang Disabilitas Intelektual
  3. Penyandang Disabilitas Mental
  4. Penyandang Disabilitas Sensorik
  5. Penyandang Disabilitas Ganda atau Multi
  • Beasiswa Putra-Putri Papua

Beasiswa Putra-Putri Papua adalah program beasiswa magister dan doktor yang diperuntukkan bagi putra-putri daerah Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya.

  • Beasiswa Daerah Afirmasi

Beasiswa Daerah Afirmasi adalah program beasiswa magister dan doktor yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi.

  • Beasiswa Prasejahtera

Beasiswa Prasejahtera adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin untuk melanjutkan studi jenjang pendidikan magister.

Persiapan Tes Beasiswa LPDP

Simak update info beasiswa 2022 terbaru ada Beasiswa Tanoto Foundation untuk S1
Sumber: cdn-2.tstatic.net

Semua peserta beasiswa LPDP pasti ingin hasil yang terbaik dari seleksinya. Maka dari itu, berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda persiapkan dalam menghadapi tes beasiswa LPDP:

Siapkan Pendaftaran Online Beasiswa LPDP

Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023 dilakukan secara daring di situs Kemenkeu. Anda harus mempersiapkan segala berkas yang dibutuhkan sehingga tinggal diunggah ke situs Kemenkeu untuk pendaftaran LPDP. 

Siapkan surat-surat berikut ini:

  • Surat Rekomendasi
  • Surat Keterangan¬†
  • Scan Ijazah S1 (asli atau Legalisir)
  • Scan Transkrip Nilai S1 (asli atau Legalisir)
  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan Letter of Acceptance (LoA) Unconditional yang masih berlaku

Mengikuti Tes TOEFL atau IELTS

Sertifikat bahasa, terutama bahasa Inggris, adalah salah satu persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan beasiswa LPDP. Tahun lalu, skor yang ditetapkan bagi program magister di luar negeri adalah 80 untuk TOEFL IBT; 6,5 untuk IELTS; 800 untuk TOEIC; atau 550 untuk TOAFL.

Sementara itu, bagi program doktoral ditetapkan skor minimal 94 untuk TOEFL IBT; 7,0 untuk IELTS; 850 untuk TOEIC; atau 550 untuk TOAFL.

Tingkatkan peluang lolos Anda dengan mempelajari lebih mendalam sebelum tes sertifikat bahasa, dan dapatkan hasil yang maksimal sesuai target, agar pengajuan beasiswa Anda semakin dilirik oleh Kemenkeu.

Siapkan Esai yang Menarik

Pada seleksi beasiswa LPDP Anda akan diminta untuk menulis esai. Kemukakanlah pendapat Anda tentang mengapa Anda harus dipilih sebagai kandidat penerima beasiswa LPDP tahun 2023, sehingga Anda bisa lolos dan menarik di mata pihak penyelenggara.

Anda bisa memulai dari struktur tulisan yang sudah tertata, mulai dari perkenalan diri, kelebihan dan kekurangan, alasan kuat, serta mengapa LPDP menjadi beasiswa yang Anda pilih dan mengapa LPDP wajib memilih Anda sebagai kandidat penerima beasiswa tahun ini.

Jangan menyepelekan esai ini, sebab Anda juga harus mempelajari esai yang Anda buat nanti agar bisa menjalani tahap wawancara dengan baik.

Demikian tips untuk persiapan beasiswa LPDP 2023. Semoga Anda bisa lolos dan mendapatkan pendidikan idaman yang Anda inginkan. Bicara soal luar negeri, Anda bisa mengandalkan Trawlbens. Segera akan kami buka layanan Trawlexim, untuk pengiriman ekspor-impor dari Indonesia ke seluruh dunia.

Nantikan segera produk andalan kami dengan mengikuti media sosial kami dan website kami.

× Customer Service