Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Perusahaan Ekspedisi dalam Kata dan Bisnis

perusahaan ekspedisi pengertian

Saat ini, kita sering sekali mendengar berbagai macam kata-kata baru dalam kamus bahasa sehari-hari kita. Salah satunya adalah ekspedisi yang diksinya telah meroket diakibatkan oleh maraknya penggunaan kata ini semenjak maraknya belanja daring dan globalisasi berbagai macam produk. 

Hal ini berawal dari revolusi industri 4.0 sehingga menyebabkan berbagai macam perubahan dalam distribusi dan pemasaran barang. Fenomena ini juga menyebabkan bermekarnya perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang. Perusahaan yang bermekaran pada era ini juga telah menggabungkan logistik dengan teknologi informatika untuk mempermudah pelayanan.

Baca Juga: Mengenal Dunia Ekspedisi dan Kargo

Dengan berbagai macam pelayanan, perusahaan jasa pengiriman barang bersaing satu sama lain untuk menjadi perusahaan ekspedisi terbaik. Bentuk pelayanan dapat berupa melayani pengiriman barang dengan bobot dan volume yang besar, jangkauan pengiriman luas dengan ongkos kirim yang murah, dan bahkan customer care yang siap sedia melayani Anda kapanpun untuk meningkatkan pelayanan pengguna. Salah satu perusahaan yang melayani jasa pengiriman barang adalah Trawlbens.

Mungkin kadang sering timbul pertanyaan…

Apa Itu Perusahaan Ekspedisi & Tugasnya?

Pengertian ekspedisi adalah sebuah kata yang diartikan sebagai perjalanan, pengembaraan, maupun pengiriman. Namun, Ekspedisi lebih sering diartikan sebagai sebuah metode untuk mengirimkan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya.

Perusahaan ekspedisi sendiri dapat didefinisikan sebagai perusahaan yang menyediakan jasa berupa pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan pengiriman barang. Secara rinci, inilah tugas dan peran dari perusahaan ekspedisi;

pengantaran paket pexels

1. Pelayanan Pengiriman

Peran utama dari perusahaan ekspedisi ialah memberikan layanan pengiriman dengan berbagai moda. Baik menggunakan moda darat, laut, maupun udara. 

2. Gudang

Pelayanan pergudangan juga dapat diberikan oleh layanan ekspedisi. Bagaimana tidak? Layanan pergudangan umumnya disediakan dan mencakup layanan seperti pelacakan inventaris, pemilihan lokasi, pemeriksaan paket, identifikasi pengemas, dan mengatur pemuatan produk.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Layanan Door to Door dan Port to Port

3. Inbound Logistik

Inbound adalah proses logistik masuk yang melibatkan pergerakan bahan mentah, barang jadi, dan pengiriman dari produsen atau saluran distribusi lainnya ke pusat pemenuhan, gudang, atau toko ritel, bergantung pada model bisnis Anda.

4. Pemenuhan Gudang

Setelah produk diterima dan disimpan di area penyimpanan yang ditentukan, pengangkut akan memuat semua produk ke dalam kendaraan pengiriman dan mengangkutnya ke tujuan.

5. Logistik Keluar (Outbound Logistic)

Peran utama dari perusahaan ekspedisi adalah untuk mengangkut atau mengirimkan produk ke pengguna akhir. Operator yang dikelola secara profesional memastikan bahwa produk Anda tiba tepat waktu dan dalam kondisi baik.

Perusahaan Ekspedisi di Indonesia

Seperti yang telah disebutkan diatas, perusahaan logistik adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman barang atau produk untuk dikirim ke tempat tujuan dengan tetap menjaga kualitas barang atau produk. Hal ini memungkinkan perusahaan logistik untuk menawarkan harga yang lebih rinci untuk layanan yang diberikan. 

Baca Juga: 4 Tips Memilih Jasa Ekspedisi Terbaik

Karena terdiri dari ribuan pulau dan dipisahkan oleh lautan yang sangat luas, Indonesia memiliki jumlah besar dalam perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa pengiriman barang. Berbagai perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi dapat Anda temukan. Berikut adalah 5 perusahaan ekspedisi yang dapat Anda gunakan jasanya dalam mengirimkan barang ke berbagai daerah;

1. Trawlbens

cargo ekspedisi trawbens

Trawlbens Indonesia (PT. Trawlbens Teknologi Anak Indonesia) adalah perusahaan aplikasi yang memenuhi pengiriman barang, pengiriman barang berukuran besar dan kebutuhan logistik lainnya. Didirikan pada tahun 2020, Trawlbens terus menyediakan layanan logistik yang komprehensif, sederhana, aman, dan terjangkau.

2. Pos Indonesia

pos indonesia

Pos Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang menyediakan layanan pos. Unit usaha Pos Indonesia kini berbentuk perseroan terbatas atau sering disebut PT. Pos Indonesia. Uniknya lagi, Pos Indonesia telah berdiri sejak tanggal 26 Agustus 1746. Hal ini menandakan bahwa Pos Indonesia memiliki umur yang lebih tua dibandingkan umur kemerdekaan Indonesia.

3. TIKI

Tiki
image by: Akademi Bisnis BukuKas

TIKI adalah perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, pertama kali didirikan di Jakarta pada tahun 1970. Hingga saat ini, TIKI memiliki jaringan operasional yang mencakup 65 kota besar di Indonesia, didukung oleh lebih dari 500 kantor perwakilan, lebih dari 3.700 kantor penjualan, dan lebih dari 6.000 karyawan di Indonesia.

Baca Juga: Ini Bahan dan Cara Packing Barang yang Benar

4. JNE

JNE ekspedisi

Awalnya, TIKI dan JNE adalah perusahaan yang sama. TIKI atau PT Citra van Titipan Kilat bergerak dalam bidang jasa pengiriman jaringan kurir internasional. Di sisi lain, JNE telah memulai bisnis impor barang dan dokumen dari luar negeri ke Indonesia dan menyediakan layanan pengiriman barang. Didirikan pada tahun 1990, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) melayani masyarakat umum terkait dengan pelayanan kepabeanan, khususnya impor kargo yang sensitif terhadap waktu melalui gudang ekspres.

5. Ninja Xpress

Ninja Xpress
image by: arenaLTE

Ninja Van adalah perusahaan pengiriman ekspres berbasis teknologi yang menyediakan layanan pengiriman bebas repot untuk semua ukuran bisnis di Asia Tenggara.

Trawlbens Sebagai Solusi Ekspedisi dalam Berbisnis

Kemudahan dalam pendistribusian untuk pemasaran tentu sangat didambakan oleh para pebisnis. Hal tersebut akan semakin didambakan apabila pengiriman dapat mengangkut bobot dan volume yang besar serta dapat mengirimkan ke seluruh wilayah di Indonesia, termasuk ekspedisi ke kalimantan barat.

Trawlbens hadir untuk memenuhi permasalahan itu semua dengan menggabungkan logistik dan teknologi industri 4.0 kepada pelaku bisnis. Kendati demikian, tidak hanya pebisnis yang dapat menggunakan layanan jasa pengiriman dari Trawlbens. Anda dapat mengirimkan barang dari tangan Anda ke wilayah lain di Indonesia yang memiliki jarak ribuan kilometer dengan harga ongkos kirim terjangkau.

Didasari oleh penggunaan yang mudah, ongkos terjangkau, dan cakupan yang sangat luas dihadirkan oleh Trawlbens dengan maksud untuk mempermudah pengiriman barang Anda. 

Yuk segera kirim barang Anda menggunakan layanan Trawlbens di sini!

× Customer Service