Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

PPKM Dicabut, Bagaimana Nasib Aplikasi PeduliLindungi?

Terhitung sejak tanggal 30 Desember 2022, pemerintah menghentikan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang tertuang dalam instruksi Mendagri Nomor 50-51 Tahun 2022. Pesan ini langsung disampaikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. 

Adapun alasan dibalik pencabutan PPKM ini karena pemerintah menilai bahwa dalam beberapa bulan terakhir, kasus pandemi Covid 19 di Indonesia semakin menurun dan terkendali. Menurut data Kemenkes, per 27 Desember 2022 lalu kasus harian hanya 1,7% dengan positivity rate mingguan 3,35%. WHO juga menyebutkan bahwa persentase angka kematian Covid 19 di Indonesia sudah berada di bawah standar dari WHO. 

Kemudian, bagaimana nasib Aplikasi PeduliLindungi jika PPKM dicabut?. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa aplikasi tersebut akan terus digunakan. Langkah yang diambil yaitu dengan menyiapkan payung strategi untuk mengintegrasi satu data pemerintah yaitu data kesehatan, keuangan, sosial, dan sumber daya alam. 

Nantinya, aplikasi PeduliLindungi akan disusun program khusus kesehatan yang menjadi fasilitas untuk kebutuhan di puskesmas, klinik, apotek, hingga laboratorium. Transformasi aplikasi ini akan menjadi platform yang terintegrasi, sehingga fungsinya tidak hanya untuk vaksin dan scanning saja. 

Budi juga menambahkan, platform tersebut juga bisa melakukan general check up seperti CT Scan, MRI, dan peresepan obat. Melalui sistem yang dibangun harapannya bisa memudahkan masyarakat untuk mengecek kesehatan. Hal ini juga bisa digunakan oleh pemda di dinas kesehatan setempat untuk melakukan analisis population health.

Sistem ini ditargetkan selesai dan sudah terintegrasi pada akhir tahun 2023, dan bisa digunakan oleh masyarakat di tahun 2024. Oleh karena itu, aplikasi PeduliLindungi yang saat ini sudah ada smartphone Anda tidak perlu di hapus ya!

Artikel ini ditulis oleh: EL Imas Laila

Sumber/Referensi:

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230103070933-37-402251/ppkm-dicabut-aplikasi-pedulilindungi-boleh-dihapus

× Customer Service