Libur Natal Dan Tahun Baru Tiba, PPKM Level 3 Diterapkan

PPKM Level 3
Images by: DW.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Masyarakat Indonesia sepertinya harus mulai terbiasa dengan kebijakan yang berubah-ubah mnegenai penanganan covid-19. Pasalnya, Masyarakat Indonesia perlu bersiap karena penerapan arahan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia akan mulai berlaku pada 24 Desember 2021.

Pemerintah akan segera menerapkan kebijakan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia selama libur Natal 2021 dan libur akhir tahun dan Tahun Baru 2022. Hal ini tentu dilakukan dengan keputusan yang hati-hati untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Larangan saat PPKM Level 3 Saat Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

PPKM Level 3 yang akan diterapkan pada saat Libur Natal tentu akan membuat semua masyarakat memiliki Batasan untuk melakukan aktivitas selama PPKM berlangsung.
berikut ini yang dilarang selama PPKM Level 3 Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Dilarang Melakukan Aktivitas yang Melibatkan banyak orang

Tentunya sudah menjadi budaya di berbagai tempat untuk merayakan pesta kembang api saat momen pergantian tahun. Sehingga banyak masyarakat yang akan keluar rumah dan mengunjungi lokasi-lokasi yang biasanya mengadakan acara pesta kembang api sehingga akan terjadi kerumunan massal yang dikhawatirkan akan menyebabkan lonjakan kasus covid-19.

Selain itu untuk ibadah saat momen natal, kunjungan wisata, hingga pusat perbelanjaan diwajibkan untuk menyesuaikan kebijakan yang tertera pada peraturan PPKM level 3.

Larangan Cuti Untuk ASN saat Libur Natal dan Tahun Baru

Selain itu untuk para masyarakat yang merupakan ASN, Pemerintah juga mengambil kebijakan pelarangan liburan. Kebijakan ini berlaku untuk para (ASN), TNI, Polri dan pegawai swasta. Selain penguatan pelayanan kesehatan dan Prokes dan melakukan percepatan vaksinasi pada akhir Desember 2021.

Imabauan untuk tidak Melakukan Aktivitas diluar rumah

Pemerintah sebelumnya telah menetapkan beberapa pedoman untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus covid-19 selama liburan Natal.

Mereka yang akan melakukan aktivitas diluar rumah harus divaksinasi setidaknya untuk dosis vaksin pertama kali untuk mengimbau masyarakat agar tidak bepergian, pulang ke kampung, dan untuk memperketat aturan perjalanan di angkutan umum aturan tersebut akan diterapkan dimana setiap individu wajib sudah melakukan vaksin.

Aturan Yang Berlaku Saat PPKM Level 3

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 terjadi awal tahun lalu, selama pandemic pemerintah sudah mengubah beberapa kali istilah yang digunakan untuk membatasi kegiatan masyarakat. Dari Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), PPKM hingga PPKM Mikro hingga muncul PPKM Level 1, 2, 3, dan 4.

Aturan yang diterapkan untuk setiap level PPKM tentu berbeda dari level 1,2,3 dan 4. Untuk hari libur natal dan tahun baru pemerintah akan menetapkan ppkm Level 3. Aturan dibawah berikut berlaku untuk PPKM level 3.

Sektor industry Non-essential diharuskan menerapkan work from home (WFH) sedangkan sektor operasional dapat dilakukan 100% namun harus dibagi dua shift dengan protokol kesehatan yang ketat.

Toko- toko atau pasar yang berjualan dan berguna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bisa buka dengan kapasitas 50% agar tidak menyebabkan kerumumnan dan Tutup jam 8 malam selain itu, untuk Pasar selain yang menyediakan kebutuhan sehari-hari buka dengan kapasitas 50% dan tutup pukul 15.00.

Pusat perbelanjaan seperti mall dan lainnya dapat dibuka pada kapasitas 25% dan tutup pada jam 5 sore

Pedagang Kaki Lima (PKL), barbershop, dll. bisa buka sampai jam 8 malam. Warung-warung pinggir jalan dan warung ruang terbuka beroperasi dengan okupansi 25% dan buka sampai jam 8 malam.

Sementara itu, tamu yang melakukan makan ditempat akan diberikan batas waktu hingga 30 menit untuk makan. Restoran indoor wajib menerapkan sistem takeaway / delivery only.

kegiatan pendidikan dan pembelajaran dilakukan 100% secara online, dan tempat ibadah dibuka dengan kapasitas 25% dan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Dengan dikeluarkannya kebijakan mengenai PPKM Level 3 yang akan diterapkan pada saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 maka dihimbau agar semua masyarakat dapat mematuhi dan mengikuti semua aturan yang ada dalam kebijakan mengenai PPKM Level 3.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya lonjakan penyebaran virus corona yang hingg saat ini belum 100% teratasi sehingga dengan diterapkannya aturan ini akan membuat Indonesia segera Pulih dan terbebas dari Pandemic Covid-19 ini.

Untuk Sahabat Trawlbens Stay Safe and Stay Healthy, jangan lupa kirim barang ke Seluruh Indonesia pake Trawlbens aja! Mudah, murah dan dijamin aman sampai tujuan!

Hubungi kami sekarang

Berita sebelumyaJasa Ekspedisi Banjarmasin Ke Mataram Kirim 10kg Gratis Pickup
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Banjarmasin Ke Papua Kirim 10kg Gratis Pickup