Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Respon MUI Tentang Qoriah Nadia Hawasyi Disawer Saat Melatunkan Al Quran! 

Table of Contents

Belakangan ini telah viral video seorang qoriah wanita yang disawer pada saat melantunkan ayat Al Qur’an. Hal tersebut terjadi di Kecamatan Cibaliung, Pandeglang, Banten pada saat acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada Oktober 2022. Pelantun qoriah yang diketahui bernama Nadia Hawasyi mengatakan bahwa ia merasa tidak dihargai oleh pelaku dan para panitia acara, karena sangat disayangkan hal tersebut bisa terjadi pada saat ia melantunkan bacaan ayat suci Al Qur’an di atas panggung acara. 

Kronologi Nadia Hawasyi di Sawer

Saat itu Nadia diundang untuk menjadi Qoriah di sebuah acara maulid nabi Muhammad SAW. Kejadian tersebut terjadi pada saat Nadia telah berada di atas panggung pada saat ia tengah melantunkan bacaan ayat suci Al Qur’an. Secara tiba-tiba seorang laki-laki datang menghampiri ia diatas panggung dan segera tanpa aba-aba langsung menyebarkan uang secara cepat di hadapan wajah Nadia Hawasyi. Hal tersebut ditambah dengan seorang lelaki yang ikut maju dengan memasukan uang tersebut ke hijab bagian jidat dari Nadia secara paksa. 

Baca Juga: Niat Sholat Taubat Lengkap Dengan 5 Syaratnya

Pada saat kejadian tidak ada panitia maupun seseorang yang menghentikan  peristiwa tersebut. Respon yang dikeluarkan oleh Nadia pun hanya bisa tetap melanjutkan bacaannya, karena ia menganggap bahwa ia tidak bisa secara langsung menegur dan memberhentikan bacaan Al Qur’an nya karena hal tersebut tidak masuk kepada adab dalam membaca Al Qur’an. 

Pengakuan Nadia Hawasyi 

Acara tersebut memang telah terjadi di bulan Oktober, dan Nadia pun lupa tanggal pastinya berapa, yang ia ingat hanya saat ia menerima perlakukan tidak etis tersebut dari para pengunjung saat ia melantunkan ayat suci Al Quran. Setelah peristiwa itu terjadi, Nadia memberikan pengakuan dan tanggapan mengenai hal tersebut bahwa ia merasa sangat tidak dihargai. Ia juga tidak tahu bahwa pada saat mengaji, panitia baik laki-laki maupun perempuan akan menyawer dirinya. Sangat tidak memungkinkan bagi Nadia untuk menghentikan dan menegur langsung di tengah-tengah pada saat ia membaca ayat suci Al Qur’an.  Nadia mengaku sangat kesal dan marah, ia juga langsung menegur panitia setelah selesai memenuhi tanggung jawabnya sebagai seorang qoriah untuk acara Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut.

Baca Juga: Viral Mekkah Menghijau! Ini Kondisi Terkini!

Respon MUI?

Artikel MUI logo

Respon yang dikeluarkan oleh MUI tentu sangat mengecam perbuatan tersebut. Ketua Majelis Ulama Indonesia menilai bahwa aksi sawer :tersebut haram untuk dilakukan. Terlebih aksi tersebut dilakukan pada saat seorang Qoriah melantunkan bacaan ayat suci Al Quran, tentu hal tersebut tidak mencerminkan perbuatan terpuji dan tidak menghargai ayat-ayat suci Al-Qur’an. MUI meminta untuk acara dan perbuatan seperti itu harus dihentikan, dan jangan menganggap bahwa hal tersebut merupakan tradisi baik yang perlu  dipertahankan. Jelas peristiwa tersebut sangat bertentangan dengan ayat-ayat yang sedang di lantunkan oleh Qoriah Nadia Hawasyi. 

Baca Juga: 4 Peluang Bisnis Syariah Yang Cocok Untuk Anak Muda

Peristiwa tersebut cukup dijadikan sebagai sebuah pelajaran untuk saling menghargai sesama. Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW seharusnya dapat dijalani secara khidmat dan damai, bukan malah saling tidak menghargai atau merendahkan pihak manapun. Biarlah dari masing-masing pihak yang terlibat untuk segera menyelesaikan permasalahan yang ada. 

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-6500928/viral-disawer-saat-baca-al-quran-hingga-qoriah-angkat-bicara

× Customer Service