Event Balap Internasional Di Sirkuit Mandalika Lombok, WSBK 2021 Hingga MotoGp 2022

Sirkuit Mandalika Lombok
Images by: Kompas.com
Daftar Mitra TrawlBens

TrawlbensSetelah proses pembangunan sirkuit Mandalika Lombok atau yang saat ini dapat disebut Pertamina Mandalika International Street Circuit rampung dan diresmikan secara langsung oleh presiden Indonesia, Kini Indonesia siap menjadi tuan rumah dari berbagai macam ajang balap kelas dunia.

Sebelumnya perlu diketahui Pertamina Mandalika International Street Circuit merupakan sirkuit yang bertaraf dan berstandart internasional. Sirkuit Mandalika Lombok ini sendiri berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini menjadikan Pertamina Mandalika International Street Circuit sangat cocok untuk digunakan untuk ajang balap kelas dunia.

Event Balap yang akan digelar di Sirkuit Mandalika Lombok

Setelah resmi dibuka, Pertamina Mandalika International Street Circuit direncanakan akan menggelar event balap besar dalam waktu dekat. event balap tersebut antara lain Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), World Superbike (WSBK) hingga MotoGP.

Idemitsu Asia Talent Cup (IATC)

Sebelumnya ajang balapag balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) direncanakan akan digelar di 12 hingga 14 November 2021 ini. Akan tetapi event tersebut terpakasa harus diundur karna beberapa alasan dan dilakukan demi keselamatan para pembalap. Salah satu yang menjadi alasan ditundanya event ini karena kurangnya tenaga marshal di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Meski terdapat kesalahan teknis mengenai kurangnya tenaga marshal, ajang kejuaraan balap motor Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) akan tetap dilaksanakan meskipun hasus diundur menjadi tanggal 19 hingga 21 November 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Sesuai jadwal yang diumumkan oleh pihak ATC, rangkaian balapan Asian Talent Cup akan dimulai pada Jumat (19 November 2021) dengan dimulai Free Practice 1 (FP1) yang digelar pada jam 09.15 hingga 09.45.

Kemudian, dari pukul 12:00 hingga 12:30, akan ada sesi FP2 sebelum balapan pertama (Race 1) yang akan diadakan pada pukul 16.00, yang akan memakan 16 puteran di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Di sisi lain, pada hari sabtu (20 November 2021), jadwal Asian Talent Cup di Pertamina Mandalika International Street Circuit tidak kalah meriah karena akan ada dua balapan sekaligus yang akan diselenggarakan.

Tepat pukul 09.40 hingga pukul 10.10, pembalap akan melakukan kegiatan kualifikasi sebelum Race 2 dilaksanakan tepat pukul 12.00 dan pada 16:30 WIB akan berlangsung Race 3 dengan jumlah lap yang sama yaitu 16 lap sama dengan Race 1 yang lebih dulu diselenggaraka sehari sebelumnya.

21 November 2021, Asian Talent Cup hanya memiliki satu jadwal balapan yaitu Race 4 pada pukul 12.00 siang waktu setempat.

World Superbike (WSBK)

Selain balapan Asian Talent Cup, Pertamina Mandalika International Street Circuit juga akan menjadi tuan rumah seri yang terakhir dari World Superbike (WSBK).

Rangkaian final World Superbike (WSBK) Race Event 2021 juga akan berlangsung pada November 19 hingga 21 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pihak mandalika Grand Prix pun sudah mengumunkan kesiapannya setelah Federasi Balap Motor Internasional (FIM) menyelesaikan pemeriksaan lintasan pada Kamis (18 November 2021).

Setelah pemeriksaan keselamatan lintasan selesai, pembalap dan timnya akan melakukan briefing lintasan atau dikenal juga dengan pengenalan lintasan sebelumnya dilakukannya race.

MotoGP

MotoGP menjadi salah satu ajang kejuaraan balap besar dan berkelas dunia, setelah menyelenggarakan event-event diatas, rencananya MotoGp juga akan segera digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Pasalnya, sirkuit Mandalika Lombok sendiri sudah masuk dalam daftar tes pramusim motoGp yang rencananya akan diadakan pada tanggal 11 hingga 13 februari tahun depan.

Selain digunakan untuk melakukan tes pramusim MotoGP, Pertamina Mandalika International Street Circuit juga digadang-gadang akan menjadi tempat digelarnya seri ke dua MotoGp 2022 yang akan dilaksanakan pada 20 Maret 2022 seddangkan untuk seri pertamanya akan dilaksanakan di Qatar pada 6 Maret 2022.

Dengan hadirnya Pertamina Mandalika International Street Circuit atau sirkuit Mandalika Lombok ini tentu akan membuat nama Indonesia semakin dikenal oleh negara luar serta menarik banyak perhatian publik.

Para penggemar dunia balap pasti sangat menanti-nanti moment ini, dimana akhirnya Indoensia dapat menjadi tuan rumah dari berbagai macam event kejuaran balap yang bertaraf internasional.

Berita sebelumyaJasa Ekspedisi Mataram Ke Jawa Kirim 10kg Gratis Pickup
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Mataram ke Kalimantan Kirim 10kg Gratis Pickup