Sosial Media Merubah Tren Interaksi Konsumen di Masa Pandemi Covid-19

Sosial Media
Daftar Mitra TrawlBens

Sosial Media adalah salah satu sarana komunikasi dan interaksi yang banyak digunakan di era modern ini, khususnya di dalam masa pandemi Covid-19 ini dimana semua aktivitas terbatasi guna meredam interaksi sosial secara langsung. Dalam 2 tahun belakang, semenjak pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, kita merasakan banyaknya perubahan, baik cara berkomunikasi dan berinteraksi. Banyak hal yang sebelumnya  kita lakukan dengan cara konvensional sekarang bergerak ke arah digital secara perlahan namun pasti. Hal ini membuat lini bisnis perlu menemukan cara baru dan inovatif untuk memberikan nilai dan menarik audiens sesuai target pasar mereka. Untuk melibatkan konsumen mereka dalam berinteraksi, bisnis perlu mengoptimalkan strategi pengalaman pelanggan mereka dengan terlebih dahulu memiliki pandangan yang baik tentang merek, pasar, dan pelanggan mereka. 

Cara konsumen berinteraksi dengan merek atau pun jasa juga ikut terus berkembang, terutama di lingkungan bisnis yang menjadi sangat unik saat ini. Sangat penting untuk tidak mengabaikan perkembangan ini, ketika mencoba memahami tren konsumen teratas khususnya di Indonesia. Agar tetap relevan dan tetap dapat bertumbuh perlu juga berkesinambungan membangun strategi komunikasi yang berpusat pada pelanggan, seluruh lini bisnis di Indonesia khususnya, secara tidak langsung dituntut untuk memahami tren terkini khususnya dalam berinteraksi dengan konsumen.

Faktanya, di era modern sekarang ini, Media sosial adalah salah satu saluran teratas di Indonesia, yang menjadi wadah untuk berinteraksi, hal ini juga digunakan seluruh lini bisnis untuk turut berinteraksi dengan pelanggan, diikuti oleh forum dan blog. Meskipun ketiga saluran ini adalah saluran teratas yang perlu dipantau dan diperhatikan oleh bisnis di Indonesia, perlu dicatat bahwa ada berbagai saluran lain tempat konsumen berinteraksi dengan sebuah merek atau jasa, dan yang terbaik bagi bisnis adalah mempertahankan konsistensi interaksi secara terpadu di semua platform sosial media dan seluruh saluran pendukung lainnya.

Sosial Media

Melansir dari laman talkwalker, bahwa seluruh lini bisnis akan mendapat manfaat dari terbentuknya sistem interaksi yang kuat antara produk dan konsumen. Sementara tren konsumen teratas akan terus berkembang seiring berjalannya waktu, satu hal tidak berubah – bahwa bisnis perlu terus beradaptasi dan memperkuat koneksi pelanggan mereka. Untuk melakukannya, bisnis yang ingin melibatkan konsumen di Indonesia harus tetap mengikuti tren terbaru di negara ini dan memanfaatkan tren ini dalam strategi bisnis mereka.

Dengan sistem yang kuat untuk mengumpulkan dan menafsirkan data percakapan, bisnis tidak hanya akan mengetahui tren konsumen terbaru, tetapi kemudian dapat memanfaatkan data untuk memperoleh wawasan tentang peluang dan risiko untuk pemasaran. Mereka kemudian dapat merencanakan strategi komunikasi dan pemasaran terbaik dan pada akhirnya dapat terciptanya hubungan antara produk dan konsumen.

Baca Juga : Omicron Varian Baru Covid-19

Salah satu contoh nyata produk yang menggunakan sosial media, sebagai salah satu sarana komunikasi dan interaksi adalah Trawlbens, dimana interaksi untuk produk dan keluhan dapat dilakukan via pesan langsung instagram di @trawlbens.id dengan adanya interaksi tersebut, diharapkan dapat memotong jarak dan mempermudah interaksi antara pelanggan setia Trawlbens.

Berita sebelumyaEkspedisi dari Banjarmasin ke Mataram Kirim 10kg Gratis Pickup
Berita berikutnyaCara Order Pengiriman Barang di TrawlBens