93 Tahun Sejak Sumpah Pemuda Menuju Indonesia Cemerlang

Sumpah pemuda
Images by: Pinterest.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Sumpah Pemuda yang selalu diperingati pada tanggal 28 Oktober harus dijadikan sebagai pendorong perubahan yang baik untuk Indonesia.

Peringatan tahun ini adalah peringatan ke 93 tahun sejak pertama kali ikrar sumpah pemuda tersebut. Sumpah Pemuda 1928 merupakan pengingat untuk membangun kembali semangat persatuan dan kesatuan.

Tahun ini peringatannya menjadi sedikit lebih berbeda Karena Indonesia masih dalam pemulihan dari pandemi Covid-19. Dinamika sumpah pemuda ini juga harus menjadi pengingat bahwa orang harus bersatu dan mengatasi Covid19 yang tidak kunjung usai ini.

Untuk itu kita sebagai pemuda di Indonesia harus dapat mengajak generasi muda dan perempuan untuk menghidupkan kembali Youth Engagement, yaitu rasa memiliki tanah air, bangsa dan bahasa Indonesia. menggunakan energi dan peduli terhadap lingkungan.

Selain itu kita juga dapat berpartisipasi dalam upaya pengendalian penyebaran Covid19 dengan memperkenalkan penerapan protokol kesehatan yang sesuai standart.
Tahun ini ikrar sumpah pemuda 1928 masih bergema dan akan terus selalu bergema.

Semangat, tekad dan cita-cita pemuda Indonesia harus terus berkobar, bersatu padu melewati masa sulit pandemi ini, bangkit dan menjadikan Indonesia negara yang maju dan terus berinovasi.

Makna Sumpah Pemuda

Sebagai warga negara Indonesia yang berjiwa berani dan menjunjung persatuan, sudah seharusnya Anda mengetahui tentang hari sumpah pemuda.

Hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober merupakan tonggak terpenting bagi warga negara Indonesia yang melahirkan negara Indonesia itu sendiri.

Awal berdirinya Sumpah Pemuda adalah ajang pengakuan bagi pemuda Indonesia yang mengakui Memiliki Satu Tanah Air yaitu Indonesia, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. Sumpah Pemuda pertama kali dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928, hasil dari Kongres Pemuda Indonesia yang kedua.

Sampai hari ini diperingati bahwa Hari Keterlibatan Pemuda diperingati pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Rumusan isi Sumpah Pemuda pertama kali disusun oleh Mohammad Yamin.

Saat itu lagu Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Soepratman atau yang lebih dikenal dengan W. R. Soepratman terdengar sambil membacakan tulisan sumpah pemuda.

Isi Teks Sumpah Pemuda

“Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.”

“Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yanng satu, bangsa Indonesia.”

“Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.”

sumpah pemuda ini memiliki makna yang sangat dalam, yaitu mampu menggerakkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju. Pentingnya sumpah pemuda ini terwujud dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Makna pertama adalah menekankan apresiasi terhadap perjuangan bangsa Indonesia dan para pahlawan yang telah gugur demi memerdekakan Indonesia. Pembentukan Komitmen Pemuda merupakan titik awal perjuangan bangsa Indonesia untuk memisahkan diri dari penjajah.

Perjuangan pemuda memiliki nilai yang tak tergantikan. Jika Keterlibatan Pemuda tidak lahir maka, bangsa Indonesia tidak akan mampu bersatu dan merdeka seperti sekarang ini.
Para pemudapemudi pada saat itu sudah rela berkorban untuk membuat Negara Indonesia bersatu. Makna yang kedua memberi semangat untuk selalu berjuang.

Pemuda pemudi saat ini bisa mencontoh semangat juang yang telah di contohkan oleh para pejuang kemerdekaan untuk menjadi warga Indonesia yang baik dan selalu menjunjung tinggi rasa bangsa Indonesia.

Di era globalisasi saat ini banyak fasilitas yang bisa kita gunakan. Maka dari itu kita sebagai penerus bangsa harus lebih semangat dengan fasilitas yang ada saat ini.

Kemudian yang ketiga memiliki arti mencintai Indonesia dengan sepenuh hati. Kemerdekaan Indonesia tentu tidak diraih dengan mudah. Anak muda rela berebut waktu, pikiran, materi, dll.

untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Banyak pahlawan yang gugur, dan jumlahnya tak terhitung, untuk memperoleh kemerdekaan bangsa.

Pertarungan ini merupakan bentuk cinta heroik terhadap negara Indonesia. Sebagai penerus bangsa, kita harus mampu menjaga rasa persatuan dan kesatuan Indonesia untuk mempertahankan Indonesia.

Misalnya pahlawan kita yang siap berjuang, berkorban dan banyak yang gugur untuk merebut kemerdekaan Indonesia, menjadi warga negara Indonesia yang baik dan selalu memberikan hal-hal yang positif bagi negara Indonesia.

Berita sebelumyaEkspedisi Papua Murah, Aman, dan Terpercaya!
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Mataram Kirim 10kg Gratis Pickup