8 Tempat Wisata di Banjarmasin Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Banjarmasin
image by: indonesiakaya.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Banjarmasin dan Banjarbaru Kalsel adalah salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Kota yang dijuluki Seribu Sungai ini menawarkan berbagai pilihan destinasi yang salah satunya bahkan sama indahnya seperti di Raja Ampat. Dijamin liburan Anda akan berkesan.

Daftar Tempat Wisata Primadona di Banjarmasin

Setiap daerah pasti memiliki destinasi wisata yang khas, termasuk Banjarmasin. Beberapa tempat wisata populer yang wajib Anda kunjungi berada di kawasan perbukitan, dataran rendah dan pantai yang kabar baiknya mudah diakses. Apa saja rekomendasinya?

1. Taman Wisata Pulau Kembang

pulau kemang
image by: jadiberita.com

Pulau Kembang adalah tempat wisata di Banjarmasin yang dijuluki sebagai Pulau Kera. Alasannya, pulau tersebut memang menjadi habitat para monyet yang konon dulu dipimpin oleh monyet besar berwarna putih.

Lokasi pulau ini berada di Martapura Barat, Barito Kuala tepatnya di tengah Sungai Barito. Membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menyebrang dari dermaga ke Pulau Kembang menggunakan perahu kayu.

Luas Pulau Kembang sekitar 80 hektar dan kawasannya didominasi oleh hutan mangrove. Pihak pengelola sudah membuat jalur trekking berupa jalan kecil yang terbuat dari kayu. Dengan begitu, pengunjung lebih mudah menyusuri bagian dalam pulau tanpa takut tersesat.

Sebelum masuk lebih dalam, sebaiknya Anda sudah menyiapkan makanan untuk para monyet. Kalau tidak membawa, maka bisa membeli di dekat pintu masuk pulau.

Selain kera-kera yang begitu lincah dan agresif, pemandangan indah hutan mangrove dan kesegaran udara di sekitarnya menjadi daya tarik yang susah ditolak.

2. Bukit Rimpi Pelaihari

Bukit Rimpi Pelaihari
image by: indonesiakaya.com

Beberapa destinasi wisata di Indonesia memiliki area Bukit Teletubbies, termasuk Banjarmasin.

Anda dapat menemukannya di Bukit Rimpi Pelaihari yang berlokasi di Tampang, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

Memerlukan kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat kota Banjarmasin dan 30 menit dari kota Pelaihari.

Nantinya, Anda harus berjalan sejauh 200 meter untuk sampai di area bukit utama. Tarif masuknya cukup murah, sebesar Rp10.000 per orang.

Bukit Rimpi Pelaihari merupakan padang savana hijau yang sangat indah dipandang. Gundukan tanah yang diselimuti rumput hijau segar terlihat berjajar dengan ketinggian yang bervariasi.

Sejauh mata memandang, Anda juga akan dimanjakan dengan landscape pegunungan yang menawan.

Hewan ternak milik warga setempat pun kerap terlihat sedang mengunyah rumput. Kehadirannya semakin menambah keindahan Bukit Rimpi.

Saat Anda berkunjung ke sana, sebaiknya membawa perbekalan sendiri. Sebab, warung hanya ada di area parkir yang letaknya jauh dari kawasan bukit.

3. Bukit Matang Kaladan

Bukit Matang Kaladan
image by: celebes.co

Pesona Raja Ampat sangat terkenal di dunia sehingga menarik banyak wisatawan. Kabar baik bagi Anda yang belum kesampaian ke sana, terdapat tempat wisata di Banjarmasin yang keindahannya hampir sama yakni Bukit Matang Kaladan.

Lokasinya berada di sekitar Dermaga Bendungan Riam Kanan, kurang lebih berjarak 25 km dari kota Banjarbaru. Jalannya cukup mudah dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Perlu diketahui bahwa Anda harus menyiapkan fisik dan bekal yang cukup untuk mendaki sampai ke puncak bukit.

Dari area parkir, membutuhkan waktu sekitar 40 menit trekking ke atas bukit dengan kemiringan 600.

Lelah Anda seketika akan langsung hilang oleh pemandangan dari atas bukit yang menakjubkan.

Terhampar bentang alam berupa waduk Riam Kanan, perbukitan hijau dan gugusan pulau-pulau kecil yang hampir menyerupai panorama di Raja Ampat.

Tidak ada tarif masuk yang dikenakan pada pengunjung. Anda cukup membayar parkir sebesar Rp3.000 per kendaraan.

4. Danau Sari Embun

Ternyata tidak hanya kemiripan dengan Raja Ampat, Kalimantan Selatan juga memiliki Tempat wisata di Banjarmasin yang menyerupai Ranu Kumbolo yaitu Danau Sari Embun. Letaknya ada di Bentok Darat, Bati Bati, Tanah Laut.

Perjalanan dari Banjarmasin membutuhkan waktu sekitar 1 jam sedangkan dari Banjarbaru sekitar 45 menit.

Danau Sari Embun masuk dalam kawasan perkebunan karet dan bukan tempat wisata yang resmi. Namun, tempat ini terbuka untuk umum dan gratis.

Disebut mirip Ranu Kumbolo karena panorama sekitar danau yang berupa pepohonan dan perbukitan hijau.

Ukuran danaunya pun cukup luas dengan air yang jernih. Hampir setiap sudutnya cocok dijadikan latar foto yang menawan.

Terdapat gundukan tanah yang ditumbuhi semak di bagian tengah danau. Anda bisa menuju ke sana dengan cara meniti jembatan berupa sebilah kayu. Perlu kehati-hatian ekstra agar tidak tergelincir.

5. Danau Seran

Kawasan Danau Seran merupakan bekas pertambangan intan yang sudah tidak digunakan lagi. Cekungan seluas 10 hektar dan sedalam 30 meter tersebut kemudian terisi air, menjelma menjadi tempat wisata favorit di Banjarmasin.

Daya tarik Danau Seran adalah airnya yang jernih, pemandangan sekitar yang asri dan udara yang begitu sejuk. Jika ingin berkeliling, Anda bisa menaiki perahu kayu atau menyewa sepeda air.

Dengan perahu kayu, Anda boleh meminta kepada pemilik untuk diantar ke Pulau Asmara yang ada di seberang danau.

Pulau kecil tersebut ditumbuhi pepohonan hijau yang rindang. Konon, kalau datang bersama pasangan maka hubungan akan langgeng selamanya.

Tempat untuk duduk-duduk juga tersedia di Danau Seran. Anda bisa menikmati keindahan danau sambil menikmati camilan. Menariknya lagi, ada hammock yang sangat nyaman untuk rebahan maupun ayunan.

Bagi yang membawa anak-anak, jangan lupa ajak mereka ke wahana bermain seperti memancing bola dan mobil putar.

6. Danau Biru Cempaka

Tidak dipungkiri bahwa danau menjadi tempat wisata di Banjarmasin yang jumlahnya cukup banyak.

Keindahannya memang membuat siapapun berdecak kagum, hanya saja terbentuknya danau-danau baru umumnya disebabkan oleh galian pertambangan yang dibiarkan terbengkalai.

Contoh lainnya adalah Danau Biru Cempaka yang berlokasi di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru.

Keunikan dari danau ini yakni warna airnya yang biru kehijauan. Terlihat sangat cantik berpadu dengan gundukan tanah yang ditumbuhi pepohonan hijau di sekitarnya.

Berkat pengelolaan yang baik, Danau Biru Cempaka memiliki beberapa spot foto yang dibuat dengan kreatif. Selain itu, tersedia penyewaan sepeda, ATV dan kostum khas suku Indian.

Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 6 sore waktu setempat. Harga tiket masuknya sangat murah, hanya Rp2.000 per orang.

7. Menara Pandang Banjarmasin

Selanjutnya, tempat wisata di Banjarmasin yang juga menjadi primadona adalah Menara Pandang. Lokasinya ada di pinggir Sungai Pasar Terapung Siring, Piere Tendean, Martapura.

Bangunan ini diresmikan pada tahun 2014 silam dan hingga sekarang menjadi ikon Banjarmasin yang populer di kalangan wisatawan.

Dari lantai paling atas Menara Pandang, Anda bisa melihat pemandangan indah berupa Sungai Martapura, kota Banjarmasin dan sudut lain yang tidak kalah keren.

Sudah terpasang pagar yang tinggi pada lantai atas tersebut sehingga lebih bebas dan aman memandang alam sekitar.

Setelah puas di lantai atas, cobalah turun ke lantai 3 untuk mendapatkan asupan makanan.

Banyak penjual berbagai macam kuliner di lantai tersebut dengan harga yang terjangkau. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi.

8. Pantai Takisung

Bagi para pencinta pantai, jangan sampai melewatkan Pantai Takisung yang populer di Banjarmasin.

Destinasi bahari ini berlokasi di Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut yang berjarak 87 km dari pusat kota.

Sekali menjejakan kaki di Pantai Takisung, dijamin Anda akan betah berlama-lama di sana. Pasir pantainya yang berwarna putih kecoklatan berpadu indah dengan air laut yang berwarna biru jernih.

Ombak Pantai Takisung pun sangat bersahabat sehingga relatif aman bagi yang ingin bermain air atau sekadar berendam kaki di tepian pantai.

Ada satu spot favorit yang agak menjorok ke laut bernama Batu Bejanggut. Jika ingin ke sana, Anda bisa memanfaatkan jasa penyewaan perahu kayu.

Fasilitas lain yang tersedia seperti toilet umum, tempat duduk, food stall dan warung cindera mata.

Kulinernya cukup bervariasi dan bikin nagih. Keputusan tepat untuk mendatangi food stall setelah lelah menjelajah Pantai Takisung.

Pasti sudah tidak sabar mengunjungi tempat wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan, kan?

Sebelum membeli tiket perjalanan, sebaiknya pilih dulu destinasi yang akan disambangi.

Semakin lama waktu libur Anda, maka semakin banyak tempat primadona yang dapat dijelajahi.

Berita sebelumya10 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicicipi
Berita berikutnya10 Makanan Khas Semarang Cita Rasa Beragam