8 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Anda Kunjungi

tempat wisata di Banyuwangi
Image by: Tiket.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Banyuwangi kini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagaimana tidak? Siapa yang menyangka, daerah yang terletak di ujung timur dari Pulau Jawa ini memiliki berbagai destinasi wisata yang luar biasa indah.

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi Terpopuler

Memangnya ada apa saja sih di kabupaten yang dijuluki sebagai the Sunrise of Java ini? Jangan salah, deretan tempat wisata di Banyuwangi yang akan kami hadirkan ulasannya bisa jadi akan mencuri hati Anda dan membuat Anda ingin ke sana. Langsung saja simak ulasannya!

1. Kawah Ijen

Lokasi : Puncak Gunung Ijen di Kecamatan Licin, Banyuwangi
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk :

Wisatawan domestik : Rp 5.000 (Weekdays) – Rp 7.500 (Weekend)
Wisatawan mancanegara : Rp 100.000 (Weekdays) – Rp 150.000 (Weekend)
Yap, mendengar nama Banyuwangi pasti tidak akan terlepas dari tempat wisata di Banyuwangi terpopuler yang satu ini.

Kawah Ijen memang merupakan destinasi wisata yang sedang naik daun yang membuat para wisatawan berbondong-bondong ke Banyuwangi.

Apa sih yang istimewa dari tempat wisata alam ini? Banyak! Kawah hijaunya yang super cantik itu, belum lagi dengan fenomena blue fire yang terjadi akibat terbakarnya gas sulfur yang keluar melalui retakan Gunung Api Ijen yang yang suhunya mencapai 600 derajat Celcius.

Sedikit tips, bagi Anda yang ingin menikmati fenomena blue fire, disarankan untuk datang pada malam hari dan siap-siap terpesona dengan fenomena alam yang langka ini.

2. Waduk Bajulmati

Lokasi : Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional : 08.00-16.00

Harga Tiket Masuk : Gratis, hanya membayar parkir, Motor Rp 5.000 – Mobil Rp 10.000
Dijuluki sebagai Raja Ampatnya Banyuwangi, Waduk Bajulmati memang memiliki kemiripan dengan Raja Ampat Papua.

Pasalnya, terdapat gundukan-gundukan layaknya pulau-pulau kecil yang tersebar di tengah-tengah waduk.

Bukan hanya itu saja, banyak wisatawan yang memadati waduk ini untuk menikmati pemandangan puncak Gunung Baluran dan Gunung Ijen yang juga terlihat dari waduk ini.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata di Banyuwangi ini adalah di pagi hari selagi udara masih sejuk, untuk mendapatkan momen liburan yang nyaman untuk berfoto dan menikmati panorama keindahan alam di sini.

3. Pantai Boom Marina

Lokasi : Kel. Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional : 05.00-21.00
Harga Tiket Masuk : Rp 5.000/Orang

Daftar tempat wisata di Banyuwangi selanjutnya ditempati oleh salah satu pantai yang populer dan selalu dipadati oleh wisatawan, Pantai Boom Marina.

Pantai ini sangat mudah untuk diakses karena dekat dengan pusat dari Kota Banyuwangi. Memiliki berbagai keunikan, membuat Pantai Boom Marina wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Banyuwangi.

Keunikan yang dimiliki antara lain, pasirnya yang berwarna hitam namun cukup bersih, bisa melihat selat Bali view yang sangat indah, ombak yang sangat bersahabat, dan tersedia berbagai fasilitas seperti food court, mushola, kamar mandi, dan wahana bermain anak.

Bila Anda ingin menikmati pemandangan di pantai ini, waktu terbaik adalah sebelum matahari terbit karena pemandangan sunrise di sini sangat cantik.

4. Taman Blambangan

Lokasi : Jalan Diponegoro No.2, Kel. Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis

Taman Blambangan merupakan tempat wisata di Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi saat ke Banyuwangi.

Taman luas yang merupakan salah satu alun-alun dari Kota Banyuwangi ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, baik itu warga Banyuwangi sendiri ataupun wisatawan dari luar daerah ini.

Terdapat banyak penjaja makanan ada yang memiliki tempat duduk sampai lesehan, semua tetap nikmat dan mengasyikkan. Daya tarik lainnya dari taman ini adalah event-event budaya khas Banyuwangi yang kerap digelar di Taman Blambangan ini.

Event ini tentunya membuat suasana di Taman Blambangan makin semarak dan seru. Dari segi fasilitas pun sangat lengkap seperti tersedianya jogging track, skate park, lapangan basket, gazebo, permainan anak, dan masih banyak lagi.

5. Taman Nasional Alas Purwo

Lokasi : Jl. Brawijaya No.20, Kel. Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional : 07.30-16.00
Harga Tiket Masuk : Rp 10.000/Orang

Ini dia taman nasional terbaik yang ada di Banyuwangi. Tempat wisata di Banyuwangi ini akan mengajak Anda untuk melihat betapa indahnya pesona alam Banyuwangi.

Banyak sekali spot yang dapat Anda eksplorasi di sini, saking banyaknya mungkin tidak dapat Anda habiskan dalam waktu sehari saja.

Sebut saja Savana Sadengan yang luasnya mencapai 84 hektar yang akan membuat Anda takjub, belum lagi dengan goa-goa yang ada di taman nasional ini yang bikin jantung berdebar saat Anda masuki.

Bukan hanya itu saja, pantai-pantainya yang indah seperti Pantai Cungur ya akan memberikan Anda rasa nyaman dan rileks. Tentunya masih banyak spot yang harus Anda coba sensasinya. Ke Banyuwangi, jangan sampai terlupa dengan tempat wisata ini, ya!

6. Desa Wisata Osing

Lokasi : Dusun Krajan, Kel. Kemiren, Kec. Glagah, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk :Rp 5.000 – Rp 165.000

Osing adalah suku asli dari Kota Banyuwangi, dan Desa Wisata Osing adalah satu-satunya desa wisata yang masih mengedepankan nilai budaya dari suku asli dari Banyuwangi yang banyak orang belum ketahui.

Di Desa Wisata Osing ini Anda akan disuguhkan dengan panorama alam Banyuwangi yang kuat biasa indah. Bukan hanya itu, event budaya khas Banyuwangi pun kerap diadakan untuk memperkenalkan budaya dari suku asli yang mampu

7. Kampung Warna-warni Kalilo

Lokasi : Kel. Singonegaraan, Kec. Banyuwangi, kota Banyuwangi
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Rp 2.000/ Orang

Yuk, kita beranjak ke salah satu kampung ikonik yang ada di Banyuwangi. Kampung Warna-warni Kalilo ini sangat unik dan hanya ada di Banyuwangi pastinya. Kampung wisata ini sangat mudah diakses karena berada di pusat kota dan dekat dengan Masjid Baiturrahman.

Kampung di pinggir bantaran sungai yang terkenal kumuh itu kini telah disulap menjadi kampung wisata nan cantik dan bersih, yang akan menarik hati para wisatawan yang hadir dan menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi andalan dan terbaik.

8. Air Terjun Kalibendo

Lokasi : Kp. Anyar,Kel. Krajan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional : 08.00-18.00
Harga Tiket Masuk : Rp 5.000/Orang

Yuk, rasakan segarnya air dari salah satu wisata air terjun terbaik di Banyuwangi. Air terjun ini berada dalam kawasan Perkebunan Kalibendo, yang akan menyuguhkan pemandangan kebun kopi dan cengkeh yang indah saat Anda menuju air terjun ini.

Belum lagi dengan airnya yang begitu jernih dan sejuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Nilai tambah lainnya dari air terjun ini adalah dari segi kebersihan yang sangat terjaga, membuat wisatawan merasa nyaman untuk berlama-lama di sini.

Tersedia juga kedai makanan dan minuman yang dekat dari area air terjun, sehingga akan memudahkan bagi wisatawan yang lapar ataupun haus.

Terus berbenah, tempat wisata di Banyuwangi kini mulai mengejar dua daerah unggulan di dekatnya yaitu Surabaya dan Bali. Namun, setelah menyimak berbagai destinasi wisata terpopuler di Banyuwangi, Anda tentu makin tertarik untuk liburan ke sini.

Yes, memang Indonesia tak terkecuali Banyuwangi sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata saat liburan. Cintai destinasi wisata di Indonesia dan selamat berlibur sobat jalan-jalan!

Berita sebelumya13 Makanan Khas Lampung Terkenal Favorit Wisatawan
Berita berikutnya14 Makanan Khas Palembang yang Paling Populer